IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING PAPAN MINIATUR DALAM PEMBELAJARAN TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS 7E DI SMPN 16 MALANG

Authors

  • Dimas Ahmad Setiawan Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

Keywords:

Project Based Learning, Papan miniatur, Keterampilan kolaborasi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan kolaborasi peserta didik melalui penerapan pembelajaran Project Based Learning menggunakan papan miniatur di SMP Negeri 16 Malang. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII E dengan jumlah 33 peserta didik dan dibagi menjadi 8 kelompok. Penelitian ini dilakukan dalam 2 pertemuan atau 5 jam pelajaran. Pengambilan data yang dilakukan dengan cara melakukan observasi secara langsung selama proses pembelajaran berlangsung mulai dari perancangan sampai presentasi dan angket respon peserta didik ketika pembelajaran berakhir. Data yang diperoleh, kemudian dianalisis menggunkan analis statistik deskriptif, dimana indikator keberhasilan diatas 75%. Hasil menunjukkan bahwa dengan implementasi model Project Based Learning papan miniatur dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas VII E di SMP Negeri 16 Malang

References

Islamiyah, I., Awad, F., & Anhusadar, L. (2020). Outcome program bina keluarga balita (bkb): konseling orang tua dalam tumbuh kembang anak usia dini. Zawiyah Jurnal Pemikiran Islam, 6(1), 38. https://doi.org/10.31332/zjpi.v6i1.1797

Malikah, S. and Wafroturrohmah, W. (2022). Konsep pendidikan abad 21:untuk pengembangan sumber daya manusia sma. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2609-2614. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.730

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah model pembelajaran problem based learning dan project based learning mampu melatihkan keterampilan abad 21?. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (Jpfk), 2(1), 48. https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24

Saenab, S., Yunus, S., & Husain, H. (2019). Pengaruh penggunaan model project based learning terhadap keterampilan kolaborasi mahasiswa pendidikan ipa. Biosel Biology Science and Education, 8(1), 29. https://doi.org/10.33477/bs.v8i1.844

Sentarik, K. and Kusmariyatni, N. (2020). Media pop-up book pada topik sistem tata surya kelas vi sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 197. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25135

Downloads

Published

27-05-2024

How to Cite

Ahmad Setiawan, D. . (2024). IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING PAPAN MINIATUR DALAM PEMBELAJARAN TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS 7E DI SMPN 16 MALANG . Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 3(8), 4. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/5255

Issue

Section

Articles