PENGARUH SCAFFOLDING PROSEDURAL MELALUI PENDEKATAN TARL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP PADA TOPIK KLASIFIKASI MAHKLUK HIDUP

Authors

  • Adinda Rizqi Fejillya Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Ridwan Joharmwan Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Gaguk Yulistiadi Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

Keywords:

Scaffolding Procedural Tarl, Inquiry, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini agar mendukung guru dalam rangka membuat lingkungan belajar yang efektif dan memfasilitasi peserta didik sesuai level kognitifnya. Skema penelitian menggunakkan quasi experiment nonequivalent control group design. Dalam pengambilan sampel berdasarkan hasil pertimbangan guru, siswa dikelompokkan menjadi dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil belajar peserta didik diukur melalui asesmen sumatif di setiap sub bab topik. Instrumen penelitian berupa RPP, LKPD ber-scaffolding, soal sumatif. Hasil data dianalisis melalui analisis deskripsi statistik agar mengetahui nilai rata-rata dari 2 kelas. Untuk mengetahui pengaruh perlakuan pada kedua kelas maka diuji menggunakkan uji ANCOVA, menggunakan bantuan aplikasi windows SPSS v26. Sebelum dianalisis menggunakkan ANCOVA, data di tes melalui uji coba prasyarat melalui uji: normalitas, homogenitas, dan linearitas. Pada uji ANCOVA menggunakkan variabel kovarian adalah kemampuan awal peserta didik. Hasil penelitian secara statistik (sig<0,05), bisa ditarik kesimpulan bahwasanya adanya selisih yang signifikan mengenai hasil belajar antara kelas kontrol dan eksperimen. Pemberian scaffolding prosedural dengan menggunakkan pendekatan TaRL (Teaching at The Level) mempengaruhi peningkatan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen terhadap materi klasifikasi mahkluk hidup sebesar 20%. Hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh pemberian scaffolding prosedural dengan pendekatan TaRL. Hasil ini mennyimpulkan bahwa scaffolding prosedural dengan pendekatan TaRL mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik terhadap materi klasifikasi mahkluk hidup

References

Adolphus, T., Alamina, J., Aderonmu, T., Education, T., State, R., & State, R. (2013). The Effects of Collaborative Learning on Problem Solving Abilities among Senior Secondary School Science Students in Clasification. 4(25), 95–101.

Alatas, F. (2015). Hubungan Pemahaman Konsep Dengan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Treffinger Pada Mata Kuliah IPA Dasar. Edusains, 6(1), 87–96. https://doi.org/10.15408/es.v6i1.1103

Avsec, S., & Kocijancic, S. (2014). The effect of the use of an inquiry-based approach in an open learning middle school hydraulic turbine optimisation course. World Transactions on Engineering and Technology Education, 12(3), 329–337.

Etistika Yuni Wijaya, Dwi Agus Sudjimat, & Amat Nyoto. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278.

Handayanto, S. K. (2021). Pendekatan TaRL dengan Scaffolding Prosedural terhadap Kompetensi Literasi Saintifik Siswa Kelas 7 SMP pada Mater ekologi. Jurnal Pendidikan, 6, 410–415. https://doi.org/DOAJ-SHERPA/RoMEO-Google Scholar-IPI

Hariawan, Kamaluddin, U. W. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH IPA PADA SISWA KELAS 7 SMP NEGERI 4. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT, 1 No.2(2), 53. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/upej.v1i2.1364

Husniyah, A., Yuliati, L., & Mufti, N. (2016). Pengaruh Permasalahan Isomorfik Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Materi Klasifikasi mahkluk hidup Siswa. 4(1), 36–44. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jps.v4i1.8180

Istiqlal, E. M. (2020). ISSN : 2338-1027 Februari 2020 WaPFi ( Wahana Pendidikan Fisika ) 2020 , Vol . 5 No . 1 : 71-75 STUDI KASUS HASIL BELAJAR OPEN-ENDED TEST PADA ISSN : 2338-1027 Februari 2020 WaPFi ( Wahana Pendidikan Fisika ) 2020 , Vol . 5 No . 1 : 71-75. 5(1), 71–75.

Karmila, D. D., Supeno, & Subiki. (2019). Keterampilan Inkuiri Siswa SMA Dalam Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Virtual Laboratory. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(3), 151–158. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jpf.v8i3.15218

Marsiana, M., Suhardiman, S., Usman, U., & Kadir, F. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dengan Program Tindak Lanjut Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 7 SMP Soppeng. Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA, 4(2), 62–75. https://doi.org/10.46918/karst.v4i2.1119

Mirda, T. A. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Multiple Intelligences Pada Materi Klasifikasi mahkluk hidup. 5(2), 94–102. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9823

Ningsih, S. M., & Bambang, S. (2012). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING ( POGIL ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Info Artikel Abstrak Abstra ct. 1(2252).

Purwanto, J. (2016). Profil Pembelajaran IPA dan Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah s e-DIY. 7(April), 8–18. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i1.1148

Rian Priyadi, Amin Mustajab, Mohammad Zaky Tatsar, S. K. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA . Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT) Vol. 6 No. 1 p-ISSN 2338-3240, e-ISSN 2580-5924, 5(2), 909–922.

Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, M. R. Z. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. 12(1), 187–193. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Riki Purnama Putra. (2022). PENGEMBANGAN ELECTRONIC MODULE BERBASIS HIGHER ORDER THINKING VIRTUAL LABORATORY PADA MATERI KLASIFIKASI MAHKLUK HIDUP SEDERHANA GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI KEGIATAN LABORATORIUM.

Rindu Rahmatiah, Supriyono Koes, & Sentot, K. (2018). Pengaruh Scaffolding Konseptual dalam Pembelajaran Group Investigation Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa SMP dengan Pengetahuan Awal Berbeda Pengaruh Scaffolding Konseptual dalam Pembelajaran Group Investigation. March. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.288

Samudra, G. B., Suastra, I. W., & Suma, K. (2014). Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Singaraja dalam Mempelajari Fisika e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 4.

Sasmita, P. R. (2017). PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN MEDIA KIT IPA: UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA. 06(April), 95–102. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.599

SEPTIANA, S. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE AND SHARE (SSCS) DENGAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMK AL-HUDA JATI AGUNG.

Setiadi, R., & Muflika, A. A. (2015). EKSPLORASI PEMBERDAYAAN COURSEWARE SIMULASI PhET UNTUK MEMBANGUN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 17(2), 258. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v17i2.270

Simons, K. D., & Klein, J. D. (2007). The Impact of Scaffolding and Student Achievement Levels in a Problem-based Learning Environment. https://doi.org/10.1007/s11251-006-9002-5

Sugara, Y. D., Sutopo, & Latifah, E. (2016). Kesulitan Siswa SMA dalam Memahami Klasifikasi mahkluk hidup. In Prosiding Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM (Vol. 01, pp. 506–512).

Sugiarti, M. I., & Dwikoranto, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Pembelajaran Blended Inquiry Learning Berbantuan Schoology Pada Pembelajaran IPA : Literature Review. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 49. https://doi.org/10.20527/quantum.v12i1.10262

Supriyono Koes. (2013). Pengaruh Strategi Scaffolding- Kooperatif dan Pengetahuan Awal terhadap Prestasi Belajar dan Sikap pada Matakuliah IPA Dasar. 1, 70–80.

Tiruneh, D. T., & Cock, M. De. (2018). Designing Learning Environments for Critical Thinking : Examining Effective Instructional Approaches. Int J of Sci and Math Educ, 1065–1089. https://doi.org/10.1007/s10763-017-9829-z

Trianggono, M. M. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah IPA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 3(1), 1. https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i1.874

Yu, F. (2013). ascilite Effects of online procedural scaffolds and the timing of scaffolding provision on elementary Taiwanese students ’ question-generation in a science class. 29(3), 416–433. https://doi.org/https://doi.org/10.14742/ajet.197

Downloads

Published

27-05-2024

How to Cite

Rizqi Fejillya, A. ., Joharmwan, R. ., & Yulistiadi, G. . (2024). PENGARUH SCAFFOLDING PROSEDURAL MELALUI PENDEKATAN TARL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP PADA TOPIK KLASIFIKASI MAHKLUK HIDUP . Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 3(8), 3. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/5254

Issue

Section

Articles