Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5e dan learning cycle 5e berbantuan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem koloid siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gondanglegi

Authors

  • Siti Khusnaini Puji Astuti
  • Endang Budiasih
  • Muhammad Su’aidy

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i6p426–434

Keywords:

Learning Cycle 5E, media video pembelajaran, hasil belajar, sistem koloid

Abstract

Media pembelajaran sangat penting digunakan oleh guru pada saat proses pembelajaran. Penggunaan media seperti ini sangat penting dilakukan untuk memvisuali­sasikan konsep-konsep yang bersifat abstrak, salah satunya pada materi sistem koloid. Banyak konsep-konsep abstrak pada materi koloid, seperti pada pokok bahasan efek Tyndall, gerak brown, adsorbsi, koloid liofil, dan koloid lio­fob yang sukar dipahami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan media video pembelajaran dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada materi sistem koloid. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (quasy experiment). Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E  berbantuan media video pembelajaran, sedangkan kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa kelas eksperimen berbeda dengan hasil belajar siswa kelas kontrol, dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 79,84 dan kelas kontrol sebesar 74,27. Hasil belajar afektif dan psikomotorik siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa kelas kontrol, dengan rata-rata nilai afektif kelas eksperimen dan kontrol masing-masing sebesar 72,92 dan 72,15, sedangkan rata-rata nilai psikomotorik kelas eksperimen dan kontrol masing-masing sebesar 85,25 dan 84,93.

References

Agustina, A. (2012). Pengembangan media pembelajaran video untuk melatih kemampuan memecahkan masalah pada materi larutan asam basa (Development Of Learning Media Experience To Win Chemistry Based On Computer For Orientation Problem Solving At Acid Base Solution). UNESA journal of chemical education, 1(1).

Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka cipta.

Azhar, A. (2014). Media pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Atika, D., Nuswowati, M., & Nurhayati, S. (2018). Pengaruh metode discovery learning berbantuan video terhadap hasil belajar kimia siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2).

Dasna, I. W. (2005, September). Kajian implementasi model siklus belajar (Learning Cycle) dalam pembelajaran kimia. In makalah seminar nasional MIPA dan pembelajarannya. FMIPA UM–Dirjen Dikti Depdiknas (Vol. 5).

Fajaroh, F., Dasna, I. W. (2007). Pembelajaran dengan model siklus belajar (learning cycle). Universitas Negeri Malang. Malang.

Izzudin, A. M. (2013). Efektivitas penggunaan media pembelajaran video interaktif untuk meningkatkan hasil belajar praktik service engine dan komponen-komponennya (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Liswijaya. (2012) pengembangan media pembelajaran kimia berbantuan komputer pada materi reaksi reduksi oksidasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik SMA/MA kelas X. S2 thesis, UNY.

Munifah, A. K. (2013). Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5 fase berbantuan media berbasis audio visual terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 7 Malang pada materi larutan penyangga (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Odera, F. Y. (2011). Motivation: The most ignored factor in classroom instruction in Kenyan secondary schools. International journal of Science and Technology, 1(6), 283-288.

Setiawati, N. T., & Nugroho, A. (2013). Studi komparasi tipe STAD dan TGT pada materi koloid ditinjau dari kemampuan memori siswa kelas XI SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun 2011/2012. Jurnal pendidikan kimia, 2(1).

Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sulastri, E., Mariani, S., & Mashuri, M. (2015). Studi perbedaan keefektifan pembelajaran LC-5E dan CIRC terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 26-33.

Suyono, Hariyanto. (2014). Belajar dan pembelajaran : Teori dan konsep dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Thobroni, M. (2015). Belajar dan pembelajaran teori dan praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

11-01-2022

How to Cite

Khusnaini Puji Astuti, S., Budiasih, E. ., & Su’aidy, M. . (2022). Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5e dan learning cycle 5e berbantuan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem koloid siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gondanglegi. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(6), 426–434. https://doi.org/10.17977/um067v1i6p426–434

Issue

Section

Articles