Penggunaan analisis chaid untuk segmentasi pelanggan kredit motor (Studi Kasus di PT. FIF Cabang Kepanjen)

Authors

  • Moch. Raharjo Wicaksono
  • Abadyo Abadyo Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Kasus kredit macet merupakan masalah klasik pada bidang kredit. Banyak faktor yang dapat menyebabkan suatu kegiatan kredit  itu menjadi bermasalah atau kredit macet. Solusi untuk mengurangi banyaknya kredit yang bermasalah pada permasalahan kredit macet ini yaitu diperlukan segmentasi calon kreditur yang tepat, mengingat bahwa kreditur merupakan kunci utama dalam kegiatan pengkreditan. Pada kasus kredit macet di PT. FIF Cabang Kepanjen, analisis CHAID digunakan untuk menentukan segmentasi pelanggan kredit motor berdasarkan status kredit pelanggan sebagai variabel terikat dan profil pelanggan sebagai variabel bebas. Segmentasi pelanggan dengan analisa CHAID dilakukan untuk mengidentifikasi segmen pelanggan yang memiliki rasio kredit macet yang paling rendah. Berdasarkan hasil analisa CHAID didapatkan tiga segmen yang berbeda. Segmen pelanggan dengan karakteristik status pelanggan baru atau pelanggan baik yang menempati rumah pribadi adalah segmen yang memiliki rasio kredit macet yang paling rendah.

References

Bagozzi R, P. 1994. Advanced Method of Marketing Research. Oxford: Blackwell publisher Ltd. (Online), www.gbv/de/dms/Advanced_Methodes_of_Marketing_Research/128987839bagoz.pdf. Tanggal akses: 12 September 2015.

Gallagher, C.A., 2000. An Iterative Approach to Classification Analysis. (Online), www.casact.org/library/ratemaking/90dp237.pdf. Tanggal akses : 18 Agustus 2015.

Lehmann, T. dan Eherler, D. 2001. Responder Profiling with CHAID and Dependency Analysis. www.informatik.uni-freiburg.de/~ml/ecmlpkdd/WS-Proceedings/w10/lehmann.pdf. Tanggal akses: 18 Agustus 2015.

Myers, J.H. 1996. Segmentation and Positioning for Strategic Marketing Decisions. American Marketing Association. Chicago. (Online), books.google.com>...>Marketing>direct. Tanggal akses: 10 September 2015.

Sharp, A, J. and Cierpicki, S. 2002. The Performance of Segmentation Variables: A Comparative Study. (Online), http://130.195.95.71:8081/www.anzmac1998/Cd_rom/Sharp222.pdf. Tanggal akses 5 September 2015.

Sunyoto, D. 2010. Uji Khi Kuadrat dan Regresi untuk Penelitian Edisi 1. Yogyakarta: Graha Ilmu

Suryamin. 2012. Masyarakat Indonesia Makin Konsumtif. (Online), http://www.merdeka.com/uang/masyarakat-indonesia-makin-konsumtif.html Tanggal akses 18 Oktober 2015

Downloads

Published

07-05-2023

How to Cite

Wicaksono, M. R. ., & Abadyo, A. (2023). Penggunaan analisis chaid untuk segmentasi pelanggan kredit motor (Studi Kasus di PT. FIF Cabang Kepanjen). Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 2(12). Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/3667

Issue

Section

Articles