Penggunaan analisis chaid untuk segmentasi pelanggan kredit motor (Studi Kasus di PT. FIF Cabang Kepanjen)
Abstract
Kasus kredit macet merupakan masalah klasik pada bidang kredit. Banyak faktor yang dapat menyebabkan suatu kegiatan kredit itu menjadi bermasalah atau kredit macet. Solusi untuk mengurangi banyaknya kredit yang bermasalah pada permasalahan kredit macet ini yaitu diperlukan segmentasi calon kreditur yang tepat, mengingat bahwa kreditur merupakan kunci utama dalam kegiatan pengkreditan. Pada kasus kredit macet di PT. FIF Cabang Kepanjen, analisis CHAID digunakan untuk menentukan segmentasi pelanggan kredit motor berdasarkan status kredit pelanggan sebagai variabel terikat dan profil pelanggan sebagai variabel bebas. Segmentasi pelanggan dengan analisa CHAID dilakukan untuk mengidentifikasi segmen pelanggan yang memiliki rasio kredit macet yang paling rendah. Berdasarkan hasil analisa CHAID didapatkan tiga segmen yang berbeda. Segmen pelanggan dengan karakteristik status pelanggan baru atau pelanggan baik yang menempati rumah pribadi adalah segmen yang memiliki rasio kredit macet yang paling rendah.
References
Bagozzi R, P. 1994. Advanced Method of Marketing Research. Oxford: Blackwell publisher Ltd. (Online), www.gbv/de/dms/Advanced_Methodes_of_Marketing_Research/128987839bagoz.pdf. Tanggal akses: 12 September 2015.
Gallagher, C.A., 2000. An Iterative Approach to Classification Analysis. (Online), www.casact.org/library/ratemaking/90dp237.pdf. Tanggal akses : 18 Agustus 2015.
Lehmann, T. dan Eherler, D. 2001. Responder Profiling with CHAID and Dependency Analysis. www.informatik.uni-freiburg.de/~ml/ecmlpkdd/WS-Proceedings/w10/lehmann.pdf. Tanggal akses: 18 Agustus 2015.
Myers, J.H. 1996. Segmentation and Positioning for Strategic Marketing Decisions. American Marketing Association. Chicago. (Online), books.google.com>...>Marketing>direct. Tanggal akses: 10 September 2015.
Sharp, A, J. and Cierpicki, S. 2002. The Performance of Segmentation Variables: A Comparative Study. (Online), http://130.195.95.71:8081/www.anzmac1998/Cd_rom/Sharp222.pdf. Tanggal akses 5 September 2015.
Sunyoto, D. 2010. Uji Khi Kuadrat dan Regresi untuk Penelitian Edisi 1. Yogyakarta: Graha Ilmu
Suryamin. 2012. Masyarakat Indonesia Makin Konsumtif. (Online), http://www.merdeka.com/uang/masyarakat-indonesia-makin-konsumtif.html Tanggal akses 18 Oktober 2015
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.