Pemberdayaan Modul Digital Interaktif Pembelajaran Daring dan Praktikum Fisika Berbasis Self-Directed Learning (SDL) di SMAN 1 Turen

Authors

  • Eko Rudianto Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Putri Cahya Wulandari Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Lia Yuliati Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Sudah hampir 2 tahun pembelajaran dilakukan secara daring (jarak jauh) pada semua tingkatan
pendidikan di Indonesia. Hal tersebut menyebabkan semua guru dituntut untuk menjadi inovatif
dalam menentukan metode pembelajaran dalam proses belajar mengajar sama halnya seperti saat
pembelajaran offline atau tatap muka. Artikel ini bertujuan untuk memonitoring siswa dalam
pembelajaran secara online melalui platform Whatsapp, Google Form, Youtube dan Instagram dalam
mengaplikasikan metode pembelajaran Self-Directed Learning (SDL). Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) kemudian
dikembangkan melalui metode ADDIE (analyze, design, development, implementation, and
evaluation). Dalam penelitian ini ditemukan beberapa hal setelah dilakukan asesmen pembelajaran
antara lain adanya peningkatan prestasi belajar siswa melalui pengukuran pretest, posttest, tugas per
bab dan evaluasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Pemberdayaan Modul Digital Interaktif
Pembelajaran Daring dan Praktikum Berbasis Self-Directed Learning (SDL) tepat diterapkan dalam
pembelajaran untuk peningkatan prestasi belajar di masa pandemi secara daring di SMAN 1 Turen.

References

Arimi, N. I., Iswanto, B. H., & Susila, A. B. (2019). Set Praktikum Energi Mekanik untuk Pembelajaran Hukum

Kekekalan Energi Mekanik di SMA. Seminar Nasional Fisika dan Pembelajarannya, 100–104.

Azizah, V. K., Purwaningsih, E., & Supriana, E. (2019). Analisis Kesesuaian Unit Kegiatan Belajar Mandiri

(UKBM) Fisika dengan Panduan Pengembangan UKBM Kurikulum 2013 di SMA Kota Malang. Seminar

Nasional Fisika Dan Pembelajarannya, 76–81.

Budiyono, A., Hair, M. A., Wildani, A., & Firdausiyah, F. (2020). Pengaruh Learning Cycle 5e Berbantuan

Permainan Monopoli Fisika Berpoin (MOKAIN) terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik SMA. Edu

Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 8(2), 22–31.

Cahyaningsih, W., Fatmaryanti, S., & Arifin, B. (2020). Studi Pendahuluan Pengembangan Buku Saku Fisika

Berbasis Self- Directed Learning. Papua Journal of Physics Education, 1(2), 55–60.

Datun, I., Suyudi, A., & Sulur, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry dengan

Tinjauan Empiris dan Teoritis terhadap Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik SMA Kelas XI

pada Materi Fluida Statis. Seminar Nasional Fisika Dan Pembelajarannya, 136–141.

Ismayu, E., Astra, I. M., & Susila, A. B. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif dengan Berbantuan

Worksheet terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Kelas X. Seminar Nasional Fisika Dan

Pembelajarannya, 29–34.

Khaerunnisa, I., Susila, A. B., & Delina, M. (2019). Pengembangan Buku Pengayaan Fisika “Pembangkit Listrik

Tenaga Surya sebagai Teknologi Ramah Lingkungan di Indonesia “untuk SMA. Seminar Nasional Fisika

Dan Pembelajarannya, 90–93.

Kushermawati, A., Sunaryo, S., & Delina, M. (2019). Pengembangan E-Module Berbasis Problem Based

Learning pada Materi Pemanasan Global untuk Siswa SMA. Seminar Nasional Fisika Dan

Pembelajarannya, 113–117.

Kusumawati, E., Royyani, M., & Munisa, M. (2019). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Materi Pesawat

Sederhana Melalui Media Tuas pada Kelompok Atas dan Kelompok Bawah Siswa Kelas VIII MTs Nurul

Ulum Kota Malang Tahun Pelajaran 2018/2019. Seminar Nasional Fisika Dan Pembelajarannya, 66–71.

Lilo, I. I., Sholikhan, S., & Jufriadi, A. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) dengan Pictorial

Riddle dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12

Malang. Seminar Nasional Fisika Dan Pembelajarannya, 123–129.

Mahardini, M. M. A. (2020). Analisis Situasi Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran Daring Fisika.

Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 215–224.

Permatasari, S. A., & Anggaryani, M. (2021). Penerapan Self-Directed Learning (SDL) dalam Pembelajaran

Fisika SMA Berbasis Daring Pada Pokok Bhasan Hukum Newton. PENDIPA Journal of Science Education,

(3), 403–411.

Pratiwi, D. M. S., Supriana, E., & Hidayat, A. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Project Based Learning

(PjBL) dengan Sistem QR Code untuk Membantu Siswa Menerapkan Konsep Kesetimbangan dan

Dinamika Rotasi. Seminar Nasional Fisika Dan Pembelajarannya, 48–54.

Supriyati, Y., Susanti, D., & Puspitasari, R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Audio Visual untuk Meningkatkan

Keterampilan Siswa Membuat Mind Mapping pada Materi Kinematika Gerak Lurus. Seminar Nasional

Fisika Dan Pembelajarannya, 72–75.

Walagole, I. H., Hudha, M. N., & Pranata, K. B. (2019). Problem Solving Based Experiment: Berpikir Kritis dan

Kerja Ilmiah Siswa pada Topik Pemuaian. Seminar Nasional Fisika Dan Pembelajarannya, 130–135.

Wati, D. K., Supriana, E., & Sulur, S. (2020). Pengembangan E-Book Fisika Berbasis Multi Representasi dengan

Corrective Feedback pada Materi Gerak Lurus Kelas X SMA/MA. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 4(1),

–41.

Winarti, C., Sunarno, W., & Istiyono, E. (2019). Pengembangan Taksonomi Penilaian Berbasis Higher Order

Thinking Skill (HOTS) untuk Mempersiapkan Pendidik di Era Industri. Seminar Nasional Fisika Dan

Pembelajarannya, 105–112

Downloads

Published

06-05-2023

How to Cite

Rudianto, E. ., Wulandari, P. C. ., & Yuliati, L. . (2023). Pemberdayaan Modul Digital Interaktif Pembelajaran Daring dan Praktikum Fisika Berbasis Self-Directed Learning (SDL) di SMAN 1 Turen. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 2(7). Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/3566

Issue

Section

Articles