Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) pokok bahasan matriks dengan pendekatan RME pada siswa SMA kelas XII

Authors

  • Anna Nur Fadillah
  • Sri Mulyati

Abstract

Sejak diberlakukannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), guru dituntut kreatif dalam mengembangkan bahan ajar yang menarik dan inovatif serta mampu memilih model pembelajaran yang dapat memotivasi siswanya untuk aktif dan berpartisipasi dalam pembelajaran. Salah satu bahan ajar yang sering digunakan guru dalam proses belajar mengajar adalah Lembar Kerja Siswa (LKS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKS yang valid, praktis, dan efektif pada materi matriks dengan pendekatan RME untuk SMA kelas XII. Pengembangan LKS ini memodifikasi model pengembangan Plomp yang terdiri atas : (1) tahap investigasi awal, (2) tahap rancangan, (3) tahap realisasi, dan (4) tahap tes, evaluasi, dan revisi. Berdasarkan analisis pengembangan didapatkan hasil bahwa bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Walaupun demikian,  sebagai penyempurnaan bahan ajar, peneliti tetap melakukan revisi berdasarkan saran dan catatan yang diberikan oleh validator.

References

Dhoruri, Rosnawati, dan Wijaya. 2011. Pengembangan Student Worksheet Berbasis Matematika Realistik untuk Pembelajaran Matematika Secara Bilingual di Sekolah Menengah Pertama. (Online), (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/131568306/makalah%20RG%202009%20Student%20Worksheet.pdf), diakses 23 Januari 2014

Hobri. 2010. Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: Pena Salsabila.

Saleh, Muhamad. 2012. Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistic (PMR) dalam Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu. Banda Aceh : FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh.

Semiawan, Conny. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses: Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta : Grasindo

Downloads

Published

30-06-2022

How to Cite

Fadillah, A. N. ., & Mulyati, S. . (2022). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) pokok bahasan matriks dengan pendekatan RME pada siswa SMA kelas XII. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 2(6). Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/3521

Issue

Section

Articles