Penerapan metode penemuan terbimbing (guided discovery) untuk meningkatkan kreativitas berfikir bagi siswa kelas VIII-A SMPN 1 Turen

Authors

  • Fadilah Hapsari
  • Ety Tejo Dwi Cahyowati

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i12p974–981

Keywords:

Penemuan Terbimbing, Kreativitas Berpikir Siswa

Abstract

Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menggunakan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan kreativitas berpikir siswa. Tahap-tahap metode penemuan terbimbing yang diterapkan adalah tahap observasi, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, merencanakan pemecahan masalah, melakukan eksperimen, dan pengumpulan data atau analisis data. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan kreativitas siswa meningkat sebanyak 12,3 persen, yang menggambarkan bahwa metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan kreativitas berpikir siswa.Penemuan Terbimbing

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik, Jakarta: Rineka Cipta, Cet. Ke-13.

Markaban. (2006). Model pembelajaran matematika dengan pendekatan penemuan terbimbing. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Munandar, U. (2012). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Siswono, Tatag Yuli Eko. (2006). Pengembangan kriteria tingkat berpikir kreatif siswa dalam matematika, Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 13, no. 1, pp.1.

Nasional, K. P. (2010). Pedoman penulisan karya ilmiah: skripsi (doctoral dissertation, tesis, disertasi, artikel, makalah, tugas akhir, laporan penelitian (edisi kelima). Malang: Universitas Negeri Malang).

Downloads

Published

11-01-2022

How to Cite

Hapsari, F. ., & Tejo Dwi Cahyowati, E. (2022). Penerapan metode penemuan terbimbing (guided discovery) untuk meningkatkan kreativitas berfikir bagi siswa kelas VIII-A SMPN 1 Turen. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(12), 974–981. https://doi.org/10.17977/um067v1i12p974–981

Issue

Section

Articles