Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berciri scientific pada materi barisan aritmatika dan geometri untuk siswa SMP kelas IX

Authors

  • Mohammad Agung
  • Ipung Yuwono

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i12p959–967

Keywords:

perangkat pembelajaran, pendekatan scientific, barisan aritmatika dan barisan geometri

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang memegang peran penting dalam menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS materi barisan aritmatika dan barisan geometri untuk siswa SMP kelas IX yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan perangkat pembelajaran ini memodifikasi model pengembangan Plomp yang terdiri atas: (1) tahap investigasi awal, (2) tahap desain, (3) tahap realisasi, dan (4) tahap tes, evaluasi, dan revisi. Berdasarkan analisis pengembangan diperoleh hasil bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Walaupun demikian, sebagai penyempurnaan, pengembang tetap melakukan revisi berdasarkan saran dan komentar yang diberikan oleh validator dan siswa.

References

Hobri, H. (2010). Metodologi penelitian pengembangan (aplikasi pada penelitian pendidikan matematika). Jember: Pena Salsabila.

Kebudayaan, K. P. D. (2012). Dokumen kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Kebudayaan, K. P. (2013). Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013. Nuh, M.(2013). Kurikulum.

Lestari, Ika. (2013). Pengembangan bahan ajar berbasis kompetensi sesuai dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan. Jakarta: Indeks.

Nasional, D. P. (2008). Panduan pengembangan bahan ajar. Jakarta: Depdiknas.

Pendidikan, P. M., & Nomor, K. R. I. (2013). 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Prastowo, A. (2012). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif: Menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan [A creative guide to create innovative teaching materials: Creating interesting and fun learning methods].

Setyosari, P. (2001). Rancangan pembelajaran teori dan praktek. Malang: Elang Mas.

Trianto, S. P., & Pd, M. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Downloads

Published

11-01-2022

How to Cite

Agung, M. ., & Yuwono, I. . (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berciri scientific pada materi barisan aritmatika dan geometri untuk siswa SMP kelas IX. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(12), 959–967. https://doi.org/10.17977/um067v1i12p959–967

Issue

Section

Articles