Penerapan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan kemampuan representasi beragam materi teorema pythagoras pada siswa kelas VIII

Authors

  • Maulidatus Soleha
  • Eddy Budiono

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i10p817-827

Keywords:

Think Pair Share, Multiple Representation, Kemampuan Representasi Beragam

Abstract

The results showed the ability of the representation of various students in the cognitive domain increased. Judging from the increase of the test at the end of the cycle shows that the percentage of students who have the ability to change the representation of symbol form to graphic form or vice versa well with the initial percentage of 12.5 percent ​​to 82,06 percent. In cycle I obtained 43,75 percent of students who have been able to meet various representation indicators while in the second cycle obtained 82,06 percent.

 

Hasil penelitian menunjukkan kemampuan representasi beragam siswa kelas VIII.3  meningkat. Ditinjau dari peningkatan yakni tes di akhir siklus menunjukkan bahwa presentase siswa yang mempunyai kemampuan mengubah representasi bentuk simbol ke bentuk gambar dan sebaliknya dengan baik dengan presentase awal sebesar 12,5 persen  menjadi 82,06 persen. Pada siklus I diperoleh 43,75 persen siswa yang telah mampu memenuhi indikator representasi beragam sedangkan pada siklus II diperoleh 82,06 persen.

References

Afrilianto, M. (2012). Peningkatan pemahaman konsep dan kompetensi strategis matematis siswa SMP dengan pendekatan metaphorical thinking. Infinity Journal, 1(2), 192-202.

Arends, Richard I. (2001). Learning to teach, fifth edition. Singapore: McGraw-Hill Book Co.

Arif, dkk. (2010). Pengaruh penguasaan teorema pythagoras terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal garis singgung lingkaran kelas VIII SMPN 1 Leuwimunding. Jurnal Pengajaran MIPA, Vol 3, No.1, hlm.57

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik, cetakan ke-15. Jakarta: Rineka Cipta.

As’ari.AR,dkk. (2017). Matematika SMP/MTS untuk kelas VIII Semester 2. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan

Bloom B., B. Mesia, and D. Krathwohl. (1964). Taxonomy of educational objectives (two vols: The Affective Domain & The Cognitive Domain). New York. David McKay.

Dahlan,J.A & Juandi,A. (2011). Analisis representasi matematika siswa sekolah dasar dalam penyelesaian masalah matematika kontekstual. Jurnal Pengajaran MIPA, Vol 16, No. 1, hlm.130

Duval, R. (2002). The cognitive analysis of problems of comprehension in the learning of mathematics. Mediterranean journal for research in mathematics education, 1(2), 1–16.

Griffin, S., & Case, R. (1997). Re-thinking the primary school math curriculum: An approach based on cognitive science. Issues in Education, 3, 1–49.

Heinze,dkk,. (2009). Flexible and adaptive use of strategies and representations in mathematics education. ZDM Mathematics Education, 4(5), 535-540

Hitipeuw, Imanuel. (2009). Belajar dan pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Imroatul Chasana. (2016, November 20). Menentukan jenis segitiga dengan teorema pyhtagoras. http://mafia.mafiaol.com/2014/04/menentukan-jenis-segitiga-dengan-theorema-phytagoras.html.

Ina V.S. Mullis, et al., TIMSS (2011). International result in mathematics, (Chesnut Hill: Lynch School of Education, Boston College, 2012), h.42-43.

Kartini. (2009). Peranan represntasi dalam pembelajaran matematika. Prosiding disampaikan pada Seminar Nasional Matematika dan Penidikan Matematika, FKIP UNY, h.369

Kaput, J. J. (1989). Linking representations in the symbol systems of algebra. In S. Wagner, & C. Kieran (Eds.), Research issues in the learning and teaching of algebra (pp. 167–194). Hillsdale, NY: Erlbaum

Mufidah,L.Effendi,D.Purwanti,T.T. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tps untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan matriks. Jurnal pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, Vol 1, No 1.

Muktiyani dan Sulistiawan, Arif. (2004). Pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) untuk materi pokok statistik dan peluang di kelas IX SMP. Program Studi Pendidikan Matematika PPP-UNESA. Surabaya.

Novita,R. (2014). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada materi triginometri di Kelas XI IA1 SMA Negeri 8 Banda Aceh. Jurnal pendidikan Matematika STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Vol V, No 1.

Kemendikbud (2017). Peraturan mentri pendidikan dan budaya nomor 21 tahun 2016 tentang standar isi pendidikan dasar dan menengah. BSNP.

Rosnawati,R. (2013). Kemampuan penalaran matematika siswa smp indonesia pada timss 201. Prosiding disampaikan pada seminar nasional penelitian pendidikan dan penerapan MIPA, Fakultas MIPA UNY, h. M-2

Yudhanegara, M. R., & Lestari, K. E. (2014). Meningkatkan kemampuan representasi beragam matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah terbuka..

Ramandani.R. (2016). Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing yang dapat meningkatkan kemampuan siswa menggunakan representasi eksternal beragam dalam menyelesaikan masalah program linear. Skripsi. FMIPA, Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Malang.

Rofiqoh, A.A. (2017). Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas VII E SMP Shalahuddin Malang. Skripsi. FMIPA, Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Malang.

Sabirin,M. (2014). Represntasi dalam pembelajaran matematika. JPM IAIN Antasari, Vol.01 No.2, h.35

Suryani. (2012). Penerapan metode pembelajaran cooperative script untuk meningkatkanhasil belajar matematika siswa kelas X SMA Taruna Mandiri Pekanbaru. Pekanbaru: Tidak Diterbitkan

Tim penyusun PPKI UM. (2017). Pedoman penyusunan karya ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang.

Tim Pustaka Yustisia. (2007). Panduan lengkap KTSP. Yogyakarta : Pustaka Yustisia Universitas Negeri Malang. (2017). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang :UM Press

Verina, I. O. (2010). Meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran kooperatif model cooperative script. Meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran kooperatif model cooperative script. Malang.

Downloads

Published

25-10-2021

How to Cite

Soleha, M. ., & Budiono, E. . (2021). Penerapan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan kemampuan representasi beragam materi teorema pythagoras pada siswa kelas VIII. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(10), 817–827. https://doi.org/10.17977/um067v1i10p817-827

Issue

Section

Articles