Pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing pada materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku kelas X SMA Islam

Authors

  • Nita Mahdiana
  • M. Shohibul Kahfi

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i9p739–746

Keywords:

Student’s worksheet, Lembar Kegiatan Siswa (LKS), guided discovery, penemuan terbimbing, perimeter and area of rectangles., penemuan terbimbing; perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku

Abstract

The research was aimed to develop and to know the feasibility student’s worksheet based on guided discovery learning on trigonometric ratio on a right triangle for tenth grade of Islamic Senior High School Kepanjen. The development model oriented to the Plomp (2013) development model which consists of three stages: preliminary research, prototyping phase, assesment phase. The results showed that student’s worksheet was declared valid with a validity student’s worksheet was 3.21, the validity score of the student response questionnaire was 3.16, the validity score of observation sheet of student activities was 3.50 and the validity score of test was 3.33. The student worksheets also meet the practical criteria based on the results of students questionnaire with the practicability score that is 3.17 and observation sheet of student activities with the practicability score that is 3.78. The student’s worksheet developed also fulfills the effective criteria with a percentage of 81.81 percent of students getting a score above the KKM. Thus, the developed worksheet was feasible tu use because meets the criteria of valid, practical, and effective.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan LKS berbasis penemuan terbimbing pada materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku kelas X SMA Islam Kepanjen. Model pengembangan mengacu pada model pengembangan Plomp (2013) yang terdiri dari 3 tahap: preliminary research, prototyping phase, dan assesment phase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS dinyatakan valid dengan skor kevalidan LKS 3,21, skor kevalidan angket respon siswa 3,16, skor kevalidan lembar observasi kegiatan siswa 3,50 dan skor kevalidan soal tes 3,33. LKS juga memenuhi kriteria praktis berdasarkan hasil angket respon siswa dengan skor kepraktisan 3,17 dan lembar observasi kegiatan siswa dengan skor kepraktisan 3,78. LKS yang dikembangkan juga memenuhi kriteria efektif dengan presentase 81,81 persen siswa mendapat nilai di atas KKM. Dengan demikian, LKS yang dikembangkan layak untuk digunakan karena memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

References

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Bruner, J.S. (1961). The Act of Discovery. USA : Harvard University Press.

Darmojo, Hendro. & Kaligis, Jenny. R. E. (1991). Pendidikan IPA II. Jakarta : Depdikbud.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi pada Penelitian Penddikan Matematika). Jember: Pena Salsabila.

Mendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 68 Tahun 2013. Tentang kerangka dasar dan struktur kurikulum sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah

Permendikbud, R. I. (2015). Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Plomp, T. (2013). Educational design research: An introduction. Educational design research, 11-50.

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto, T. (2010). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

11-01-2022

How to Cite

Mahdiana, N. ., & Kahfi, M. S. . (2022). Pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing pada materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku kelas X SMA Islam . Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(9), 739–746. https://doi.org/10.17977/um067v1i9p739–746

Issue

Section

Articles