PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL AIRPLANE GAME PADA MATERI INTERAKSI ANTARA KOMPONEN PENYUSUN SUATU EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 8 MALANG
DOI:
https://doi.org/10.17977/um068.v3.i11.2023.4Keywords:
Media pembelajaran, Motivasi belajar, WordwallAbstract
Pendidikan memegang peranan penting dalam membentuk individu yang berwawasan luas. Dunia pendidikan tidak terlepas dari peran guru yang juga dituntut untuk terus belajar sepanjang hidupnya demi kemajuan dan keberhasilan pembelajaran. Pembelajaran yang berhasil tentunya menghadapi kendala-kendala yang perlu diatasi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu permasalahan dalam dunia pendidikan adalah rendahnya motivasi belajar siswa. Pembelajaran IPA yang dirasakan sulit oleh sebagian siswa, mendorong dan menuntut guru untuk terus melakukan inovasi pembelajaran yang dapat menarik perhatian dan minat siswa dalam belajar. Media pembelajaran Wordwall Airplane Game merupakan salah satu bentuk media pembelajaran inovatif yang memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan motivasi siswa. Diharapkan siswa lebih aktif terlibat dalam pembelajaran, lebih fokus, dan meningkatkan kemampuan memahami materi IPA khususnya pada topik interaksi antar komponen penyusun ekosistem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan prosedur model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasilnya, motivasi belajar siswa meningkat dari rata-rata persentase 59,16 persen pada kategori sedang sebelum penerapan menjadi 93,75 persen pada kategori sangat tinggi, hal ini menunjukkan keberhasilan.
References
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Marfu’ah, H. (2022). Pendidikan Sepanjang Hayat dan Berbagai Implikasinya. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Aswaja, 7(2), 87–100. https://doi.org/10.56013/jpka.v7i2.1159
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28.
Mudanta, K. A., Astawan, I. G., & Jayanta, I. N. L. (2020). Instrumen Penilaian Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(2), 101. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26611
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Siregar, Y. R., & Rosmaini. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif pada Materi Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP. KODE: Jurnal Bahasa, 11(3), 44–55. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/28297
Yunus, M., & Wedi, A. (2019). Konsep Dan Penerapan Pendidikan Sepanjang Hayat Dalam Keluarga. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 5(1), 31–37. https://doi.org/10.17977/um031v5i12018p031.