PENGEMBANGAN E-BOOK MATERI ATLETIK BERBASIS APLIKASI SIGIL UNTUK SISWA KELAS VI DI SDN PANDANWANGI 3 MALANG
DOI:
https://doi.org/10.17977/um068.v3.i11.2023.1Keywords:
Athletic, E-book, Sigil AppsAbstract
Penelitian ini membahas dan bertujuan untuk mengimplementasikan e-book materi atletik berbasis aplikasi Sigil pada siswa kelas VI SDN Pandanwangi 3 Malang. E-book atau buku elektronik yang diterapkan dikemas dalam bentuk modul yang dapat diakses melalui smartphone atau komputer dan dibuat semenarik mungkin dengan menampilkan materi berupa video teknik dasar disertai audio petunjuk gerakan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dari Lee & Owen. Subyek penelitian yang digunakan terdiri dari 118 siswa kelas VI SDN Pandanwangi 3 Malang. Data penelitian yang diperoleh terdiri dari uji validasi ahli, kategori baik diperoleh dari ahli pembelajaran atletik, kategori sangat baik diperoleh dari ahli media pembelajaran, kategori sangat baik diperoleh dari guru PJOK sebagai ahli PJOK, dan uji coba kelompok siswa, kategori sangat baik diperoleh dari uji coba kelompok siswa dengan sampel sebanyak 30 siswa. Berdasarkan data yang diperoleh disimpulkan bahwa media e-book materi atletik berbasis aplikasi Sigil untuk siswa kelas VI SDN Pandanwangi 3 Malang berkategori sangat valid dan layak digunakan tanpa revisi.
References
Al Rasyid, M., & Partana, C. P. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Android pada Materi Kesetimbangan Kimia untuk Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(4). https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i4.14737
Amalia, F., & Kustijono, R. (2017). Efektifitas Penggunaan E-Book dengan Sigil untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 1(November).
Arman, A., Jufra, J., Ransi, N., Cahyono, E., & Eso, R. (2021). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Digital Interaktif Menggunakan Aplikasi Sigil untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Sma/Smk di Kota Kendari. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Terapan (JPMIT), 3(2). https://doi.org/10.33772/jpmit.v3i2.22096
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, Pp. 586-595)., 2(1).
Cahyaningtias, V. P., & Ridwan, M. (2021). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2). https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i2.5727
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Erick Suryadi, P. G., Agustini, K., & Sugihartini, N. (2019). Pengaruh E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Videografi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Desain Komunikasi Visual di Smk Negeri 1 Sukasada. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 7(3). https://doi.org/10.23887/janapati.v7i3.13433
Fitriana, R., Rinaldi, A., & Suherman, S. (2021). Geogebra pada Aplikasi Sigil sebagai Pengembangan E-modul Pembelajaran Matematika. PRISMA, 10(1). https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1118
Hidayat, R., Erwadi, -, Sari, V. R., & Purnama Ade, V. R. (2017). Pemanfaatan Sigil untuk Pembuatan E-Book (Electronic Book) dengan Format EPub. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1). https://doi.org/10.25077/teknosi.v3i1.2017.1-8
Himmah, F., & Martini. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Ispring Suite 8 Pada Sub Materi Zat Aditif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smp Kelas Viii. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 5(02), 73–82.
Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1). https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Kusni, K., Nasution, N., Suprijono, A., & Hendratno, H. (2021). Pengembangan Media Ebook Cergam Berbasis Kearifan Lokal Batik Tanjung Bumi untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2). https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i2.9237
Kustria, K. S., Agung Parwata, I. G. L., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Motivasi Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Peserta Didik Sma/Smk di Kecamatan Rendang di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3). https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.30646
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. JURNAL MEDIA INFOTAMA, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467
Lee, & Owens. (2004). Multimedia-based Instructional Design: Computer-based Training, Web-Based Training, Distance Broadcast. Pfeiffer.
Martiningsih, R. R. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Himpunan dengan Menggunakan Aplikasi Ispring Suite 8. Jurnal Teknodik, 22(1), 1–13. https://doi.org/10.32550/teknodik.v21i3.344
Mawarni, J., & Hendriyani, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Interaktif pada Matakuliah Pemrograman Visual dengan Metode Pengembangan ADDIE. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika. https://doi.org/10.24036/javit.v1i3.67
Mustafa, P. S., & Winarno, M. E. (2020). Pengembangan Buku Ajar Pengajaran Remedial dalam Pendidikan Jasmani untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Universitas Negeri Malang. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i1.7629
Nuraini, I., Sutama, S., & Narimo, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Ispring Suite 8 di Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 31(2), 62–71. https://doi.org/10.23917/varidika.v31i2.10220
Ramadhani, R., & Fitri, Y. (2020). Pegembangan E-Modul Matematika Berbasis Model Flipped-Blended Learning. Genta Mulia, XI(2).
Rambu, E., Uma, A., Makaborang, Y., Ndjoeroemana, Y., Studi, P., Biologi, P., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX pada Konsep Perkembangbiakan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang, 2(1), 9–16.
Rodhiah, S. A., & Roza, L. (2020). Hasil Analisis Kebutuhan Pengembangan Ebook Berbasis Multipel Representasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ, 2(1).
Saprudin, S., Haerullah, A. H., & Hamid, F. (2021). Analisis Penggunaan E-Modul dalam Pembelajaran Fisika; STUDI LITERATUR. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2). https://doi.org/10.31851/luminous.v2i2.6373
Sari, A. S. (2016). Pengembangan Buku Digital Melalui Aplikasi Sigil pada Mata Kuliah Cookies dan Candys. Jurnal Science Tech, 1(2).
Studi, P., Akuntansi, P., Ekonomi, F., Surabaya, U. N., Studi, P., Akuntansi, P., Ekonomi, F., & Surabaya, U. N. (2016). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi Smk Negeri 1 Surabaya Joni Susilowibowo Abstrak. Pengembangan Bahan Ajar EModiul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal.
Syamsuddin, S. (2021). Dampak Pembelajaran Daring di Masa Pandemic Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Inpres 1 Tatura Kota Palu. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.65
Wati, M., Apriani, R., Misbah, M., Miriam, S., & Mahtari, S. (2021). Pengembangan E-Modul Suhu dan Kalor Bermuatan Kearifan Lokal melalui Aplikasi Sigil. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 8(1). https://doi.org/10.36706/jipf.v8i1.11107
Wulandari, D. D., Adnyana, P. B., & Santiasa, I. M. P. A. (2020). Penerapan E-Modul Interaktif terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas X. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 7(2).
Zuzilawati, Sari, R. K., & Fitri, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Menggunakan Aplikasi Sigil pada Materi Transformasi Geometri Kelas XI SMAN 1 Ampek Angkek Tahun Pelajaran 2019/2020. Lattice Journal: Journal of Mathematics Education and Applied, 1.
Zuzilawati, Z., Sari, R. K., & Fitri, H. (2022). Bahan Ajar E-Modul Menggunakan Aplikasi Sigil pada Materi Transformasi Geometri. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 1(1). https://doi.org/10.30983/lattice.v1i1.4973