PENGEMBANGAN WEBSITE PAWANUDO BERBASIS CARRD.CO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH PERJUANGAN FISIK PAHLAWAN NASIONAL PEREMPUAN INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.17977/um068.v4.i1.2024.1Keywords:
Media, Pembelajaran, Pawanudo, Pahlawan perempuanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Sejarah berupa website Pawanudo berbasis Carrd.co serta menguji efektivitas produk pengembangan melalui beberapa uji coba. Metode penelitian dan pengembangan ini menggunakan model milik Sugiyono (2016) dengan tahap sebagai berikut, (1) analisa potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (8) revisi produk, (9) uji coba pemakaian, (10) revisi produk, (11) produksi massal. Hasil validasi materi diperoleh persentase sebesar 93 persen sedangkan hasil validasi media memperoleh persentase sebesar 85 persen. Hasil uji coba kelompok kecil sebesar 70 persen sedangkan hasil uji kelompok besar memperoleh persentase 84 persen. Berdasarkan data validasi dan hasil uji coba dapat dinyatakan kesimpulan sebagai berikut (1) Proses penelitian dan pengembangan dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan analisa pada tahap awal. (2) Efektivitas website Pawanudo secara keseluruhan masuk dalam kategori efektif (3) Respon peserta didik dan perolehan hasil evaluasi terbilang sangat baik. Website Pawanudo memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut sebagai media pembelajaran sejarah dengan mengusung materi yang berbeda.
References
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Dewantara, A. H., Amir, B., & Harnida. (2020). Kreativitas Guru dalam Memanfaatkan Media Berbasis IT Tinjauan dari Gaya Belajar Siswa. Al-Gurfah: Journal of Primary Education, 1(1), 15–28. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/-algurfah/index
Parlindungan, D. P., Pakarti Mahardika, G., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 167. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit
Raihanati, L., Jamaludin, U., & Taufik, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Powtoon Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ips Kelas IV. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(2), 1. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i2.823
Somad, A., & Suwandana, E. (2022). Pentingnya Penambahan Muatan Lokal Pembelajaran Sejarah pada Peraturan Gubernur Banten. Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah, 06(01), 1. https://doi.org/https://doi.org/10.56945/jkpd.v6i1.137
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Alfa Beta. Alfa Beta.
Sulkifli, S., Kaharuddin, K., & Firdaus, F. (2019). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Pembelajaran Tambahan Siswa SMA Yaspib Bontolempangan. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 7(2), 242–248. https://doi.org/10.26618/equilibrium.-v7i2.2682
Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi ( Konsep Dasar, Prinsip Aplikatif, dan Perancangannya) (B. Subiyakto (ed.); Cetakan Pe). Banjarmasin: Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat.
Wahyu, N. M., & Rahmawati, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Game Interaktif Berbasis Web Aplikasi Wordwall pada pembelajaran Matematika Materi Kesetaraan Pecahan MataUang Kelas II SD. JPGSD, 10(6), 1304–1318. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47174
Wardani, E. (2021). Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Di SMPN 1 Prambanan. E-Journal Skripsi, X(8), 807–807. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php¬/fiptp/article/view/17631
Wekas, M. W. (2019). Keefektifan Metode Pembelajaran Student Team Achivment Divison (STAD) Berbantuan Media Android. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1216–1233. https://doi.org/10.15294/eeaj.v13i2.17051
Wulandari, A. P., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPS Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(02), 2848–2856. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.933.