DESKRIPSI PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS 9H SMP NEGERI 7 MALANG

Authors

  • Lutfi Eka Nur Laili Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Ibrohim Ibrohim Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um068v3i102023p%25p

Keywords:

Keterlibatan, Learning cycle 5E

Abstract

Proses pembelajaran IPA merupakan proses memeroleh pengetahuan yang melibatkan aktivitas siswa secara langsung dalam membangun pemahamannya mengenai fenomena alam. Keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran IPA merupakan peran kunci dalam mencapai tujuan pembelajaran sains secara komprehensif. Hasil observasi aktivitas belajar menunjukkan keterlibatan peserta didik kelas 9H dalam pembelajaran IPA masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang mampu meningkatkan keterlibatan peserta didik. salah satunya yaitu learning cycle 5E oleh Bybee. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model learning cycle 5E pada pembelaaran IPA di kelas 9H SMPN 7 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi aktivitas guru IPA dan peserta didik, dokumentasi pembelajaran serta tes tulis untuk mengetahui hasil pemahaman konseptual peserta didik. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru IPA dan peserta didik kelas 9H SMP Negeri 7 Malang yang berjumlah 32 siswa. Hasil observasi menunjukkan penerapan model pembelajaran learning cycle 5E terlaksana dengan baik, peserta didik aktif berpartisipasi dalam pembelajaran sesuai dengan keterampilan proses sains meskipun terdapat fase yang belum maksimal pelaksanaannya. Hasil evaluasi tes tulis menunjukkan 28 dari 30 peserta didik memiliki pemahaman konseptual yang baik

References

Anwar, S., Yuniasari, E., & Ismail, I. (2020). Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri untuk Mengembangkan Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 37-46.

Astuti, W. P., Prasetyo, A. P. B., & Rahayu, E. S. (2019). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Pendidikan Sains, 7(1), 1-7.

Bybee, R. W., Taylor, J. a, Gardner, a, Scotter, P. V, Powell, J. C., Westbrook, a, & Landes, N. (2006). The BSCS 5E Instructional Model: Origins, Effectiveness, and Applications. Bscs, January, 1–19. papers://dee23da0-e34b-4588-b624-f878b46d7b3d/Paper/p424

Duran, L. B., & Duran, E. (2004). Model Pembelajaran 5E : Pendekatan Siklus Pembelajaran untuk Pengajaran Sains Berbasis Inkuiri. 3(2), 49–58.

Fredricks, J. A., Filsecker, M., & Lawson, M. A. (2019). Student engagement: Construct development, research findings, and future directions. In Handbook of Student Engagement Interventions (pp. 3-20). Academic Press.

Ginting, D. (2021). Student Engagement and Factors Affecting Active Learning in English Language Teaching. VELES Voices of English Language Education Society, 5(2), 215–228. https://doi.org/10.29408/veles.v5i2.3968

Hampden-Thompson, G., & Bennett, J. (2013). Science teaching and learning activities and students' engagement in science. International Journal of Science Education, 35(8), 1325-1343.

Hoek, J., Feringa, W., le Feron, F., & Salter, P. C. G. (2021). Concrete examples increase motivation and engagement for essential software architecture study material. Learning and Instruction, 72, 101274.

Hoffman, O. D., Perillo, P., Calizo, L. E. E. S. H., Hadfield, J., Lee, D. A. N. D. M., & Penting, P. Y. (2005). “ A. 10–17.

Jumiati, W., & Martini. (2021). Kajian Tentang Model Learning cycle 5E Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(1), 104–109. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pensa/index

Nurhuda, H., Probosari, R. M., & Prayitno, B. A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning cycle 5E untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa Kelas X-3 SMA Negeri Gondangrejo Karanganyar Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 215–224.

Pratiwi, E. A., Witono, A. H., & Jaelani, A. K. (2022). Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas V SDN 32 Cakranegara Kecamatan Sandubaya Kota Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1639–1646. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.832

Rahayu, S., Kaniawati, I., & Supriatno, B. (2022). Implementasi Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(1), 1-10.

Renkl, A. (2020). Toward an instructionally oriented theory of example-based learning. Educational Psychologist, 55(1), 1-25.

Sinatra, G. M., Heddy, B. C., & Lombardi, D. (2015). The challenges of defining and measuring student engagement in science. Educational Psychologist, 50(1), 1-13.

Sinatra, G. M., Heddy, B. C., & Lombardi, D. (2015). The Challenges of Defining and Measuring Student Engagement in Science. Educational Psychologist, 50(1). https://doi.org/10.1080/00461520.2014.1002924

Suwandi, F. P. E., Rahmanigrum, K. K., Mulyosari, E. T., Mulyantoro, P., Sari, Y. I., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Konten Terhadap Minat Belajar Siswa dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 57–66.

Upu, H., & Rezky, A. (2021). Model Pembelajaran Learning cycle 5E ( Engage , Explore , Explain , Elaboration , Evaluate ) Berbasis Daring Dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021, 1931–1943.

Wang, M. T., Fredricks, J. A., Ye, F., Hofkens, T. L., & Linn, J. S. (2019). Conceptualization and measurement of student engagement: A worked example of combining cognitive, behavioral, and emotional engagement. Journal of School Psychology, 72, 94-119.

Downloads

Published

30-10-2023

Issue

Section

Articles