PENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN GAME EDUKASI KAHOOT PADA SISWA KELAS 4 DI SDN POLEHAN 1 KOTA MALANG

Authors

  • Muhamad Edhi Yusuf Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Lidya Trie Maharani Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Esti Untari Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um068v3i102023p%25p

Keywords:

Game Edukasi, Kahoot, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan motivasi belajar dengan menggunakan media game edukasi kahoot pada kelas 4 di SDN Polehan 1 Kota Malang. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif . populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 di SDN Polehan 1 Kota Malang. Sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 26 siswa di kelas 4 SDN Polehan 1 Kota Malang. Tehnik pengambilan data menggunakan observasi dan intrumen yang digunakan berupa angket. Hasil dari observasi dari angket maka nanti akan disimpulkan bahwa media game edukasi Kahoot dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas 4 di SDN Polehan 1 kota Malang

References

Aryani, D., Patiro, S. P. S., & Putra, S. D. (2021). Pelatihan Aplikasi Game Edukasi Kahoot Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid 19. Terang, 4(1), 116–124. https://doi.org/10.33322/terang.v4i1.1449

Aulia, A. R., Komalasari, K., & Salira, A. B. (2022). Pengaruh Platform Kahoot Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Di Smpn 12 Bandung. Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 11. https://doi.org/10.26418/skjpi.v2i1.54695

Ayu Desy N. Endah Lulup T P. dan Suharsono Naswan. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Spiritual Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Ekonomi, 4(1), 4.

Damayanti, N. A., & Dewi, R. M. (2021). Pengembangan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Siswa. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1647–1659.

Darmawan, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Kahoot Terhadap Hasil Belajar Materi Ruang Lingkup Biologi. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 91–99. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1974

Daryanes, F., & Ririen, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi pada Mahasiswa. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 172. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9283

Farida, N. (2008). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Buku Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Bahasa, 1(1), 305.

Halimah, S. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kahoot Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI IPS Di Sma Negeri 3 Pasuruan. Jurnal Al-Murabbi, 7(1), 20–30. https://doi.org/10.35891/amb.v7i1.2685

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Ilmiyah, N. H., & Sumbawati, M. S. (2021). Pengaruh Media Kahoot dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Information Engineering and Educational Technology, 3(1), 46–50. https://doi.org/10.26740/jieet.v3n1.p46-50

Lexy J. Moleong, M. P. K. (n.d.). Neong Muhadjir, Metode Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta :Rake Sarasin, 1990 ) h. 60 Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung : PT Remaja Rosdakarya) h. 6. Neong Muhadjir, Metode Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta :Rake Sarasin, 1990 ) h. 60 Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung : PT Remaja Rosdakarya) h. 6, 49–57.

Mustikawati, F. E. (2019). Fungsi Aplikasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 99–104.

Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif. Экономика Региона, 32.

Raihan Cahya Adi Putra, Wahyudi wahyudi, Chris Dwi Yanthy, Elok Wigati, & Syarif Fahmi Mauliansyah. (2023). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Informasi, Sains Dan Teknologi, 6(1), 62–71. https://doi.org/10.55606/isaintek.v6i1.92

Sholikhah, A. (1970). Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342–362. https://doi.org/10.24090/komunika.v10i2.953

Sulistiyawati, W., Sholikhin, R., Afifah, D. S. N., & Listiawan, T. (2021). Peranan Game Edukasi Kahoot! dalam Menunjang Pembelajaran Matematika. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(1), 46–57.

Downloads

Published

30-10-2023

Issue

Section

Articles