STUDI LITERATUR PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN APLIKASI ASSEMBLR EDU DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Tasya Septhia Cahyan Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um068.v3.i9.2023.2

Keywords:

Assemblr edu, IPAS, Learning media, Literature studies

Abstract

Pemanfaatan Assemblr Edu merupakan salah satu cara guru memanfaatkan teknologi dalam membantu siswa memahami materi IPA. Sebuah aplikasi bernama Assemblr Edu diciptakan untuk menghasilkan materi tiga dimensi (3D) dan augmented reality (AR) yang menghibur dan interaktif. Konten AR yang siap pakai dan interaktif tersedia di Assemblr Edu. Pengguna dapat memilih konten yang sesuai dengan topik yang ingin dibahas di kelas hanya dengan memilihnya. Sebuah aplikasi bernama Assemblr Edu dapat digunakan untuk menciptakan sumber daya pendidikan yang akan meningkatkan standar pengajaran dan hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengumpulkan data mengenai keunggulan Assemblr Edu sebagai media pembelajaran IPA dengan menggunakan penelitian terdahulu sebagai pedoman. Metode penelitian kepustakaan yang disebut juga studi literatur digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah dapat dihasilkan media pembelajaran IPAS yang menarik dan interaktif dengan menggunakan alat Assemblr Edu. Keunggulan dari aplikasi Assemblr Edu adalah dapat membuat kelas, dapat menggunakan konten siap pakai, dan dapat membuat konten yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan penggunanya. Untuk meningkatkan hasil dan minat belajar siswa guna menunjang proses pembelajaran dapat menggunakan aplikasi Assemblr Edu sebagai media pembelajaran mata pelajaran IPA

References

Agustin, A., & Aqua Kusuma Wardhani, H. (2023). Pengaruh Media Augmented Reality (AR) Berbantuan Assemblr Edu terhadap Hasil Belajar Siswa SMP IT Robbani Sintang. Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 7–13. https://doi.org/10.51826/edumedia.v7i2.952

Ahmad, S. (2017). Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 3(17), 43. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf

Andreani, D., & Gunansyah, G. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar tentang Mata Pelajaran IPAS pada Kurikulum Merdeka. Jpgsd, 11(9), 1841–1854.

Assemblr. (2023). Assembl-Visualize Ideas in 3D and AR. https://id.edu.assemblrworld.com/how-it-works

Chairudin, M., Nurhanifah, N., Yustianingsih, T., Aidah, Z., Atoillah, A., & Sofian Hadi, M. (2023). Studi Literatur Pemanfaatan Aplikasi ASSEMBLR EDU Sebagai Media Pembelajaran Matematika Jenjang SMP/MTS. Community Development Journal, 4(2), 1312–1318. https://id.edu.assemblrworld.com/

Husnaini, Nurhikmah, H., Muin, A., Hakim, A., & Pattaufi. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Augmented Reality (AR) pada Mata Pelajaran IPA Siswa Di MIN 1 Kolaka Utara. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 224–232.

Jurnal Ahmad. (2018). Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis). Jurnal Analisis Isi, 5(9), 1–20. https://www.academia.edu/download/81413125/DesainPenelitianContentAnalysis_revisedJumalAhmad.pdf

Kosasih, I. (2015). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. SAINTIFIKA ISLAMICA: Jurnal Kajian Keislaman, 2(1), 43–52. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/saintifikaislamica/article/view/283%0Ahttps://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pengembangan+Pembelajaran+Berbasis+Multimedia+Interaktif+Dalam+Meningkatkan+Kualitas+Pembelajaran&btnG=

Lestari, D. W., Rusimamto, P., Harimurti, R., & Agung, A. I. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbantuan Assemblr Edu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JVTE: Journal of Vocational and Technical Education, 5(2), 225–232. https://doi.org/10.26740/jvte.v5n2.p225-232

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Lino Padang, F. A., Ramlawati, R., & Yunus, S. R. (2022). Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 38–46. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.38-46

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanaan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 20(1), 75–94.

Rahmawati, H. A., Anwar, W. S., & Mirawati, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Nearpod pada Tema Sungguh Kayanya Negeriku Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 16(1), 15–20. https://doi.org/10.33369/pgsd.16.1.15-20

Rissa Putri Intari Dewi, P., Made Winda Wijayanti, N., & Dewa Putu Juwana, I. (2022). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Digital Assemblr Edu pada Mata Pelajaran Matematika di SMK Negeri 4 Denpasar. PKM. Widya Mahadi, 2(2), 98–109. https://doi.org/10.5281/zenodo.6606066

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Suci Maulidita, Momon Dt Tanamir, T. (2023). Penerapan Media Pembelajaran 3D Berbasis Aplikasi Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Geografi. La Geografia, 21(3), 295–304. https://doi.org/10.35580/lageografia.v21i3.50764

Suhati, T., Hendrawan, B., & Permana, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran SOLCAR Berbantuan Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. JERUMI: Journal of Education Religion Humanities and Multidisciplinary, 1(2), 108–115. https://doi.org/10.57235/jerumi.v1i2.1248

Susilowati, D. (2023). Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPAS. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 186–196. http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Zahra Ananti Mulyana, Surti Kurniasih, & Rukmini Handayani. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 2271–2279. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1855

Downloads

Published

30-09-2023

Issue

Section

Articles