PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DALAM MENINGKATKAN SIKAP KOMPETITIF SISWA DI SMK NEGERI 2 MALANG
DOI:
https://doi.org/10.17977/um068.v3.i7.2023.3Keywords:
Guru, Sikap kompetitif, Model pembelajaran TGT, Efektivitas pembelajaran.Abstract
Penting bagi guru untuk mempertimbangkan metode efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di tengah dinamika pendidikan yang terus berkembang. Salah satu aspek krusial adalah pengembangan sikap kompetitif siswa, kunci persiapan mereka menghadapi dunia kerja yang kompetitif. Model pembelajaran kooperatif, seperti TGT (Teams Games Tournament), menawarkan pendekatan efektif dalam menggabungkan keterampilan sosial dengan pencapaian akademik. Melalui TGT, siswa terlibat aktif, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan memotivasi. Penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa penerapan TGT meningkatkan signifikan sikap kompetitif siswa, menekankan pentingnya pendekatan inovatif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran
References
Arah Fauziah, B., & Liana Rahmawati, D. D. (2023). Penggunaan model pembelajaran TGT dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 12 mata pelajaran sosiologi di SMAN 1 Pamarayan. Edusociata Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(25), 492–500.
Arsyad, M., & Fahira, E. F. (2023). Model pembelajaran dalam kurikulum merdeka. Prosiding Konferensi, 1–23. https://prokonpi.uinsa.ac.id/index.php/prokonpi/article/view/16%0Ahttps://prokonpi.uinsa.ac.id/index.php/prokonpi/article/download/16/10
Desi Pristiwanti, Bai Badariah, & Sholeh Hidayat, R. S. D. (2022). Jurnal pendidikan dan konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 7911–7915.
Hakim, S. A., & Syofyan, H. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams’ games tournament (TGT) terhadap motivasi belajar IPA di kelas IV SDN Kelapa Dua 06 pagi Jakarta Barat. International Journal of Elementary Education, 1(4), 249. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12966
Hanan, H. A. (2017). Meningkatkan motivasi belajar bimbingan konseling siswa kelas VIII.C melalui bimbingan kelompok semester satu tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(1), 62. https://doi.org/10.58258/jime.v3i1.24
Merti, N. M. (2020). Penerapan model pembelajaran teams’ games tournament (TGT) dengan media audio visual guna meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris. Journal of Education Action Research, 4(3), 315–321.
Nurdin, S. (2016). Guru profesional dan penelitian tindakan kelas. Jurnal Educative: Journal of Education Studies, 1(1), 1–12.
Oryza, S. B., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh motivasi belajar dan status sosial ekonomi orangtua terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi dengan prestasi belajar sebagai variabel mediasi. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 23–36. https://doi.org/10.26740/jpeka.v5n1.p23-36
Ridwan, A., Asdiniah, E. N. A., & Afriliani, M. (2022). Analisis penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan sikap kompetitif belajar pada siswa sekolah dasar. Journal on Education, 5(1), 447–459. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/633
Rinawati, D., & Darisman, E. K. (2020). Survei tingkat kejenuhan siswa SMK belajar di rumah pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan selama masa pandemi COVID-19. Jurnal Sains Edukasi, 1(1), 32–40. https://doi.org/10.56003/jse.v1i1.11
Solihah, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran teams’ games tournament. Jurnal SAP, 1(1), 45–53.
Sugiata, I. W. (2018). Penerapan model pembelajaran team game tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 78–87.
Widayati, A. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1), 87–93.
Wijayanti, F., & et al. (2021). Penelitian tindakan kelas panduan lengkap dan praktis. Dalam Diterbitkan oleh Penerbit Adab CV. Adanu Abimata.
Winarto, R. T. (2012). Penerapan Zuma chemistry game dengan kooperatif tipe TGT (teams games tournament) pada materi unsur, senyawa, campuran di MTsN Surabaya II. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 180–188.