Penggunaan kosmetika sebagai bentuk penyesuaian diri dan identitas remaja Sekolah Menengah Atas (SMA) di SMAN 1 Malang Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.17977/um063v1i9p1027-1032Keywords:
remaja, kosmetika, penyesuaian diriAbstract
This study aims to determine (1) the motivation of the students of SMAN 1 Malang in using cosmetics; (2) how students of SMAN 1 Malang learn to use cosmetic products; (3) cosmetic products that are often used by students of SMAN 1 Malang; (4) the benefits of SMAN 1 Malang students using cosmetics. The research was conducted at SMAN 1 Malang, Malang City. This study uses a qualitative approach with a descriptive type of research. The results of this study are (1) the motivation of SMAN 1 Malang students in using cosmetics is an interpersonal need (2) The way students of SMAN 1 Malang learn to use cosmetics is certainly different, namely through peers, through siblings (family), and through video tutorials that on the internet (3) There are two kinds of cosmetics used by SMAN 1 Malang students, namely decorative makeup and basic makeup (4) The benefits felt by SMAN 1 Malang students in using cosmetics are that it can increase self-confidence because acne-prone faces can be covered doesn't look dull anymore and self-confidence increases because you feel you look prettier than usual.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1) motivasi dari siswi SMAN 1 Malang dalam menggunakan kosmetika; (2) cara siswi SMAN 1 Malang belajar menggunakan produk kosmetika; (3) produk kosmetika yang sering digunakan siswi SMAN 1 Malang; (4) manfaat dari siswi SMAN 1 Malang menggunakan kosmetika. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Malang Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini adalah (1) Motivasi dari siswi SMAN 1 Malang dalam menggunakan kosmetik ialah suatu kebutuhan interpersonal (2) Cara siswi SMAN 1 Malang belajar menggunakan kosmetika tentu berbeda yaitu dapat melalui teman sebaya, melalui kakaknya (keluarga), dan melalui video tutorial yang ada di internet (3) Terdapat dua macam kosmetik siswi SMAN 1 Malang yang biasa digunakan yaitu riasan dekoratif dan riasan dasar (4) Manfaat yang dirasakan siswi SMAN 1 Malang dalam menggunakan kosmetik ialah dapat meningkatkan rasa percaya diri karena wajah yang berjerawat dapat tertutupi dan wajah tidak terlihat kusam lagi dan rasa percaya diri meningkatkan karena merasa terlihat lebih cantik dari biasanya.
References
Andriyani, J. (2016). Korelasi peran keluarga terhadap penyesuaian diri remaja. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 22(2).
Basuki, K. S. (2003). Tampil cantik dengan perawatan sendiri. Gramedia Pustaka Utama.
Desmita, D. (2009). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hadija, L. (2017). Pengaruh Teman Sebaya dan Prestasi Belajar Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa SMA Khadijah Surabaya. Jurnal ekonomi pendidikan dan kewirausahaan, 1(2), 189-201.
Hanzola, G. F., Rahmiati, R., & Astuti, M. (2015). Pengaruh Penggunaan Masker Lidah Buaya Terhadap Perawatan Kulit Wajah Kering. E-Journal Home Economic and Tourism, 8(1).
Kaliky, P. I. (2013). Pemanfaatan internet dalam pembelajaran mahasiswa di Universitas Pattimura, Ambon. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 110-122.
Leigh, I., & Wojnarowska, F. (1989). Mengatasi Masalah Kulit dan Rambut. Jakarta: Arcan.
Luthfi, R. I. (2014). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT Elsiscom Prima Karya, Kantor Perwakilan Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 13(1).
Mappiare, M. (1982). Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.
Natawidjaja, R. (1979). Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT Abadi.
Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat Dan Makanan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2005.
Sari, N. (2017). Pengaruh Motivasi terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Sariayu Martha Tilaar di Kota Jambi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 1(2), 208-2019.
Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).
Sugiyono, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tejo, S., & Kamba, M. N. (2017). Tuhan Maha Asyik. Tangerang Selatan: Penerbit Imania.
Tilaar, M. (2007). Maximize Your Beauty. Jakarta: PT Creative Style Mandiri.
Tranggono, R. I. (2007). BP: Ilmu Pengetahuan Kosmetik. Gramedia Pustaka Utama.
Umar, M. (2015). Peranan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20-28.
Zahra, F. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Make Over Melalui Beauty Vlogger Dalam Membangun Citra Merek. Jurnal Lontar, 5(2), 29-30.
Downloads
Published
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.