Di balik perilaku konsumtif NCTZEN dalam pembelian merchaindise NCT (studi kasus komunitas NCTzen Malang)

Authors

  • Marino Ananda Universitas Negeri Malang
  • Nur Hadi Universitas Negeri Malang
  • Nanda Harda Pratama Meiji Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v1i9p1011-1026

Keywords:

budaya populer, perilaku konsumtif, merchaindise

Abstract

Popular culture is example of cultural development era of globalization. Popular culture creates cultural industry that causes people to consume and creates consumptive behavior such as Kpop. Like fans of K-Pop group NCT who carry out consumptive behavior. This research discusses consumptive behavior of NCTzen in purchasing NCT merchandise. The goal to knowing consumptive behavior carried out by them. This research uses qualitative approach with case study in NCTzen Malang community with informants from several members of NCTzen Malang. Data were collected through observation, interviews and documentation. Data analysis uses data reduction, presents the collected data, and draws conclusions. Results research produce there background that caused them like NCT. Results other research also produce consumptive behavior that carried out by them, namely in reason they buy, influence in spending personal money, response from closest people, and impact on consuming merchandise, and reason for doing consumptive behavior by buying NCT merchandise.

Budaya populer merupakan contoh dari perkembangan budaya era globalisasi. Budaya popular menciptakan sebuah industri budaya yang menyebabkan masyarakat akan melakukan konsumsi dan memunculkan perilaku konsumtif contohnya seperti Kpop. Seperti penggemar dari grup K-Pop NCT yang melakukan perilaku konsumtif. Penelitian ini membahas perilaku konsumtif NCTzen dalam pembelian merchaindise NCT. Tujuannya untuk mengetahui perilaku konsumtif yang di lakukan oleh mereka. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus di komunitas NCTzen Malang dengan informan beberapa member NCTzen Malang. Data di kumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, menyajikan data terkumpul, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menghasilkan terdapat latar belakang yang menyebabkan mereka menyukai NCT. Hasil penelitian lainnya juga menghasilkan perilaku konsumtif yang di lakukan oleh mereka yaitu dalam sebab mereka membeli, pengaruh dalam pengeluaran uang pribadi, respon dari orang terdekat, dan adanya dampak dalam mengonsumsi merchaindise, dan sebab melakukan perilaku konsumtif dengan membeli merchaindise NCT.

References

Achmada, L. (2014). Pola Perilaku Konsumtif Pecinta Korea di Korea Lovers Surabaya Community (Kloss Community). Paradigma, 2(3).

Adriani, K. (2021). Hubungan Fanatisme Dengan Perilaku Konsumtif Pada K-popers (Penggemar K-Pop) Di Kota Pekanbaru (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru).

Amore, A. (2020). “Growing and Explosive,” NCT’s Total Album Sales in 2020 Surpasses 5.1 Million Copies. (https://www.allkpop.com/article/2020/12/growing-and-explosive-popularity-ncts-total-album- sales-in-2020-surpasses-51-million-copies/). Diakses 29 Desember 2020.

Arikunto, S. (1989). Manajemen Penelitian. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Arindavts, A. (2020). Korean Wave atau Hallyu, Demam Baru di Masyarakat?. (https://kumparan.com/-arindanvts/korean-wave-atau-hallyu-demam-baru-di-masyarakat-1usNNFcLB6U/full). Diakses 15 Juli 2021.

Arisanti, N., Dwityanto, A., & Psi, S. (2019). Hubungan Konformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Konsumtif Membeli Produk Kosmetik Pada Mahasiswi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Asakurashin, A. (2020). Boy Group Terpopuler di Oktober 2020: BTS masih No. 1, NCT Melejit. (https://aegyo.id/k-pop/read/boy-group-terpopuler-di-oktober-2020-bts-masih-no-1-nct-melejit/). Diakses pada 29 Desember 2020.

Aslamiyah, M. (2013). Identitas diri mahasiswa penyuka budaya Pop Korea di Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Bakti, I. S., Nirzalin, N., & Alwi, A. (2019). Konsumerisme dalam Perspektif Jean Baudrillard. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi), 13(2), 147-166.

Elnino, S. R., Lesawengen, L., & Lasut, J. J. (2020). Tindakan Konsumtif dalam Aktivitas Belanja Online Mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture.

Faridz, D. (2021). Korean Wave: Dari Investasi Ekonomi Pemerintah Korea Selatan Jadi Gerakan Sosial Dunia. (https://www.dw.com/id/k-pop-investasi-ekonomi-korsel-jadi-gerakan-sosial-dunia/a- 5790¬7912). Diakses 15 Juli 2021.

Lim, M. A. N. (2014). Pemaknaan mengenai budaya Korea Selatan (Studi fenomenologi terhadap pendiri dan anggota Korean wave Indo) (Doctoral dissertation, Universitas Multimedia Nusantara).

Man, D. B. Y. (2018). Pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian jilbab syar’i studi kasus pada mahasiswi fakultas ekonomi dan bisnis islam UIN sumatera utara (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan).

Moelong, L. J. (2016). MetodePenelitianKualitatif (EdisiRevisi). Bandung: PT Rosdakarya.

Nurmala, N. (2018). Menyingkap Sejarah dan Rahasia Sukses Korean-Wave. (https://kumparan.com/-noviyanti-nurmala1519197736585/menyingkap-sejarah-dan-rahasia-sukses-korean-wave/full). Diakses 15 Juli 2021

Overseas.mofa.go.kr. (2013). Hallyu: Gelombang Korea (한류: Korea Wave). Diakses melalui https://overseas.mofa.go.kr/id-id/wpge/m_2741/contents.do , 15 Juli 2021.

Putri, K. A. (2019). Gaya Hidup Generasi Z Sebagai Penggemar Fanatik Korean Wave (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Budaya).

Saputri, A. E. (2018). Analisis pengaruh gaya hidup dan persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian pada Butik Mayang Collection Pusat Di Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Suminar, E., & Meiyuntari, T. (2015). Konsep diri, konformitas dan perilaku konsumtif pada remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(02).

Yuandhini, B., & Warfanni, A. (2018). Konsumerisme Penggenar K-Pop di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Sosiologi (SOROT), 1(2).

Rie127. (2020). Jisung NCT Hiatus, Penggemar Berikan Dukungan Lewat #GetWellSoonJisung. (https://hiburan.dreamers.id/¬article/92950/jisung-nct-hiatus-penggemar-berikan-dukungan-lewat-getwellsoonjisung). Diakses 15 Juli 2021.

Rinata, A. R., & Dewi, S. I. (2019). Fanatisme Penggemar Kpop Dalam Bermedia Sosial Di Instagram. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 13-23.

Ritzer, G. (2017). Teori Sosiologi. Bantul: Penerbit Kreasi Wacana.

Situmeang, I. V. O. (2015). Pemanfaatan Media Massa terhadap Hallyu sebagai Budaya Populer dan Gaya Hidup Mahasiswa (Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia, Jakarta). KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 12(1).

Veronica, M., & Paramita, S. (2018). Eksploitasi Loyalitas Penggemar Dalam Pembelian Album K-Pop. Koneksi, 2(2), 433-440.

Downloads

Published

2021-09-20

Issue

Section

Articles