Pengembangan bahan ajar digital materi dinamika planet bumi sebagai ruang kehidupan dan keterkaitanya dengan ayat suci Al-Qur’an untuk memperkuat aspek spiritualitas siswa

Authors

  • Muhammad Rafi’ Attamimi Universitas Negeri Malang
  • Yuswanti Ariani Wirahayu Universitas Negeri Malang
  • Alfyananda Kurnia Putra Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v1i8p967-979

Keywords:

bahan ajar digital, dinamika planet bumi, Al-Qur’an

Abstract

21st century learning is characterized by the massive use or utilization of technology in the learning process. One of the efforts that can be done is by developing digital teaching materials. The purpose of this study is to produce digital teaching materials (flip book audio) Geography that is interrelated with the values of the holy verses of the Quran on the material dynamics of planet Earth as a valid and practical living space used for the learning of students of grade X Madrasah Aliyah. This development research was conducted using ADDIE model development method (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). There are two types of data, namely quantitative and qualitative data. Quantitative data is obtained from scoring results using the likert scale. While qualitative data obtained from the suggestion of criticism from expert validators and research subjects. This digital teaching material development product was tested in class X IPS 1 MAN 1 Jombang as many as 20 people. The results of the development of digital teaching materials obtained a percentage of 92 of material validators, 98 of media validators, 95 and 92 of Qur'anic experts. While from the response the teacher gets a percentage of 98 and from students by 90. Such results show that the development of digital Geography teaching materials related to the Qur'an is very feasible to be used in Geography learning.

Pembelajaran abad 21 dicirikan dengan masifnya penggunaan ataupun pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan mengembangkan bahan ajar digital. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar digital (flip book audio) Geografi yang saling terkait dengan nilai-nilai dari ayat suci Al-Quran pada materi dinamika planet Bumi sebagai ruang kehidupan yang valid dan praktis digunakan untuk pembelajaran siswa kelas X Madrasah Aliyah. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan metode pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Jenis data ada dua, yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil skoring yang menggunakan skala likert. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari saran kritik dari para validator ahli dan subjek peneliti. Produk pengembangan bahan ajar digital ini diujicobakan pada kelas X IPS 1 MAN 1 Jombang sebanyak 20 orang. Hasil pengembangan bahan ajar digital memperoleh persentase sebesar 92 dari validator materi, 98 dari validator media, 95 dan 92 dari ahli Al-Qur’an. Sedangkan dari tanggapan guru mendapat persentase sebesar 98 dan dari siswa sebesar 90. Hasil demikian menunjukan bahwa pengembangan bahan ajar digital Geografi yang berkaitan dengan Al-Qur’an sangat layak digunakan dalam pembelajaran Geografi.

References

Aksa, F. I. (2018). Pengembangan bahan ajar kosmografi berbasis Al Quran untuk meningkatkan kecerdasan spiritual mahasiswa. Media Komunikasi Geografi, 18(2), 117-127.

Alperi, M. (2020). Peran Bahan Ajar Digital Sigil Dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, (1), 99-110.

Arif, M. (2013). Manajemen madrasah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan Islam. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 8(2), 415-438.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chen, R. J. (2010). Investigating models for preservice teachers’ use of technology to support student-centered learning. Computers and Education, 55(1), 32–42. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2009.11.015

Dewi, K., Sumarmi, S., & Putra, A. K. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis STEM dengan Pendekatan Eco-Spatial Behavior Materi Kependudukan/Development of STEM-Based Digital Teaching Materials with an Eco-Spatial Behavior Approach for Population Materials. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 7(2), 93-103.

Isyarotullatifah, I., & Agustini, K. (2019). Pengembangan konten e-learning simulasi digital berbasis proyek untuk siswa kelas X di SMK Negeri 1 Kubutambahan. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 9(1). https://doi.org/10.23887/jtpi.v9i1.2887

Juliani, W. I., & Widodo, H. (2019). Integrasi empat pilar pendidikan (UNESCO) melalui pendidikan holistik berbasis karakter di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 65-74.

Latifah, S., & Ratnasari, R. (2016). Pengembangan modul IPA terpadu terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an pada materi tata surya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1), 25-33.

Lotherington, H., & Jenson, J. (2011). Teaching multimodal and digital literacy in L2 settings: New literacies, new basics, new pedagogies. Annual review of applied linguistics, 31, 226-246.

Octaviani, S. (2017). Pengembangan bahan ajar tematik dalam implementasi kurikulum 2013 kelas 1 sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 93-98.

Putra, A. K., Deffinika, I., & Islam, M. N. (2021). The Effect of Blended Project-Based Learning with Stem Approach to Spatial Thinking Ability and Geographic Skill. International Journal of Instruction, 14(3).

Putra, A. K., Sumarmi, S., Sahrina, A., Fajrilia, A., Islam, M. N., & Yembuu, B. (2021). Effect of Mobile-Augmented Reality (MAR) in Digital Encyclopedia on the Complex Problem Solving and Attitudes of Undergraduate Student. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 16(07). https://doi.org/¬10.3991/ijet.v16i07.21223

Putrawansyah, F., & Sardianto, M. S. (2016). Pengembangan digital book berbasis android materi perpindahan kalor di sekolah menengah atas. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, 5(4).

Ramdani, Y. (2012). Pengembangan instrumen dan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, penalaran, dan koneksi matematis dalam konsep integral. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 44-52.

Robin, B. R. (2016). The power of digital storytelling to support teaching and learning. Digital Education Review, (30), 17-29.

Sefriani, R., & Veri, J. (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Client Server Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal KomtekInfo, 5(3), 61-71.

Su’udiah, F., Degeng, I., & Kuswandi, D. (2016). Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1744–1748.

Wiyono, K. (2015). Pengembangan model pembelajaran fisika berbasis ICT pada implementasi kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 123-131.

Yana, Y., Handoyo, B., & Putra, A. K. (2021). Pengembangan buku ajar digital Geografi SMA berplatform aplikasi 3D Page Flip dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic) materi keragaman budaya di Indonesia. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, 26(2), 92-98.

Downloads

Published

2021-08-23

Issue

Section

Articles