Pemanfaatan internet dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa SD Negeri 1 Sitirejo

Authors

  • Qiblat Lintang Ramadhan Universitas Negeri Malang
  • Rellysia Theresa Sarmawati Universitas Negeri Malang
  • Rindy Dwi Mentari Putri Universitas Negeri Malang
  • Windi Nurul Wachidah Universitas Negeri Malang
  • Alan Sigit Fibrianto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v1i8p927-936

Keywords:

internet, kualitas belajar, metode survei

Abstract

It is very important for students to pay attention to the quality improvement in learning. If the quality of student learning has increased, the learning they have carried out has functioned well. With the development of technology in the form of the internet, it has encouraged various parties including educational institutions such as SD Negeri 1 Sitirejo, at this time, more or less, have implemented the internet as an additional learning resource for students. The reason behind this study was to see whether SD Negeri 1 Sitirejo students were able to use the internet to improve the quality of their learning. This is in line with the formulation of the problem made, namely "How is the use of the internet to improve the quality of learning for students of SD Negeri 1 Sitirejo?". This research uses a quantitative approach as well as a survey method. The data collection is in the form of a questionnaire in the form of a google form. While the sampling technique used simple random sampling. Based on the results of the research, it produces H1, which is an increase in the quality of student learning in utilizing the internet, while in H0 there is no improvement in the quality of student learning in utilizing the internet. The conclusion that can be drawn depends on the consequences of this examination, in particular the quality of learning of SD Negeri 1 Sitirejo students has increased, because when viewed from the answers they choose, the majority choose learning resources as one of the things they will access on theInternet.

Peningkatan kualitas dalam hal pembelajaran sangatlah penting diperhatikan oleh siswa. Jika kualitas pembelajaran siswa mengalami peningkatan, maka pembelajaran yang mereka laksanakan telah berfungsi dengan baik. Dengan adanya perkembangan teknologi berupa internet mendorong berbagai pihak termasuk lembaga pendidikan seperti SD Negeri 1 Sitirejo saat ini sedikit banyaknya telah menerapkan internet sebagai sumber belajar tambahan bagi siswa. Adapun alasan dibalik penelitian ini untuk melihat apakah siswa SD Negeri 1 Sitirejo mampu memanfaatkan internet dalam meningkatkan kualitas pembelajaran mereka. Hal ini selaras dengan rumusan masalah yang dibuat yaitu “Bagaimana pemanfaatan internet terhadap peningkatan kualitas pembelajaran siswa SD Negeri 1 Sitirejo?”. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif serta metode survey. Pengumpulan datanya berupa kuesioner dalam bentuk google form. Sementara teknik pengambilan sampelnya menggunakan simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitiannya menghasilkan H1 yaitu terdapat peningkatan kualitas pembelajaran siswa dalam memanfaatkan internet sedangkan pada H0 menghasilkan tidak terdapat peningkatan kualitas pembelajaran siswa dalam memanfaatkan internet. Akhir yang bisa ditarik tergantung pada konsekuensi pemeriksaan ini, secara khusus kualitas pembelajaran siswa SD Negeri 1 Sitirejo mengalami peningkatan, karena jika dilihat dari jawaban yang mereka pilih, mayoritas memilih sumber belajar sebagai salah satu hal yang akan mereka akses diInternet.

References

Azmi, M. (2014). Bab II Tinjauan Pustaka.

Ibnu, A. M. (2021). Apa Itu Istilah Modernisasi dalam Sosiologi dan Bagaimana Sepertinya? https://amp.tirto.id/apa-itu-istilah-modernisasi-dalam-sosiologi-bagaimana-dampaknyaf85U#aoh=-16185787240795&referrer.

Purwatiningsih, N. A., Fatchiya, A., & Mulyandari, R. S. H. (2018). Pemanfaatan internet dalam meningkatkan kinerja penyuluh pertanian di Kabupaten Cianjur. Jurnal Penyuluhan, 14(1), 79-91.

Rosmawati, R. (2018). Bab III Metode Penelitian.

Setiyani, R. (2010). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Dinamika Pendidikan, 5(2).

Tondang, Y. S., & Arwita, W. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Pembelajaran Biologi. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(2).

Walidaini, B., & Arifin, A. M. M. (2018). Pemanfaatan Internet Untuk Belajar Pada Mahasiswa. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 3(1).

Downloads

Published

2021-08-17

Issue

Section

Articles