Pengembangan digital learning Geografi berbasis learning management system moodle pada materi dinamika kependudukan kelas XI SMA

Authors

  • Aulia Arifka Universitas Negeri Malang
  • Sumarmi Sumarmi Universitas Negeri Malang
  • Alfyananda Kurnia Putra Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v1i7p832-844

Keywords:

pengembangan, digital learning, moodle

Abstract

Nowadays students are life in era that is increasingly open to technology. This era had an impact to change educational process with digital technology or referred as digital learning. Digital learning can change teaching process that is identical with meeting between teachers and students in a room into teaching without having to meet face to face. The aim of this research is to produce digital learning platform based Learning Management System Moodle on demographic dynamics subject matter. The location of this research is at SMAN 1 Purwosari. This type of research is development research that uses ADDIE model. The ADDIE model consists of 5 stages, namely: (1) Analysis, conducting analyzing curriculum and analyzing students needed. (2) Design, making design of the product. (3) Development, making products according to design. (4) Implementation, trials products to validators and subjects. (5) Evaluation, analyzing the results of product trials. The results of this research indicate that the percentage level of product feasibility is 89 percent, which means that the website is very suitable for learning management. Meanwhile, the results of students' understanding tests in the range of values ​​76-100 obtained a percentage of 82 percent. These results indicate that students have a very high level of understanding after using the product.

Dewasa ini peserta didik berada di era yang semakin terbuka pada teknologi. Era tersebut membawa dampak pada suatu perubahan dalam proses pendidikan yang dikaitkan dengan teknologi digital atau yang biasa disebut dengan pembelajaran digital/digital learning. Pembelajaran digital dapat merubah proses belajar mengajar yang identik dengan pertemuan antara guru dan siswa dalam suatu kelas menjadi pembelajaran tanpa harus bertatap muka secara langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah platform pembelajaran digital berbasis Learning Management System Moodle pada materi dinamika kependudukan. Lokasi penelitian ini di SMAN 1 Purwosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model penelitian ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap yang terdiri dari: (1) Analysis, melakukan analisis kurikulum dan analisis kebutuhan peserta didik. (2) Design, merancang desain produk website. (3) Development, membuat produk website sesuai desain. (4) Implementation, peneliti melakukan uji coba produk pada validator dan subjek penelitian. (5) Evaluation, melakukan analisis hasil uji coba produk. Setelah dilakukan penelitian, hasil menunjukkan bahwa persentase tingkat kelayakan produk sebesar 89 persen yang artinya produk website sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan hasil tes pemahaman peserta didik pada rentang nilai 76-100 memperoleh persentase sebesar 82 persen. Hasil tersebut menunjukkan bahwa peserta didik memiliki tingkat pemahaman sangat tinggi setelah menggunakan produk.

References

Abidin, Z., & Purbawanto, S. (2015). Pemahaman siswa terhadap pemanfaatan media pembelajaran berbasis livewire pada mata pelajaran teknik listrik kelas X jurusan audio video di SMK Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Journal, 4(1).

Bailey, A., Vaduganathan, N., Henry, T., Laverdiere, R., & Pugliese, L. (2018). Making digital learning work: Success strategies from six leading universities and community colleges. Boston: Massachusetts: Boston Consulting Group.

Balasubramanian, A. (2016). Branches of geography. Retrieved May, 13, 2018.

Departement of Education and Skills. (2015). Digital Learning Planning Gildeliness. United Kingdom.

Dewi, K., Putra, A. K., Malang, U. N., Timur, J., & Behavior, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis STEM dengan Pendekatan Eco-Spatial Behavior Materi Kependudukan Development of STEM-Based Digital Teaching Materials with an Eco- Spatial Behavior Approach for Population Materials. JPIPS :

Kemendikbud. (2013). Penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan.

Kemendikbud. (1992). No.0490/U/1992 Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniawan, B. (2015). Pengembangan media pembelajaran geografi berbasis web di MAN 3 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Lestari, A. S. (214). Aplikasi Moodle dalam e-learning. Jakarta Publishing: Orbit.

Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan model pembelajaran. Diakses dari http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf. pada September.

Munir, M. (2009). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Kominukasi. Bandung: Alfabeta.

Munir, M. (2017). Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.

Putra, A. K., Sumarmi, S., Sahrina, A., Fajrilia, A., Islam, M. N., & Yembuu, B. (2021). Effect of Mobile-Augmented Reality (MAR) in Digital Encyclopedia on The Complex Problem Solving and Attitudes of Undergraduate Student. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 16(07). https://doi.org/10.3991/ijet.v16i07.21223

Retnoningsih, E. (2017). Perbandingan learning management system edmodo dan moodle dalam pembelajaran online. Information System For Educators And Professionals: Journal Of Information System, 1(2), 221-230.

Sari, B. K. (2017). Desain Pembelajaran Model Addie Dan Implementasinya Dengan Teknik Jigsaw. Desain Pembelajaran Di Era ASEAN Economic Community (AEC) Untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan, 87–102. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(1).

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278).

Zyainuri, Z., & Marpanaji, E. (2012). Penerapan e-learning moodle untuk pembelajran siswa yang melaksanakan prakerin. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3).

Downloads

Published

2021-07-31

Issue

Section

Articles