Penanganan konseling siswa selama pandemi COVID-19 di SMA Negeri 8 Malang

Authors

  • Muhammad Irfan Asrori Universitas Negeri Malang
  • Nur Hadi Universitas Negeri Malang
  • Joan Hesti Gita Purwasih Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v1i7p824-831

Keywords:

kendala belajar daring, konseling siswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana permasalahan yang timbul pada pembelajaran online selama masa pandemi COVID-19 di SMA Negeri 8 Malang dan peran Bimbingan Konseling (BK) dalam menangani permasalahan tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan reduksi data dan disajikan dalam bentuk matriks. Narasumber penelitian ini dipilih dengan purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa permasalahan pembelajaran dikategorikan menjadi dua yaitu permasalahan yang dialami Guru dan permasalahan yang dialami Siswa oleh karena itu, BK melakukan penanganan terhadap permasalahan tersebut yang dilakukan secara bertahap yaitu analisis masalah, penanganan lebih lanjut dan pemberian tindakan preventif.

References

Almarzooq, Z. I., Lopes, M., & Kochar, A. (2020). Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015

Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran e-learning terhadap motivasi belajar mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 11-16.

Edmawati, M. D. (2020, September). Strategi konseling kelompok dengan teknik CBT Berbasis daring untuk meningkatkan psychological well being siswa di tengah pandemi COVID-19. In Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling (pp. 99-106).

Hamid, F. (2013). Pendekatan fenomenologi dalam suatu ranah penelitian kualitatif. Penelitian Fakultas Saintek UIN Sunan Kalijogo Yogjakarta, 1(1), 1-15.

Isnaini, M., Wigati, I., & Oktari, R. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Torso Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan pada Manusia di SMP Negeri 19 Palembang. Jurnal Biota, 2(1), 82-91.

Khofifah, A., Sano, A., & Syukur, Y. (2017). Permasalahan yang disampaikan siswa kepada guru BK/konselor. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 45-52.

Lazarus, R.S & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. New York: McGraw-Hill, Inc.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualititatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Parsons, T. (1937). The Structure of Social Action. New York: McGraw-Hill Book Company.

Purwaningsih, H. (2021). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Melayani Peserta Didik di Masa Pandemi COVID-19. EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 1(1), 36-44.

Prayitno, P. (2004). Seri pemandu Bimbingan dan Konseling di sekolah (buku III). Padang: PT.Bina Sumber Daya MIPA.

Ritzer, S. (2019). Teori Sosiologi Modern.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rosadi, H. Y., & Andriyani, D. F. (2020). Tantangan menjadi guru BK dengan kurikulum merdeka belajar di masa pandemi COVID-19. Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Sitompul, D. N. (2015). Pengaruh Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role-Playing Terhadap Perilaku Solidaritas Siswa dalam Menolong Teman. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01).

Tambusai, K. (2020). Peran Bimbingan Konseling Sekolah di Tengah COVID-19. Al-Mursyid: Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan dan Konseling Islam (IKABKI), 2(2).

Downloads

Published

2021-07-19

Issue

Section

Articles