SEJARAH PEMIKIRAN PENDIDIKAN MERDEKA KI HAJAR DEWANTARA TAHUN 1922 – 1942

Authors

  • Arif Perwira Dhani Universitas Negeri Malang
  • Daya Negri Wijaya Universitas Negeri Malang

Keywords:

Ki Hajar Dewantara Thought, Pendidikan Merdeka, Taman Siswa

Abstract

Abstrak: Penelitian ini mengkaji gagasan Ki Hajar Dewantara tentang Pendidikan Merdeka dari tahun 1922 hingga 1942 yang dipengaruhi oleh kondisi sosial-budaya di Hindia Belanda. Pendidikan Merdeka menekankan pada pembinaan aspek jasmani dan rohani anak untuk mencapai kebebasan dalam hidup. Ki Hajar Dewantara mempromosikan Metode Among, Trisentra Pendidikan, dan Sistem Paguron melalui tulisan-tulisannya dan sekolah Taman Siswa. Penelitian ini mengeksplorasi faktor sosial-budaya, konsep, dan implementasi Pendidikan Merdeka. Penelitian ini berkontribusi dalam memahami visi Ki Hajar Dewantara dan signifikansinya bagi pengembangan akademik dan wawasan sejarah. Penelitian ini menggunakan metode historis, dengan fokus pada Sosiologi Pengetahuan dan Hermeneutika. Temuan penelitian ini menyoroti bagaimana konteks sosial-budaya membentuk pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang Pendidikan Merdeka. Beliau membayangkan sebuah pendidikan holistik yang memupuk karakter dan kebebasan, yang terlihat jelas dalam prinsip-prinsip dan peraturan Taman Siswa.

References

Agung. S. L., & Suparman, T. 2016. Sejarah Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Arifin, Faizal & Hasni, Nadia & Nurlailasari, Ella. (2021). Haatzaai Artikelen: Pasal Karet dalam Hukum Kolonial di Hindia

Belanda. 10.15575/hm.v5i1.11971.

Daliman, A. 2012. Sejarah Indonesia Abad XIX-Awal Abad XX: Sistem Politik Kolonial Dan Administrasi Pemerintahan HindiaBelanda. Yogyakarta: Ombak.

Dewantara, B. S. 1989. Ki Hajar Dewantara, Ayahku /oleh Bambang Sokawati Dewantara. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Dewantara, K. H. 1977. Bagian Pertama: Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Dewantara, K. H. 1933. Kitab Soeloeh Pendidikan: Pola-Wasita. Yogyakarta: Madjelis Peroesahaan Kitab Dari Persatoean

Taman-Siswa.

Dewantara, K. H. 1952. “Buku Peringatan Taman-Siswa 30 Tahun, 1922-1952”. Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa:

Yogyakarta.

Hoogervorst, Tom & Nordholt, Henk. (2017). Urban Middle Classes in Colonial Java (1900–1942): Images and Language.

Bijdragen tot de taal-, land- en volkenkunde / Journal of the Humanities and Social Sciences of Southeast Asia. 173. 442-

10.1163/22134379-17304002.

Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(6), 2024

Kartodirdjo, S. 2018. Pengantar Sejarah Indonesia Baru: Sejarah Pergerakan Nasional Dari Kolonialisme Sampai Nasionalisme.

Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kuntowijoyo. 2013. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta : PT. Bentang Pustaka.

Meer, Arnout. (2017). Performing Colonial Modernity: Fairs, Consumerism, and the Emergence of the Indonesian Middle

Classes. Bijdragen tot de taal-, land- en volkenkunde / Journal of the Humanities and Social Sciences of Southeast Asia.

-204. 10.1163/22134379-17304015.

Montessori, M. 1912. The Montessori Method: Scientific Pedagogy As Applied Child Education In "The Children's Houses",

With Additions And Revisions By The Author. (A. E. George, Trans). Frederick A Stokes Company.

https://doi.org/10.1037/13054-000.

Nasution, S. 2015. Sejarah Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Niederla ndisch-Indien. 1894. Reorganisatie van het Europeesch lager onderwijs in Nederlandsch-Indie : de voorschriften van

met toelichtende circulaire. Batavia.

Niederla ndisch-Indien. 1895. Algemeen verslag van het inlandsch onderwijs in Nederlandsch-Indie . Batavia.

Niel, R. V., Bur Rasuanto, & Zahara Deliar Noer. 2009. Munculnya Elit Modern Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya.

Nordholt, H. S. (2017). New Urban Middle Classes in Colonial Java: Children of the Colonial State and Ancestors of a Future

Nation. Bijdragen Tot de Taal-, Land- En Volkenkunde, 173(4), 439–441. http://www.jstor.org/stable/26281611.

Panitia Penerbitan Taman Siswa. 1952. “Buku Peringatan Taman-Siswa 30 Tahun, 1922-1952”. Majelis Luhur Persatuan

Taman Siswa: Yogyakarta.

Rahardjo, Suparto, & Aziz Safa. 2020. Ki Hajar Dewantara : Biografi Singkat 1889-1959. Jogyakarta: Penerbit Garasi.

Ricklefs, M. C. 2008. Sejarah Indonesia Modern 1200-2008. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

Sajoga. 1952. Riwajat Perdjuangan Taman-Siswa 1922 – 1952, Taman Siswa 30 Tahun. Madjelis Luhur Taman Siswa:

Yogyakarta.

Shiraishi, T. 1997. Zaman Bergerak : Radiakalisme Rakyat Di Jawa 1912-1926. Jakarta: Pustaka Utama.

Soedibjo,. S, A. 1952. Sedikit Tentang Organisasi Taman Siswa, Taman Siswa 30 Tahun. Madjelis Luhur Taman Siswa:

Yogyakarta.

Soewito, I. H. N. H. 1985. Soewardi Soerjaningrat : Dalam Pengasingan. Jakarta: Balai Pustaka.

Suwignyo, A. 2019. Pendidikan, Kekuasaan, Dan Kolonialisme. Yogyakarta: Selarung Institute.

Tagore, R. 1958. Asrama Education. Macmillan and Co., Limited.

Tsuchiya, K. 2019. Demokrasi Dan Kepemimpinan : Kebangkitan Gerakan Taman Siswa. Jakarta: Balai Pustaka.

Wertheim, W. F., & Giap, T. S. (1962). Social Change in Java, 1900-1930. Pacific Affairs, 35(3), 223–247.

https://doi.org/10.2307/2753184

White, B.T. (1973). Demand for labor and population growth in colonial Java. Human Ecology, 1, 217-236.

Downloads

Published

2024-06-12

Issue

Section

Articles