INTEGRASI BUDAYA ISLAM PADA PENDEKATAN CULTURALLY RELEVANT TEACHING DALAM KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Cahyati Subechiana Universitas Negeri Malang
  • Nurul Ratnawati Universitas Negeri Malang

Keywords:

Budaya Islam, Culturally Relevant Teaching, Kurikulum Merdeka

Abstract

Abstrak: Integrasi Budaya Islam pada Pendekatan Culturally Relevant Teaching (CRT) dalam kurikulum merdeka merupakan langkah penting dalam memperkaya pembelajaran serta membentuk karakter siswa sesuai dengan ajaran Islam. Artikel ini menjelaskan tentang pentingnya memperhatikan dan mengintegrasikan nilai-nilai budaya Islam dalam pendidikan yang inklusif dan relevan dengan latar belakang budaya siswa. Pendekatan Culturally Relevant Teaching (CRT) memungkinkan pengakuan serta integrasi keberagaman budaya siswa dalam suatu pembelajaran, yang membantu menciptakan pemahaman yang lebih baik dan mampu membuat lingkungan belajar yang kondusif dan inklusif. Dengan memahami dan menerapkan nilai-nilai Islam, seperti nilai-nilai ilahi, nilai moral, nilai hukum, etika, estetika, dan sejarah kebudayaan Islam, diharapkan siswa dapat menjadi agen perubahan yang membawa manfaat bagi diri mereka sendiri dan masyarakat sebangsa dan senegara. Implementasi pendekatan CRT dalam kurikulum merdeka ini juga diharapkan dapat meningkatkan keterampilan abad ke-21 siswa. Dengan demikian, integrasi budaya Islam dalam pendekatan CRT merupakan langkah penting yang harus dilakukan apabila ingin mewujudkan proses pembelajaran yang kaya serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif inovatif aman dan nyaman.

References

Larasati, A., Sunarti, T., & Budiwati, D. (2023). Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Pada

Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. 12(3), 83–91.

Muadin, A. (2017). NILAI-NILAI DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENUJU PARADIGMA PEMBELAJARAN QUR’ANI. Jurnal

Pedagogik, 04(02).

Okoli, C., & Schabram, K. (2015). A Guide to Conducting a Systematic Literature Review of Information Systems Research. In

Communications of the Association for Information Systems (Vol. 37).

http://ssrn.com/abstract=1954824910.http://aisel.aisnet.org/cais/vol37/iss1/43Electroniccopyavailableat:https://

ssrn.com/abstract=1954824Electroniccopyavailableat:https://ssrn.com/abstract=1954824

Priarni, R. (2019). INTEGRASI NILAI-NILAI BUDAYA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal

Inspirasi, 3(1).

Salma, I. M., & Yuli, R. R. (2023). Membangun Paradigma tentang Makna Guru pada Pembelajaran Culturally Responsive

Teaching dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Era Abad 21. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1).

https://doi.org/10.47134/jtp.v1i1.37

Sulaeman, I. (2022). Proceeding of International Conference on Arabic Language (INCALA) Pendekatan CRT (Culturally

Responsive Teaching) dalam Pembelajaran Kalam Introduction ( املقدمة).

Downloads

Published

2024-06-12

Issue

Section

Articles