PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI: MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN BERPIHAK KEPADA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN
Keywords:
Pembelajaran Berdiferensiasi, Peserta Didik, PPKnAbstract
Abstrak: Kurikulum Merdeka memiliki ciri khas sebagai pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik. Pembelajaran yang berpihak dimaknai sebagai pembelajaran yang dalam proses perencanan dan pelaksanaannya dilakukan sesuai kebutuhan belajar peserta didik Kebutuhan belajar peserta didik meliputi, kesiapan belajar peserta didik, minat belajar peserta didik, dan profil belajar peserta didik. Pembelajaran yang berpihak dapat diimplementasikan dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi menuntut guru untuk menemukan berbagai metode, media, sumber belajar yang dapat memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. Tujuan diadakanya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada materi keberagaman agama di Indonesia dan dampak pembelajaran berdiferensiasi bagi peserta didik. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi menjadikan peserta didik dapat berpartisipasi aktif, antusiasme peserta didik, memudahkan memahami materi pelajaran, serta mendapatkan nilai yang cukup memuaskan. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme peserta didik dalam mendengarkan penjelasan dari guru, menjawab pertanyaan dari guru, dan kerja kelompok.
References
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi implementasi kurikulum 2013 dan
kurikulum merdeka di sekolah dasar Kabupaten Garut. Jurnal basicedu, 6(4), 5877-5889.
https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3149
Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada
pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, 11(8), 1780-1793. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitianpgsd/article/view/54127
Hasibuan, A. T., Ananda, F., Mawaddah, M., Putri, R. M., & Siregar, S. R. A. (2022). Kreativitas Guru Menggunakan Metode
Pembelajaran Pkn Di Sdn 010 Hutapuli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9946-9956.
https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3997/3331
Jhon, L., & Alfiandra, A. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pembelajaran PPkn di SMP Negeri 33
Palembang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1713-1720.
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/12637/9700
Kemdikbud. (2020). Kepmendikbud Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan
dalam Kondisi Khusus. Www.Kemdikbud.Go.Id, 022651, 9
Lisnawati, L., Kuntari, S., & Hardiansyah, M. A. (2023). Peran Guru dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk
Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi. AS-SABIQUN, 5(6), 1677-1693.
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/assabiqun/article/view/4086/1946
Mahfudz, M. S. (2023). Pembelajaran berdiferesiasi dan penerapannya. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 533-543.
https://ejournal.nusantaraglobal.ac.id/index.php/sentri/article/view/534/533
Widyawati, R., & Rachmadyanti, P. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi IPS di Sekolah
Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 365-379. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnalpenelitian-pgsd/article/view/52775
Downloads
Published
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.