PEMANFAATAN HASIL ASESMEN DIAGNOSTIK DALAM PEMETAAN PESERTA DIDIK SEBAGAI UPAYA MENGURANGI EGOISME PADA SISWA KELAS IV SDN BARENG 1 KOTA MALANG

Authors

  • Moch Hamzah Qomarudin Universitas Negeri Malang
  • Rustanto Rahardi Universitas Negeri Malang

Keywords:

Asesmen Diagnostik, Egoisme, Siswa Kelas IV-A

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pemanfaatan hasil asesmen diagnostik dalam mengurangi egoisme pada siswa kelas IV-A di SDN Bareng 1 Kota Malang. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dan desain pra-eksperimental, intervensi dilakukan untuk memantau perubahan perilaku siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam interaksi sosial yang lebih inklusif dan kolaboratif, serta peningkatan kemampuan belajar siswa setelah program intervensi. Penelitian ini memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang kebutuhan dan potensi setiap siswa, serta menyimpulkan bahwa pemanfaatan asesmen diagnostik dapat efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan inklusif bagi semua peserta didik.

References

Azis, A. C. K., & Lubis, S. K. (2023). ASESMEN DIAGNOSTIK SEBAGAI PENILAIAN PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM

MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 20–29.

https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i2.6202

Creswell, J. W. (2016). Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (Edisi dalam Bahasa Indonesia). Pustaka

Belajar.

Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–

https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2233

Fatiha, M. C. (2022). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 10 Tangerang Selatan

Angkatan 2019 (bachelorThesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah

Jakarta. Diambil dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/62061

Hamid, A. (2020). PROFESIONALISME GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan,

(1), 1–17.

Izzaty, R. E. (2009). Setiap Anak Dapat Menjadi Bintang, yang Bersinar dengan Cara yang Unik dan Indah.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (19 ed.). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-06-12

Issue

Section

Articles