PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII
Keywords:
Model Two Stay Two Stray, Motivasi Belajar, KeaktifanAbstract
Abstrak:Berdasarkan hasil temuan observasi peneliti di SMP Negeri 5 Malang, siswa kelas VII B yang mengikuti mata pelajaran IPS terpadu dengan hasil belajar yang dirasa masih kurang baik, Terlihat kurang terlibatnya proses diskusi siswa ketika mengerjakan LKPD dan tidak adanya upaya penguasaan materi ketika mengikuti pembelajaran. Model pembelajaran terkadang membosankan sehingga berdampak terhadap keaktifan belajar siswa. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh menerapkan model pembelajaran two stay two stray terhadap peningkatan keaktifan siswa dalam proses diskusi, pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VII B. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini melalui pendekatan eksperimen guna mengetahui pengaruh model two stay two stray terhadap motivasi belajar siswa. Siswa kelas VII B dalam penelitian ini dijadikan subjek penelitian. Subjek yang diambil sebanyak 32 siswa. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 6 – 21 Maret 2024. Dari hasil temuan penelitian menunjukkan hasil yang positif, terdapat peningkatan hasil belajar dari penggunaan model two stay two stray. Penerapan model ini pada pelajaran IPS dianggap menarik bagi para siswa kelas VII B
References
Aliarti, R. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY - TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA
MATA PELAJARAN EKONOMI DISMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu
Ekonomi Akuntansi, 3(1). https://doi.org/10.31851/neraca.v3i1.3716
Gulo, I. A., & Laoli, B. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-A di
UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 549–559.
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18130
Kombong, I. P., Patang, & Rahman, K. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS)
Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI ATPH SMK Negeri 4 Gowa. COMPASS: Journal of Education and
Counselling, 1(3), 84–91. https://doi.org/10.58738/compass.v1i3.460
Nasution, E. S. (2024). METODOLOGI PENELITIAN.
Nugroho, S. (2022). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY-TWO
STRAY. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(3), 375–387.
https://doi.org/10.51878/science.v2i3.1551
Pohan, S. A. (2024). Model Two Stay Two Stray dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan ( PKN ).
Tazkiyah: Journal of Islamic Education, 1(2), 97–106.
Prihatin, S. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN
HASIL BELAJAR MENULIS TEKS DRAMA. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 2(7), 682–693.
https://doi.org/10.58344/locus.v2i7.1443
Rahman, N. F., Saleh, A. R., & Nurhayati. (2023). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran
Kooperatif Two Stay Two Stray. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 1082–1087.
Rusmiati, S. wellya pamungkas, Latifah, N., & Fadillah, A. A. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO
STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI KADU SEMPUR. Jurnal
Pendidikan Dasar, 14(01), 145–156. https://doi.org/10.21009/jpd.v14i01.37857
Sari, L. P. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DI
KELAS V MIS SAMBAY SIMEULUE. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY.
Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(5), 2024
Sundari, U. Y., Panudju, A. A. T., Nugraha, A. W., Purba, F., Erlina, Y., Nurbaiti, N., Kalalinggi, S. Y., Afifah, A., Suheria, Elsandika,
G., Setiawan, R. Y., Alfiyani, L., & Pereiz, Z. (2024). Metodologi penelitian.
Syahirah, N. (2023). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR
SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V MIN 29 ACEH BESAR. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY.
Syamsiah, S., & Gunansyah. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran
IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IVA SDN Simomulyo 8 Surabaya. Jpgsd, 02(1), 1–9.
Downloads
Published
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.