PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII

Authors

  • Zaki Nur Anas Universitas Negeri Malang
  • Dwiyono Hari Utomo Universitas Negeri Malang
  • Eny Anjarwati Universitas Negeri Malang

Keywords:

Model Two Stay Two Stray, Motivasi Belajar, Keaktifan

Abstract

Abstrak:Berdasarkan hasil temuan observasi peneliti di SMP Negeri 5 Malang, siswa kelas VII B yang mengikuti mata pelajaran IPS terpadu dengan hasil belajar yang dirasa masih kurang baik, Terlihat kurang terlibatnya proses diskusi siswa ketika mengerjakan LKPD dan tidak adanya upaya penguasaan materi ketika mengikuti pembelajaran. Model pembelajaran terkadang membosankan sehingga berdampak terhadap keaktifan belajar siswa. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh menerapkan model pembelajaran two  stay two stray terhadap peningkatan keaktifan siswa dalam proses diskusi, pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VII B. Metode kuantitatif digunakan dalam  penelitian ini melalui pendekatan eksperimen guna mengetahui pengaruh model two stay two stray terhadap motivasi belajar siswa. Siswa kelas VII B dalam penelitian ini dijadikan subjek penelitian. Subjek yang diambil sebanyak 32 siswa. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 6 – 21 Maret 2024. Dari hasil temuan penelitian menunjukkan hasil yang positif, terdapat peningkatan hasil belajar dari penggunaan model two stay two stray. Penerapan model ini pada pelajaran IPS dianggap menarik bagi para siswa kelas VII B

References

Aliarti, R. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY - TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA

MATA PELAJARAN EKONOMI DISMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu

Ekonomi Akuntansi, 3(1). https://doi.org/10.31851/neraca.v3i1.3716

Gulo, I. A., & Laoli, B. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-A di

UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 549–559.

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18130

Kombong, I. P., Patang, & Rahman, K. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS)

Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI ATPH SMK Negeri 4 Gowa. COMPASS: Journal of Education and

Counselling, 1(3), 84–91. https://doi.org/10.58738/compass.v1i3.460

Nasution, E. S. (2024). METODOLOGI PENELITIAN.

Nugroho, S. (2022). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY-TWO

STRAY. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(3), 375–387.

https://doi.org/10.51878/science.v2i3.1551

Pohan, S. A. (2024). Model Two Stay Two Stray dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan ( PKN ).

Tazkiyah: Journal of Islamic Education, 1(2), 97–106.

Prihatin, S. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN

HASIL BELAJAR MENULIS TEKS DRAMA. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 2(7), 682–693.

https://doi.org/10.58344/locus.v2i7.1443

Rahman, N. F., Saleh, A. R., & Nurhayati. (2023). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran

Kooperatif Two Stay Two Stray. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 1082–1087.

Rusmiati, S. wellya pamungkas, Latifah, N., & Fadillah, A. A. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO

STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI KADU SEMPUR. Jurnal

Pendidikan Dasar, 14(01), 145–156. https://doi.org/10.21009/jpd.v14i01.37857

Sari, L. P. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DI

KELAS V MIS SAMBAY SIMEULUE. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY.

Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(5), 2024

Sundari, U. Y., Panudju, A. A. T., Nugraha, A. W., Purba, F., Erlina, Y., Nurbaiti, N., Kalalinggi, S. Y., Afifah, A., Suheria, Elsandika,

G., Setiawan, R. Y., Alfiyani, L., & Pereiz, Z. (2024). Metodologi penelitian.

Syahirah, N. (2023). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR

SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V MIN 29 ACEH BESAR. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY.

Syamsiah, S., & Gunansyah. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran

IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IVA SDN Simomulyo 8 Surabaya. Jpgsd, 02(1), 1–9.

Downloads

Published

2024-06-12

Issue

Section

Articles