PENERAPAN METODE ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN GOTONG ROYONG PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS 5

Authors

  • Novia Siska Puspita Sari Universitas Negeri Malang
  • Candra Utama Universitas Negeri Malang
  • Elly Fithriyanasari Universitas Negeri Malang

Keywords:

Role Playing, Mutual Cooperation, Canva

Abstract

Abstract: Pendidikan formal memiliki tanggung jawab khusus dalam membentuk karakter siswa, termasuk menanamkan nilai-nilai sosial seperti kerja sama. Topik ekonomi-ekonomi dalam kurikulum kelas 5 SD memberikan kesempatan yang baik untuk memperkenalkan konsep kerja sama, karena melibatkan interaksi antar individu dalam masyarakat. Berdasarkan pengamatan di SDN 1 Kauman Malang, siswa menunjukkan kurang aktif, dan ada kelompok sosial yang menghambat guru dalam menanamkan nilai kerja sama. Oleh karena itu, metode pengajaran yang inovatif diperlukan untuk meningkatkan kepedulian dan kerjasama di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas penerapan metode bermain peran dengan menggunakan media Canva untuk untuk meningkatkan sikap kerja sama. Data dianalisis secara kualitatif melalui observasi partisipatif, analisis konten, pra dan pasca bermain peran kuesioner, serta refleksi dan diskusi kelompok. Temuan menunjukkan bahwa dari 28 siswa di kelas 5 SDN Kauman 1 Malang, 71,4 memenuhi keempat aspek, 17,8 persen memenuhi tiga aspek, dan 10,7 persen memenuhi kriteria penilaian kerja sama.

References

Alim Amri, N. (2017). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi (Bahasa Ekspresif) Anak Taman

Kanak-Kanak Raudhatul Athfal Alauddin Makassar. PEMBELAJAR : Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan

Pembelajaran, 1(2), 105–110. ISSN: 2549-9114.

Elias, M. J., & Arnold, H. (2006). The Educator's Guide to Emotional Intelligence and Academic Achievement: Social-Emotional

Learning in the Classroom*. Corwin Press.

Greene, J. O., & Burleson, B. R. (2003). Handbook of Communication and Social Interaction Skills. Psychology Press.

Gass, R. H., & Seiter, J. S. (1999). Persuasion, Social Influence, and Compliance Gaining (2nd ed.). Allyn & Bacon.

Jas, J., Achmad, S., & Alvi, R. R. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Role Playing dalam. Journal of Nonformal Education

and Community Empowerment, 4(2), 148–159. https://doi.org/10.15294/pls.v4i2.43318.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1999). *Learning Together and Alone: Cooperative, Competitive, and Individualistic Learning*

(5th ed.). Boston: Allyn and Bacon.

Kertia SMK Negeri, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Siswa Kelas X AP1 Pada Pelajaran PPKn. JP2, 2(1). ISSN: 2614-3909.

Maya Dewi, P., & Pristiyono. (2016). Pengaruh Keterlibatan Kerja, Lingkungan Kerja dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja

Karyawan Pada Pt Tolan Tiga Indonesia Perlabian Labuhanbatu Selatan. Jurnal Ecobisma, 3(2), 48-58.

Rahmadani, U. (2018). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Kelompok B Di Tk

Negeri Pembina Pagaruyung. Skripsi. IAIN Batusangkar (Batusangkar): 1-84.

Rampengan, M. J. (1997). Faktor-Faktor Penentu dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa. PGSD IKIP Manado. Jurnal

MK IKIP Manado, 2(1), September.

Widodo, J. (2018). Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Tinjauan Konseptual. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan,

(2), 123-135.

Zahara, R., Fauzi, T., & Sari, M. (2023). Upaya Meningkatkan Sifat Gotong Royong Anak Usia Dini dalam Bermain Peran Di Tk

Kenten Permai. Jurnal Lentera Pedagogi, 6(2), 71–79. http://journal.unbara.ac.id/index.php/fkipakad. ISSN: 2597-

Downloads

Published

2024-06-12

Issue

Section

Articles