PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VIII

Authors

  • Fifty Dias Antika Nia Universitas Negeri Malang
  • Susriyati Mahanal Universitas Negeri Malang
  • Ervan Dwi Yuliaristiawan Universitas Negeri Malang

Keywords:

Model pembelajaran, Team Games Tournament, IPA

Abstract

Abstrak: Strategi yang dapat dilakukan oleh guru untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dengan gaya belajar kinestetik yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model pembelajaran TGT pada pembelajaran IPA di kelas VIII E SMP Brawijaya Smart School. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek sejumlah 26 peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik semangat dan antusias untuk mempertahankan kemenangan kelompok, peserta didik termotivasi untuk belajar lebih giat dan tumbuh sikap tanggung jawab, hasil belajar peserta didik yang memuaskan, dan suasana belajar menjadi lebih menyenangkan serta kompetitif.

References

Adiputra dan Heryadi. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams

Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD Vol. V, No.2. Online

(https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/11308)

Damayanti, D. 2022. Pentingnya Pendidikan bagi Bangsa. Tesis. Online (https://doi.org/10.31237/osf.io/rbm42)

Indrastoeti, dkk 2015. Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Experiental Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan

Sosial. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar. Vol. 2, No. 2.

Makkawaru. 2019. Pentingnya pendidikan bagi kehidupan dan pendidikan karakter dalam dunia Pendidikan. Jurnal Konsepsi,

Vol. 8,No. 2. Online (https://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/87)

Najamudin, N. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PAI Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Teams Games

Tournament (TGT) Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Woha Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal

Pendidikan Mandala, 5(6). Online (https://doi.org/10.36312/jupe.v5i6.1641)

Suparmini, 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar.

Journal of Education Action Research, Vol. 5, No.1. Online

(https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/31559)

Siswanto, 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Auditorial, Intelectually, Repetition(Air) Untuk

Meningkatkan Pemecahan Masalah Siswasmk Kelas XI. Journal On Education, Vol. 1, No.1. Online

(https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/12)

Taufik, 2019. Analisis Karakteristik Peserta Didik. Jurnal El-Ghiroh. Vol. 16, No. 01. Online

(https://www.jurnal.staibsllg.ac.id/index.php/el-ghiroh/article/view/71)

Yunitasari dan Suharyat, 2022. Penerapan Model Team Games Tournament Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di

SMA Negeri 8 Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 1, No. 3. Online

(https://ejurnal.stpkat.ac.id/index.php/jpkm/article/view/18)

Downloads

Published

2024-06-12

Issue

Section

Articles