PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VIII
Keywords:
Model pembelajaran, Team Games Tournament, IPAAbstract
Abstrak: Strategi yang dapat dilakukan oleh guru untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dengan gaya belajar kinestetik yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model pembelajaran TGT pada pembelajaran IPA di kelas VIII E SMP Brawijaya Smart School. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek sejumlah 26 peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik semangat dan antusias untuk mempertahankan kemenangan kelompok, peserta didik termotivasi untuk belajar lebih giat dan tumbuh sikap tanggung jawab, hasil belajar peserta didik yang memuaskan, dan suasana belajar menjadi lebih menyenangkan serta kompetitif.
References
Adiputra dan Heryadi. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams
Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD Vol. V, No.2. Online
(https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/11308)
Damayanti, D. 2022. Pentingnya Pendidikan bagi Bangsa. Tesis. Online (https://doi.org/10.31237/osf.io/rbm42)
Indrastoeti, dkk 2015. Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Experiental Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan
Sosial. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar. Vol. 2, No. 2.
Makkawaru. 2019. Pentingnya pendidikan bagi kehidupan dan pendidikan karakter dalam dunia Pendidikan. Jurnal Konsepsi,
Vol. 8,No. 2. Online (https://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/87)
Najamudin, N. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PAI Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Teams Games
Tournament (TGT) Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Woha Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal
Pendidikan Mandala, 5(6). Online (https://doi.org/10.36312/jupe.v5i6.1641)
Suparmini, 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar.
Journal of Education Action Research, Vol. 5, No.1. Online
(https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/31559)
Siswanto, 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Auditorial, Intelectually, Repetition(Air) Untuk
Meningkatkan Pemecahan Masalah Siswasmk Kelas XI. Journal On Education, Vol. 1, No.1. Online
(https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/12)
Taufik, 2019. Analisis Karakteristik Peserta Didik. Jurnal El-Ghiroh. Vol. 16, No. 01. Online
(https://www.jurnal.staibsllg.ac.id/index.php/el-ghiroh/article/view/71)
Yunitasari dan Suharyat, 2022. Penerapan Model Team Games Tournament Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di
SMA Negeri 8 Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 1, No. 3. Online
(https://ejurnal.stpkat.ac.id/index.php/jpkm/article/view/18)
Downloads
Published
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.