PENINGKATAN LITERASI SISWA MELALUI PROJEK FESTIVAL LITERASI PADA SEKOLAH SMP BAHRUL MAGHFIROH KOTA MALANG

Authors

  • Muhammad Irfan Hakim Universitas Negeri Malang

Keywords:

Projek Festival Literasi, Literasi Siswa, SMP Bahrul Maghfiroh

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk medeskripsikan (1) perencanaan projek festival literasi, (2) pelaksanaan projek festival literasi, (3) faktor pendukung dan faktor penghambat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu (1) perencanaan projek festival literasi di SMP Bahrul Maghfiroh berorientasi pengembangan pembelajaran berinovasi di literasi, perencanaan pelaksanaan projek dalam rangka memperingati bulan bahasa.  Perencanaan projek diuraikanan dan disetujui oleh beberapa pihak yang bersangkutan dengan melihat kondisi sekolah sebagai tempat program, termuat lomba mewarnai, lomba cerdas cermat, dan lomba membuat puisi dan membaca puisi. (2) pelaksanaan projek festival literasi termuat 3 perlombaan berjalan dengan baik. Lomba mewarnai bertujuan menumbuhkan daya kreatifitas, imajinasi, dan pola berfikir peserta didik, lomba cerdas cermat dengan mewujudkan peningkatkan dan ketangkasan berpikir pengetahuan umum dan pengetahuan literasi membaca serta terjalin kerjasama team, dan lomba mambuat dan membaca puisi bertujuan mewadahi dan menumbuhkan potensi belajar secara langsung dengan menerapakan model literasi 6 ME (3) faktor pendukung terdiri dari pemerintah dan sarana prasaran teknisi keterlaksana projek festival literasi. dan faktor penghambat beracuan dari basic keterlaksanaan projek festival literasi, sekolah, dan peserta didik.

References

Annisa, A. A., Kirana, H., Ristanury, T. S., Hilman, D. R., Angreini, A., Melisa, P., & Ardianto, F., (2022). Lietrasi, Numerasi, dan

Adaptasi Teknologi Kampus Mengajar 2 Di Sekolah Dasar Negeri 1 Sumbawa Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatra

Selatan. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (1), 60.

Dini, A. R., & Syahidul, H. M., 2021. Sarana Dan Prasarana dalam mendukung pembelajaran daring pada masa pandemi Covid19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. 09 (01) 192.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan

Kebudayaan.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2021). Buku Saku Aktivitas Guru penggerak literasi. Jakarta: Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi . (2023). Buku Panduan Kampus Mengajar. Program Kampus Mengajar. Jakarta:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Fadilah, I. R. S. 2018. Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah Pada Permendikbud No. 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan

Budi Pekerti. AL- BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10 (01), 94.

Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(5), 2024

Fath, Ayatullah Muhammadin Al. 2020. Membudayakan Literasi di Sekolah Dasar Negeri 2 Karanggede Kec. Arjosari, Kab.

Pacitan dengan Menggunakan Program (6-ME). oai:ojs2.ejournal.stkippacitan.ac.id:article/304,

diakses pada 12 November 2023.

Febrianti, P. N. W., & Didiek, T. (2022). Upaya Dalam Meningkatkan Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Teknologi Siswa melalui

Program Kampus Mengajar 4 di SMP Widya Gama Mojosari. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4 (1), 129-130.

Gysta, D. S. H., Nasution, F., SumantiNst, E., & Alparis, S. S., 2022. Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal

Basiedu. 6 (2) 2091.

Hikmat, Arkon. 2009. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Kementrian Pendidikan, Kebudayaaan, Riset, dan Teknologi. Pedoman Pelaksanaaan Gerakan Nasional Lietrasi Bangsa. 2016.

Buku Panduan Gerakan Nasional Lietrasi Bangsa.

Noerbella, D. 2022. Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi dan

Numerasi Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendas. 8 (2). 485.

Puteri, D. D.Y., & Prohantini. 2020. Rumusan Visi Misi dan Konsistensinya Terhadap Kultur Sekolah. Intelektiva: Jurnal

Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2 (2).

Rosita, D. A., & Damayanti, R. (2021). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Perintis Pada Sekolah Dasar Terdampak

Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2 (1), 42-49.

Sidiq. U., Choiri. M. 2019. Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.

Warsidah,. Amir, A., Linda, R., Sofiana, M. S. J., & Satyahadewi, N. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Dan Adaptasi

Teknologi Melalui Program Kampus Mengajar Di Sekolah Daasae No 5 Sejajah Kabupaten Bengkayang: Jurnal

Pendidikan Dasae Perkasa (JPDP) 8 (2), 168.

Wiedarti, Pangesti, dkk.2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan.

Downloads

Published

2024-06-12

Issue

Section

Articles