PENINGKATAN LITERASI SISWA MELALUI PROJEK FESTIVAL LITERASI PADA SEKOLAH SMP BAHRUL MAGHFIROH KOTA MALANG
Keywords:
Projek Festival Literasi, Literasi Siswa, SMP Bahrul MaghfirohAbstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk medeskripsikan (1) perencanaan projek festival literasi, (2) pelaksanaan projek festival literasi, (3) faktor pendukung dan faktor penghambat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu (1) perencanaan projek festival literasi di SMP Bahrul Maghfiroh berorientasi pengembangan pembelajaran berinovasi di literasi, perencanaan pelaksanaan projek dalam rangka memperingati bulan bahasa. Perencanaan projek diuraikanan dan disetujui oleh beberapa pihak yang bersangkutan dengan melihat kondisi sekolah sebagai tempat program, termuat lomba mewarnai, lomba cerdas cermat, dan lomba membuat puisi dan membaca puisi. (2) pelaksanaan projek festival literasi termuat 3 perlombaan berjalan dengan baik. Lomba mewarnai bertujuan menumbuhkan daya kreatifitas, imajinasi, dan pola berfikir peserta didik, lomba cerdas cermat dengan mewujudkan peningkatkan dan ketangkasan berpikir pengetahuan umum dan pengetahuan literasi membaca serta terjalin kerjasama team, dan lomba mambuat dan membaca puisi bertujuan mewadahi dan menumbuhkan potensi belajar secara langsung dengan menerapakan model literasi 6 ME (3) faktor pendukung terdiri dari pemerintah dan sarana prasaran teknisi keterlaksana projek festival literasi. dan faktor penghambat beracuan dari basic keterlaksanaan projek festival literasi, sekolah, dan peserta didik.
References
Annisa, A. A., Kirana, H., Ristanury, T. S., Hilman, D. R., Angreini, A., Melisa, P., & Ardianto, F., (2022). Lietrasi, Numerasi, dan
Adaptasi Teknologi Kampus Mengajar 2 Di Sekolah Dasar Negeri 1 Sumbawa Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatra
Selatan. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (1), 60.
Dini, A. R., & Syahidul, H. M., 2021. Sarana Dan Prasarana dalam mendukung pembelajaran daring pada masa pandemi Covid19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. 09 (01) 192.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2021). Buku Saku Aktivitas Guru penggerak literasi. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi . (2023). Buku Panduan Kampus Mengajar. Program Kampus Mengajar. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Fadilah, I. R. S. 2018. Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah Pada Permendikbud No. 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan
Budi Pekerti. AL- BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10 (01), 94.
Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(5), 2024
Fath, Ayatullah Muhammadin Al. 2020. Membudayakan Literasi di Sekolah Dasar Negeri 2 Karanggede Kec. Arjosari, Kab.
Pacitan dengan Menggunakan Program (6-ME). oai:ojs2.ejournal.stkippacitan.ac.id:article/304,
diakses pada 12 November 2023.
Febrianti, P. N. W., & Didiek, T. (2022). Upaya Dalam Meningkatkan Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Teknologi Siswa melalui
Program Kampus Mengajar 4 di SMP Widya Gama Mojosari. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4 (1), 129-130.
Gysta, D. S. H., Nasution, F., SumantiNst, E., & Alparis, S. S., 2022. Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal
Basiedu. 6 (2) 2091.
Hikmat, Arkon. 2009. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Kementrian Pendidikan, Kebudayaaan, Riset, dan Teknologi. Pedoman Pelaksanaaan Gerakan Nasional Lietrasi Bangsa. 2016.
Buku Panduan Gerakan Nasional Lietrasi Bangsa.
Noerbella, D. 2022. Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi dan
Numerasi Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendas. 8 (2). 485.
Puteri, D. D.Y., & Prohantini. 2020. Rumusan Visi Misi dan Konsistensinya Terhadap Kultur Sekolah. Intelektiva: Jurnal
Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2 (2).
Rosita, D. A., & Damayanti, R. (2021). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Perintis Pada Sekolah Dasar Terdampak
Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2 (1), 42-49.
Sidiq. U., Choiri. M. 2019. Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.
Warsidah,. Amir, A., Linda, R., Sofiana, M. S. J., & Satyahadewi, N. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Dan Adaptasi
Teknologi Melalui Program Kampus Mengajar Di Sekolah Daasae No 5 Sejajah Kabupaten Bengkayang: Jurnal
Pendidikan Dasae Perkasa (JPDP) 8 (2), 168.
Wiedarti, Pangesti, dkk.2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.