PENGHAYATAN SIMBOLISME NILAI PANCASILA DAN KEBHINEKATUNGGALIKAAN SEBAGAI PENGUATAN IDENTITAS PROFIL PELAJAR PANCASILA: EKOSISTEM SMP NEGERI 24 MALANG

Authors

  • Salsabila Firdausi Nuzula Universitas Negeri Malang
  • Yurina Gusanti Universitas Negeri Malang
  • Risa Septyana Universitas Negeri Malang
  • Rizky Eka Damayanti Universitas Negeri Malang

Keywords:

Penghayatan Simbolisme Pancasila, Penghayatan, KebhinekatunggalIkaan, Identitas Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Abstrak: Proses pembentukan karakter Profil Pelajar Pancasila sebagai penguatan tumbuh berkembang menjadi manusia Indonesia seutuhnya dapat dilakukan dengan menerapkan penghayatan simbolisme nilai pancasila dan kebhinekatunggalikaan dalam lingkup satuan pendidikan. Tentu hal ini selaras dengan dasar Pendidikan Nasional khas pemikiran Ki Hajar Dewantara, saat ini dikemas dalam rupa Kurikulum Merdeka. Karenanya tujuan penelitian ini untuk menganalisis deskriptif himpunan berbagai kajian literatur pustaka mengenai esensi penghayatan nilai Pancasila dan KebhinekatunggalIkaan dalam rangka meningkatkan pemahaman implementasi akan identitas manusia Indonesia yang dilakukan di SMP Negeri 24 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur review yang melibatkan analisis sumber-sumber seperti buku, jurnal, artikel, dan pustaka-pustaka lainnya. Dari hasil penelitian ini, diketahui bahwa penanaman nilai Pancasila dan KebhinekatunggalIkaan memiliki peran signifikan dalam membimbing serta mempertahankan eksistensi identitas generasi pembelajar. Hal ini turut memperkuat moralitas dan etika masyarakat melalui pendidikan karakter berbasis Pancasila dan KebhinekatunggalIkaan, sehingga mampu menjaga integritas Indonesia di tengah arus globalisasi yang semakin kompleks. Semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" yang terpatri dalam lambang Negara Republik Indonesia menegaskan bahwa meski beragam namun tetap satu kesatuan. Pendidikan karakter yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Profil Pelajar Pancasila menjadi landasan dalam mengimplementasikan nilai-nilai kebhinekaan dan Pancasila di SMP Negeri 24 Malang. Sebagai contoh di SMP Negeri 24 Malang, nilai-nilai tersebut tercermin melalui berbagai kegiatan seperti giat keagamaan, program sedekah sampah, program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), giat upacara bendera, serta sosialisasi giat penolakan terhadap segala bentuk diskriminasi dan rasisme. Melalui pendekatan ini diharapkan mampu tercipta masyarakat pembelajar yang pluralis, namun tetap kokoh dalam persatuan sesuai dengan semangat Profil Pelajar Pancasila dalam bingkai Kebhinekatunggalikaan.

References

Adha, M. M., & Susanto, E. (2020). Kekuatan Nilai-nilai Pancasila dalam Membangun Kepribadian Masyarakat Indonesia. AlAdabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 121–138. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.319

Derici, R. M., & Ermayanti, E. (2023). Penghayatan Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sma

Negeri 10 Palembang. Research and Development Journal of Education, 9(1), 396.

https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.16902

Faturrahman, F., Setiawan, F., Astuti, W. D., & Khasanah, K. (2022). Analisis Kebijakan Program Penguatan Pendidikan

Karakter. Tsaqofah, 2(4), 466–474. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i4.469

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa.

(1), 1224–1238.

Ki Hajar Dewantara. (1977). Bagian Pertama: Pendidikan (Vol. 1).

Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(5), 2024

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617

Muslich, M. (2022). Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.

Nafaridah, T., Ahmad, A., Maulidia, L., Ratumbuysang, M., & Kesumasari, E. M. (2023). Analisis Kegiatan P5 sebagai Penerapan

Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Era Digital di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Seminar Nasional

PROSPEK II, Prospek Ii, 84–97.

Nurfadlilah, H. (2023). Penanaman Nilai Pancasila sebagai Identitas Manusia Indonesia di SDN Siwalankerto II Surabaya.

National Conference for Ummah, 1(1), 44–50.

https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1152/602

Ramadanti, R. (2022). Penghayatan Nilai Kebhinekatunggalikaan dan Pancasila yang Diterapkan Di SMAN 10 Palembang.

Jurnal Pengabdian West Science, 01(01), 71–78. https://wnj.westsciencepress.com/index.php/jpws/article/view/113/61

Rizki, A. M., & Djufri, R. A. (2019). Pengaruh Efektivitas Pembelajaran Bhineka Tunggal Ika Terhadap Angka Rasisme dan

Diskriminasi di Indonesia 2019. Penelitian Agama, 6(1), 19–32.

Safitri, Andriani, Dwi Wulandari, Y. T. H. (2022). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Safitri Anggita Tunjung Sari, Misnawati Misnawati, Rusdiansyah Rusdiansyah, Lutfi Aji Taufandy, Sri Maya, & Riwi Nitiya.

(2023). Pancasila Sebagai Entitas Dan Identitas Bangsa Indonesia Dan Perwujudannya Di SMAN 5 Palangka Raya.

Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(1), 152–170. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i1.634

Seni, D. A. N., Pada, B., & Merdeka, K. (2023). This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 CC

BY-SA International License. 14(2), 649–666.

Utami, D., Susanti, R., & Meilinda. (2023). Implementasi Bhinneka Tunggal Ika Dan Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Identitas

Manusia Indonesia Di Sekolah. Jurnal Pengabdian West Science, 2(01), 14–24. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i01.130

Zuhrika, A., Suryani, A., Putri, A. A., Kurnia, A., & Safira, A. (2024). Pancasila sebagai Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia dan

Perwujudan Profil Pelajar Pancasila pada Pendidikan yang Berpihak pada Peserta Didik dalam Pendidikan Abad ke-21.

KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 3(1), 41–49.

Downloads

Published

2024-06-12

Issue

Section

Articles