ANALISIS COMPUTATIONAL THINKING PONDASI DEKOMPOSISI SISWA SMP KELAS 7 PADA PEMBELAJARAN MODEL PROJECT BASED LEARNING

Authors

  • Saif Aiman Farid Universitas Negeri Malang
  • Indriati Nurul Hidayah Universitas Negeri Malang

Keywords:

Computational thinking, Dekomposisi, Proyek

Abstract

Abstrak: Pembelajaran di Indonesia berupaya untuk meningkatkan dan mempersiapkan generasi muda. Keterampilan berfikir juga harus dimiliki generasi cerdas, seperti melatih peserta didik untuk selalu berfikir kritis dalam menghadapi setiap permasalahan (Yokhebed, 2019). Maka guru harus menyediakan pembelajaran yang mampu mengembangkan cara berfikir peserta didik dalam menghadapi permasalahan yang kontekstual tersebut. Salah satu pembelajaran yang kontekstual adalah dengan projectbased learning (PjBL), yang kemudian disisipkan Computational thinking (CT) di dalamnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, 32 siswa dibagi menjadi 5 kolompok di kelas 7 SMPN 6 Malang dengan karakteristik responden pernah mendapatkan pengalaman belajar PjBL terintegrasi CT. teknik dalam menentukan responden adalah dengan random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan mengerjakan tes dan Wawancara mengenai pondasi dekomposisi dalam pemecahan masalah. Instrument yang digunakan adalah lembar kerja peserta didik yang sudah divalidasi oleh guru pamong. Hasil yang diperoleh menunjukkan penyelesaian sintaks PjBL yang sudah menerapkan CT dan menyelesaikan pemasalahan dengan mudah.

References

Anistyasari, Y., Ekohariadi, E., & Munoto, M. (2020). Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemrograman

Dan Berpikir Komputasi: Sebuah Studi Literatur. Journal of Vocation and Technical Education, 2(2), 37–44.

Ansori, M. (2020). Pemikiran Komputasi (Computational Thinking) dalam Pemecahan Masalah. DIRASAH, 3(1).

https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah

Dekomposisi

Abstraksi

Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(5), 2024

Fitria Rahayu, I., & Noor Aini, I. (2021). Analisi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siwa Smp Pada Materi Bilangan

Bulat. MAJU, 8(2), 60–66.

Hapidah, D. (2016). Penggunaan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bagian-Bagian

Utama Tubuh Hewan Dan Kegunaannya Di Kelas Ii Sdn Kulur I Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka. Jurnal

Cakrawala Pendas, 2(1), 14–21.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu

Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Lukman, L., Agustina, R., & Aisy, R. (2023). Problematika Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Untuk Pembelajaran Di

Kalangan Mahasiswa STIT Pemalang. Jurnal Madaniyah, 13(2), 242–2455.

Megawati, A. T., Sholihah, M., Limiansih, K., & Sanata Dharma, U. (2023). Implementasi Computational thinking dalam

Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 9(2), 96–103.

http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD

Ningsih, S., & Shanie, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah

Dasar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 52–61. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v8i1.10126

Rich, P. J., Egan, G., & Ellsworth, J. (2019). A framework for decomposition in computational thinking. Annual Conference on

Innovation and Technology in Computer Science Education, ITiCSE, 416–421.

https://doi.org/10.1145/3304221.3319793

Rosali, D. F., & Suryadi, D. (2021). An Analysis of Students’ Computational Thinking Skills on The Number Patterns Lesson

during The Covid-19 Pandemic. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 11(2), 217–232.

https://doi.org/10.30998/formatif.v11i2.9905

Sopian, A. (2016). Tugas, Peran dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. Jurnal Tarbiah Islamiah, 1(1), 88–97.

Susanti, R. D., & Taufik, M. (2021). Analysis of Student Computational Thinking in Solving Social Statistics Problems. SJME

(Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4376

Triastuti, E. (2020). Model Pembelajaran Stem Pjbl Pada Pembuatan Ice Cream Melatih Keterampilan Berfikir Kreatif Dan

Wirausaha. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 67–74.

Yang, D., Baek, Y., Ching, Y. H., Swanson, S., Chittoori, B., & Wang, S. (2021). Infusing Computational Thinking in an Integrated

STEM Curriculum: User Reactions and Lessons Learned. European Journal of STEM Education, 6(1).

https://doi.org/10.20897/ejsteme/9560

Yokhebed, Y. (2019). Profile of 21st Century Competency: Communication, Creativity, Collaboration, Critical Thinking at

Prospective Biology Teachers. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 8(2), 94–97.

Yuntawati, Y., Sanapiah, sanapiah, & Abdul Aziz, L. (2021). Analisis Kemampuan Computational Thinking Mahasiswa Dalam

Menyelesaikan Masalah Matematika. Media Pendidikan Matematika, 9(1), 34–42. https://ejournal.undikma.ac.id/index.php/jmpm

Downloads

Published

2024-06-12

Issue

Section

Articles