ANALISIS COMPUTATIONAL THINKING PONDASI DEKOMPOSISI SISWA SMP KELAS 7 PADA PEMBELAJARAN MODEL PROJECT BASED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.17977/um063v4i5p2Keywords:
Computational thinking, Dekomposisi, ProyekAbstract
Abstrak: Pembelajaran di Indonesia berupaya untuk meningkatkan dan mempersiapkan generasi muda. Keterampilan berfikir juga harus dimiliki generasi cerdas, seperti melatih peserta didik untuk selalu berfikir kritis dalam menghadapi setiap permasalahan (Yokhebed, 2019). Maka guru harus menyediakan pembelajaran yang mampu mengembangkan cara berfikir peserta didik dalam menghadapi permasalahan yang kontekstual tersebut. Salah satu pembelajaran yang kontekstual adalah dengan projectbased learning (PjBL), yang kemudian disisipkan Computational thinking (CT) di dalamnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, 32 siswa dibagi menjadi 5 kolompok di kelas 7 SMPN 6 Malang dengan karakteristik responden pernah mendapatkan pengalaman belajar PjBL terintegrasi CT. teknik dalam menentukan responden adalah dengan random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan mengerjakan tes dan Wawancara mengenai pondasi dekomposisi dalam pemecahan masalah. Instrument yang digunakan adalah lembar kerja peserta didik yang sudah divalidasi oleh guru pamong. Hasil yang diperoleh menunjukkan penyelesaian sintaks PjBL yang sudah menerapkan CT dan menyelesaikan pemasalahan dengan mudah.
References
Anistyasari, Y., Ekohariadi, E., & Munoto, M. (2020). Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemrograman
Dan Berpikir Komputasi: Sebuah Studi Literatur. Journal of Vocation and Technical Education, 2(2), 37–44.
Ansori, M. (2020). Pemikiran Komputasi (Computational Thinking) dalam Pemecahan Masalah. DIRASAH, 3(1).
https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah
Dekomposisi
Abstraksi
Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(5), 2024
Fitria Rahayu, I., & Noor Aini, I. (2021). Analisi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siwa Smp Pada Materi Bilangan
Bulat. MAJU, 8(2), 60–66.
Hapidah, D. (2016). Penggunaan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bagian-Bagian
Utama Tubuh Hewan Dan Kegunaannya Di Kelas Ii Sdn Kulur I Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka. Jurnal
Cakrawala Pendas, 2(1), 14–21.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu
Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10
Lukman, L., Agustina, R., & Aisy, R. (2023). Problematika Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Untuk Pembelajaran Di
Kalangan Mahasiswa STIT Pemalang. Jurnal Madaniyah, 13(2), 242–2455.
Megawati, A. T., Sholihah, M., Limiansih, K., & Sanata Dharma, U. (2023). Implementasi Computational thinking dalam
Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 9(2), 96–103.
http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD
Ningsih, S., & Shanie, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah
Dasar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 52–61. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v8i1.10126
Rich, P. J., Egan, G., & Ellsworth, J. (2019). A framework for decomposition in computational thinking. Annual Conference on
Innovation and Technology in Computer Science Education, ITiCSE, 416–421.
https://doi.org/10.1145/3304221.3319793
Rosali, D. F., & Suryadi, D. (2021). An Analysis of Students’ Computational Thinking Skills on The Number Patterns Lesson
during The Covid-19 Pandemic. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 11(2), 217–232.
https://doi.org/10.30998/formatif.v11i2.9905
Sopian, A. (2016). Tugas, Peran dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. Jurnal Tarbiah Islamiah, 1(1), 88–97.
Susanti, R. D., & Taufik, M. (2021). Analysis of Student Computational Thinking in Solving Social Statistics Problems. SJME
(Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4376
Triastuti, E. (2020). Model Pembelajaran Stem Pjbl Pada Pembuatan Ice Cream Melatih Keterampilan Berfikir Kreatif Dan
Wirausaha. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 67–74.
Yang, D., Baek, Y., Ching, Y. H., Swanson, S., Chittoori, B., & Wang, S. (2021). Infusing Computational Thinking in an Integrated
STEM Curriculum: User Reactions and Lessons Learned. European Journal of STEM Education, 6(1).
https://doi.org/10.20897/ejsteme/9560
Yokhebed, Y. (2019). Profile of 21st Century Competency: Communication, Creativity, Collaboration, Critical Thinking at
Prospective Biology Teachers. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 8(2), 94–97.
Yuntawati, Y., Sanapiah, sanapiah, & Abdul Aziz, L. (2021). Analisis Kemampuan Computational Thinking Mahasiswa Dalam
Menyelesaikan Masalah Matematika. Media Pendidikan Matematika, 9(1), 34–42. https://ejournal.undikma.ac.id/index.php/jmpm
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.