UPAYA PENGUATAN KARAKTER KEBHINEKAAN GLOBAL MELALUI BUDAYA SEKOLAH SDN KESATRIAN 1 KOTA MALANG

Authors

  • Reksa Dwi Fernanda Universitas Negeri Malang
  • Sri Estu Wahyuni Universitas Negeri Malang

Keywords:

Pendidikan, Karakter, Kebhinekaan

Abstract

Abstrak: Berdasarkan analisis yang dilakukan di sekolah, penelitian ini berfokus pada penggalian informasi berdasarkan data yang diperoleh melalui literatur ataupun sumber yang relevan yang bertujuan untuk mengetahui upaya penguatan kebhinekaan global melalui budaya sekolah di SDN Kesatrian 1 Kota Malang. Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan diperoleh kesimpulan (1) Penguatan karakter kebhinekaan global berdasarkan budaya sekolah adalah budaya 5 S yaitu senyum, sopan salam,santun dan sapa. Kemudian menggunakan bahasa indonesia di lingkup sekolah. Dan rolling bangku atau pergantian tempat duduk. (2) penguatan karakter melalui mengenal dan menghargai budaya yaitu diantaranya adalah lomba budaya kemudian proyek P5 dan melalui pembelajaran pendidikan pancasila. (3) Penguatan karakter melalui aspek interaksi dan komunikasi yaitu penerapan bahasa indonesia sebagai bahasa wajib di lingkungan sekolah. (4) kemudian penguatan karakter dari aspek tanggung jawab diantaranya adalah penerapan kurikulum merdeka di lingkungan sekolah. Hal ini dapat dimaknai bahwa penerapan kurikulum merdeka utamanya pada profil pelajar pancasila yang terdiri dari enam karakter merupakan bentuk penguatan karakter kebhinekaan global.

References

Chan, F., Kurniawan, A. R., . N., Herawati, N., Efendi, R. N., & Mulyani, J. S. (2019). Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas di

Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 3(4), 439. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21749

Hambali. (2008). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran. Simbiosa Rekatama Media.

Hariyanto, M. S. dan. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. PT. Remaja Rosda Karya.

Indarwati, E. (2020). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Peserta didik Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah.

Media Manajemen Pendidikan, 3(2), 163. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i2.4438

Nisa. (2022). Implementasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 Berorientasi kurikulum Merdeka Pada pembelajaran Projek

Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Al-falah Deltasari Sidoarjo.

Sabanil, S., Sarifah, I., & Irnaningtyas, I. (2022). Peran Guru dalam Pelaksanaan Hidden Curriculum untuk Menumbuhkan

Karakter Kebhinekaan Global Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6567–6579.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3306

Sadirma, A. (2010). Problematika Dalam Pendidikan Karakter.

Sufanti. (2021). Cerita Pendek Berlatar Pandemi Covid 19 Sebagai Bahan Edukasi Karakter Kebhinekaan Global.

Supraptiningrum, & Agustini. (2015). Membangun Karakter Peserta didik Melalui Budaya Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal

Pendidikan Karakter, 5(2), 219–228.

Yahya, M. S. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. https://www.penerbitmagnum.com/2015/12/pendidikankarakter-melalui-budaya.html

Yudha, R. A., & Aulia, S. S. (2023). Penguatan Karakter Kebhinekaan Global Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Kewarganegaraan,

(1), 596–604. http://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/4853

Downloads

Published

2024-06-12

Issue

Section

Articles