Pengembangan Media Pembelajaran Bermuatan Problem Based Learning Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Implementasi UI/UX Bagi Siswa SMK

Authors

  • Syaad Patmanthara Universitas Negeri Malang
  • Mahali Mahali Universitas Negeri Malang
  • Rista Bramastya Universitas Negeri Malang

Keywords:

Media Pembelajaran, Problem-Based Learning, Implementasi UI/UX

Abstract

Abstrak: Teknologi informasi memiliki potensi untuk dimanfaatkan dalam dunia pendidikan sebaagai media pembelajaran. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk membantu guru dalam proses pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan observasi yang dilakukan diketahui bahwa kurang meratanya kemampuan praktik siswa dalam pembelajaran. Siswa juga kurang aktif dalam berdiskusi dan kolaborasi dengan teman sejawat. Media pembelajaran yang digunakan masih berupa buku paket dan modul PDF yang kurang visualisasi. Metode pembelajaran yang digunakan adalah model ceramah sehingga siswa cenderung jenuh karena kurang tertarik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada materi implementasi UI/UX bermuatan problem-based learning bagi siswa SMK. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model Hannafin and Peck dengan tahapan berupa; (1) Need Assesment; (2) Design; (3) Develop/Implement. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis website. Produk memuat konten problem-based learning. Produk memuat materi implementasi UI/UX dan ditunjukkan pada siswa yang mempelajari elemen pemrograman gim.

References

A. Abdullah, A. Achmad, dan S. Sahibu., (2021). Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Pemograman Web Berbasis Android.Inspir. J. Teknol. Inf. dan Komun, 11(1), 4. doi: 10.35585/inspir.v11i1.2626.

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital. Infokam. XV(II).

ID Islamiah. (2019). Pengaruh Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas. Juornal Educ, 2(1), 451–457.

M. Ayu, FM Sari, dan M. Muhaqiqin. (2021). Pelatihan guru dalam penggunaan website grammar sebagai media pembelajaran selama pandemi. AlMu'awanah J. Pengabdi. Kpd. Masy. 2(1)49–55.

Mujahida, R. (2019). Analisis Perbandingan Teacher Centered Learning dan Learner Centered. Journal of Pendagogy, 2(2), pp. 323– 331.

N. Nurmayanti, H. Ferdiansyah, dan Z. N. (2021). Pengembangan E-Module Pemrograman Dasar Berbasis Masalah dalam Menunjang Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Edumaspul J. Pendidik. 5(1), 22–30. doi: 10.33487/edumaspul.v5i1.1122.

N. Munawaroh and N. Sholikhah. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Problem-based learning Melalui Video Interaktif Berbantuan Google Site Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ecogen, 5 (2), 167. doi: 10.24036/jmpe.v5i2.12860.

Putri Amalia, A., & Abidin, Z. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Materi Zakat Di Smp Negeri 12 Langsa. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(1), 27–36.

Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 7(3), 1167–1173. doi: 10.29303/jipp.v7i3.743.

Trisna, N. M. S. W. and Zulkifli, F. F. (2021). Bisnis Kreatif Di Era Digital Dengan Mengangkat Kearifan Lokal. Jurnal Da Moda. 2(2), 42– 47, 2021, doi: 10.35886/damoda.v2i2.198

V. Nur’aini, W. I. Zaman, and N. Primasatya. (2022). Strategi Menghadapi Sistem Pendidikan Pasca Pandemi Covid-19 Untuk Generasi Indoneisa yang unggul dan Tangguh’ Pengaruh Model PBL Berbantuan Google Sites Terhadap Kemampuan Menjelaskan dan Menentukan Volume Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SDN Lirboyo 2 Universitas iNusantara iPGRI iKediri.

Yosanti, A. S. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pembuatan Pola Dasar Badan Wanita Dengan Sistem Draping, KELUARGA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. 5(2), 410. doi: 10.30738/keluarga.v5i2.5158.

Yuli Yanti, I., Pudjawan, I. K., & Wayan Suwatra, I. I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Model Hannafin Anf Peck Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Education Technology. 4(1). https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24094.

Downloads

Published

2024-06-11

Issue

Section

Articles