Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Anak SD Kelas 5 Mata Pelajaran IPAS Tema IPS materi “Produk Unggulan Daerah”

Authors

  • Hernanda Agung Prasetyo Universitas Negeri Malang

Keywords:

Pembelajaran, Berdiferensiasi, Kebutuhan Belajar, Pembelajaran IPAS tem IPS

Abstract

Abstrak: Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan yang diimplementasikan oleh guru untuk memenuhi kebutuhan belajar yang beragam dari peserta didik. Konsep ini mengakui adanya perbedaan individual dalam gaya belajar, minat, dan kesiapan belajar di antara peserta didik. Guru memulai dengan melakukan asesmen diagnostik untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar individu, seperti gaya belajar dan minat peserta didik. Proses persiapan pembelajaran berdiferensiasi memerlukan waktu dan tenaga ekstra, termasuk menyusun sumber belajar, asesmen, dan peralatan yang sesuai dengan kebutuhan setiap peserta didik. Pada saat pelaksanaan, guru mengadaptasi konten, proses, dan produk pembelajaran untuk mencocokkan gaya belajar dan preferensi peserta didik

References

Destian, I. H. (2021). Strategi dan tantangan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas 1 SD Negeri 1 Bawu Kabupaten Jepara. Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara, 3(1), 337.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846-2853

Firdaus, A., & Mustika, D. (2019). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5 (3), 170.

Meri, E. G., & Mustika, D. (2022). Peran guru dalam pembelajaran di kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 201.

Monalisa, & Irfan, A. (2023). Tantangan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka. Jurnal Basicedu, 7(5), 3230.

MS, M. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi dan penerapannya. Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 534.

Mujahida, dan Rus'An. (2019). "Analisis Perbandingan Teacher Centered dan Learner Centered". Journal of Pedagogy, Scolae 2(2): 4

Rahmawati, D. P., Rahmawati, F. P., & Widodo. (2023). Penerapan model jigsaw untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS kelas 5 sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 61.

Sabani, F. (2019). Perkembangan anak-anak selama masa sekolah dasar (6-7 tahun). Jurnal Kependidikan, 8(2), 89.

Septiani, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya memahami karakteristik siswa sekolah dasar di SDN Cikokol 2. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 9-10.

Silitonga, E. A., & Magdalena, I. (2020). Gaya belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri Cikokol 2 Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 17-18.

Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran IPS Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7(2), 66-75.

Widyawati, R. (2023). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata IPS di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 367

Downloads

Published

2024-06-11

Issue

Section

Articles