PENINGKATAN ASESMEN FORMATIF MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMIFIKASI GIMKIT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMPN 24 MALANG

Authors

  • Risa Septyana Universitas Negeri Malang
  • Salsabila Firdausi Nuzula Universitas Negeri Malang
  • Yurina Gusanti Universitas Negeri Malang

Keywords:

Asesmen Formatif, GIMKIT

Abstract

Abstrak: Dalam kegiatan pembelajaran, asesmen seringkali dianggap sebagai momok menakutkan yang tidak disukai oleh sebagian peserta didik. Hal ini terutama disebabkan oleh persepsi bahwa asesmen lebih menekankan persaingan peringkat dan pencapaian nominal angka tinggi, dari hal tersebut peserta didik cenderung merasa tertekan dan khawatir akan hasil akhir daripada fokus pada proses belajar dan pemahaman materi yang sebenarnya. Salah satu prinsip dari Kurikulum Merdeka adalah menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, berfokus pada peserta didik dan sesuai kodrat alam dan kodrat zaman, yang telah dirancang dan disesuai dengan  setiap kebutuhan. Hal tersebut juga termasuk dalam segala aspek kegiatan pembelajaran termasuk penilaian atau asesmen. Dalam mengatasi paradigma pemikiran tersebut, penting bagi pendidik untuk mampu mengatasi hal tersebut dengan memberikan asesmen yang sesuai dengan pendekatan kodrat peserta didik. Penulisan ini akan mengerucutkan pada analisis dan refleksi implementasi asesmen formatif dengan Gamifikasi pembelajaran Berdiferensiasai menggunakan Gimkit.Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif studi kasus pada sekolah mitra PPL SMP Negeri 24 Malang merujuk pada kelas VII-C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gamifikasi pembelajaran bediferensiasi dengan Gimkit dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik dalam belajar, serta meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi pelajaran. Selain itu, Gimkit terbukti efektif dalam mengatasi tantangan penilaian pembelajaran, kesesnjangan pemahaman dengan memberikan data penilaian real-time dan umpan balik langsung kepada pendidik dan peserta didik.

References

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

Derici, R. M., & Ermayanti, E. (2023). Penghayatan Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sma Negeri 10 Palembang. Research and Development Journal of Education, 9(1), 396. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.16902

Handayani, R., & Wulandari, D. (2021). Modern Assessment dalam Menyongsong Pembelajaran Abad 21 dan Hambatan di Negara Berkembang. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1), 13. https://doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1363

Kemdikbud. (2020). Kepmendikbud Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. Www.Kemdikbud.Go.Id, 022651, 9. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus

Manurung, J., Sitohang, A., Sibarani, H., & Ram, U. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Kahoot Bagi Pengajar Dan Pemuda Pemudi Pada Pembelajaran di HKBP Simalingkar Medan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nauli, 1(2), 85–89. https://ejournal.marqchainstitute.or.id/index.php/Nauli/article/download/68/62

Riley, S. (2022). https://www.educationalappstor e.com/website/gimkit.

Rohimat, S. (2024). Utilization Of Gimkit For Online Game Mode Chemistry Formative Assessment. Co-Catalyst: Journal of Science Education Research and Theories, 1(2), 9–14. https://doi.org/10.33830/cocatalyst.v1i2.7492

Rohimat, S., Solfarina, Samsiah, Ramdhani, F. I., Fitri, R., & Aliyah, N. (2023). Workshop Pengenalan Gimkit untuk Asesmen Formatif Mode Game Online Workshop. 1(4), 221–220. https://ukitoraja.id/index.php/jnb/article/view/266/265

Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 1–9. https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.63

Downloads

Published

2024-06-11

Issue

Section

Articles