Penguatan Kompetensi Sosial Emosional Peserta Didik Melalui Kegiatan Akademik dan Non-Akademik di SMKN 2 Singosari

Authors

  • Dini Handayani Universitas Negeri Malang

Keywords:

Sosial, Emosional, SMK

Abstract

Abstrak: Proses berpikir merupakan kegiatan dasar yang mendukung terjadinya aktifitas-aktifitas lainnya. Dalam dunia pendidikan, perlu adanya pemaksimalan proses berpikir peserta didik menjadi lebih seimbang. Kecerdasan berpikir kognitif perlu dikolaborasikan dengan kecerdasan sosial dan kecerdasan emosional untuk membentuk seorang individu menjadi manusia seutuhnya. Penguatan kompetensi sosial-emosional merupakan aspek penting dalam pendidikan yang memengaruhi perkembangan holistik peserta didik. Sehingga dalam praktiknya peserta didik tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi, tetapi juga mampu mengelola emosi, berkomunikasi dengan efektif, dan berinteraksi secara positif dengan orang lain. Studi ini mengeksplorasi upaya penguatan kompetensi sosial-emosional peserta didik melalui kegiatan akademik dan non-akademik di SMKN 2 Singosari. Metode yang digunakan kajian ilmiah ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek peserta didik program keahlian Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim di SMKN 2 Singosari. Temuan dari penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana integrasi kegiatan akademik dan non-akademik dapat menjadi strategi efektif dalam penguatan kompetensi sosial-emosional peserta didik di SMKN 2 Singosari yang didukung dengan hasil penelitian terdahulu

References

Aliim, T. F., & Darwis, R. S. (2024). Membangun Karakter Untuk Mengatasi Kenakalan Remaja Melalui Pendidikan Dengan Pendekatan Teori Ekologi Bronfenbrenner. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 6(1), 50-58.

Andayani, E., Hariani, L. S., & Jauhari, M. (2021). Pembentukan kemandirian melalui pembelajaran kewirausahaan sosial untuk meningkatkan kesadaran sosial dan kesadaran ekonomi. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 6(1), 22-34.

Andini, F., Waspada, I., Budiwati, N., & Susanto, S. (2023). Peran Guru Dengan Kompetensi Sosial Emosional Dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Membangun Student Well-Being Pada Sekolah Menengah. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(1), 175-182.

Daud, M. C., Rantung, S. V., & Aling, D. R. (2020). Analisis rantai nilai pada usaha perikanan tangkap cumi-cumi di Desa Bulutui Kecamatan Likupang Barat Kabupaten Minahasa Utara. AKULTURASI: Jurnal Ilmiah Agrobisnis Perikanan, 8(1), 35-40.

Dzakiyyah, A., Alfiah, Y. N., & Nurmainawati, N. (2023). Meningkatkan Kompetensi Sosial Emosional (KSE) Peserta Didik Melalui Teams Games Tournament (TGT) Pada Pembelajaran Ekonomi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 4754-4766.

Hidayatni, N., & Fathani, A. H. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran PBL Disertai Pendekatan TaRL dan Komponen CASEL. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 5(2), 312-324.

Irzalinda, V., Sofia, A., & Erika, A. L. (2022). Pentingnya Kelekatan Ibu dalam Membangun Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia 5–6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1).

Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170-5175.

Mustikasari, D. S., & Rahayu, E. W. (2023). Kompetensi Sosial Anak di Era Digital dilihat dari Berbagai Suku Budaya. Psychological Journal: Science and Practice, 3(1), 148-153.

Rahmayanti, L., Antosa, Z., & Adiputra, M.J. (2020). Analysis of Teacher’s Difficult in Applying with The Scientific Approach. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 72-80.

Richi, M., Ardiansyah, A. P., Nurrotul, A., & Roikhatul, W. (2023). Peran Guru Sosiologi dalam Meningkatkan Kesadaran Sosial Peserta Didik di Era Transformasi Digital. Education: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 3(1), 24-29.

Risnawati, A., Zaenuri, Z., & Fauzi, W. N. A. (2020). Pengembangan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan. WALADUNA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 106-116.

Rukaesih, D. (2024). Efektifitas Proses Belajar Mengajar Yang Mendidik Terhadap Kematangan Sosial Emosional Mahasiswa (Studi Korelasi Pada Mahasiswa PPG di FKIP Universitas Galuh). Jurnal Wahana Pendidikan, 11(1), 169-178.

Pahleviannur, M. R., De Grave, A., Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., & Sinthania, D. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka.

Sembiring, M., Sitepu, A. G., Ginting, A. W., & Tibo, P. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Katolik dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik SMA Swasta Santa Maria Kabanjahe. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 2(1), 037-050.

Suryanti, D. E., Parmawati, A., & Muhid, A. (2021). Pentingnya Pendekatan Teknik Self Management Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Disekolah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid 19: Literature Review. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 4(2), 181-192.

Utami, A. C., Khoiri, N., Saefan, J., & Ristanto, S. (2023). Analisis Keterampilan Pengambilan Keputusan pada Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik Kelas X SMA N 1 Mranggen. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 4(2), 721-727.

Widiastuti, S. (2022). Pembelajaran Sosial Emosional Dalam Domain Pendidikan: Implementasi Dan Asesmen. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4).

Downloads

Published

2024-06-11

Issue

Section

Articles