SINERGISITAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DALAM PANDANGAN KI HADJAR DEWANTARA

Authors

  • Anissa Maulida Zahrani Universitas Negeri Malang
  • Dihan Nabila Rihadatul Aisy Universitas Negeri Malang
  • Heaven Frederica Universitas Negeri Malang
  • Ifa Fitriatus Sholihah Universitas Negeri Malang
  • Laila Wahyuni Universitas Negeri Malang
  • Velita Amalia Kusumaningtyas Universitas Negeri Malang
  • Didin Widyartono Universitas Negeri Malang

Keywords:

Ki Hadjar Dewantara, Pendidikan, Kebudayaan

Abstract

Abstrak: Sebelum memasuki era kontemporer, arah pendidikan Indonesia dicanangkan Ki Hadjar Dewantara sebagai instrumen dalam memerdekakan bangsa. Gagasan ide pendidikannya yang mengusung segi kebudayaan sebagai instrumen kuncinya, mampu mengangkat martabat pendidikan Indonesia ke arah maju. Lewat sistem among, serta peletakan pondasi berupa kurikulum pengajaran yang termanifestasi dalam perguruan Taman Siswa mampu mendorong terwujudnya cita-cita pendidikan yang memerdekakan bangsa. Selain itu, Ki Hadjar Dewantara turut menguraikan beberapa strategi untuk dapat mengembangkan kebudayaan. Hal tersebut dapat direngkuh dengan cara menjalin koneksi dengan kebudayaan lain, sebagai upaya untuk mengembangkan dan menyempurnakan atau memperkaya kebudayaan sendiri. Disamping itu, beliau mewanti-wanti di tengah menjalin interaksi dengan kebudayaan lain, jangan sampai memasukan kebudayaan lain yang tidak sesuai dengan nilai-nilai yang telah dipegang sebab hal ini menyalahi tuntutan kodrat, dengan kata lain membahayakan. Berikutnya, strategi jitu untuk memajukan kebudayaan haruslah berupa kelanjutan langsung dari kebudayaan nasional (kontinuitas), menuju ke arah kesatuan kebudayaan dunia (konvergensi), dan tetap mempunyai sifat kepribadian di dalam lingkungan kemanusiaan sedunia (konsentrisitas). Kiranya, dengan merefleksikan dan mengimplementasikan kembali gagasan Ki Hadjar Dewantara, sanggup menjawab problematika pendidikan hari ini yang cenderung bertujuan sebagai pemenuhan komoditas belaka

References

Ab Marisyah, Firman, R. (2019). PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA TENTANG PENDIDIKAN. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1514–1519.

Dewantara, K. H. (1936). Dasar Dasar Pendidikan.

Dewantara, K. H. (2021). Pendidikan Seni Ki Hadjar Dewantara untuk Anak Bangsa. Jakarta. Bintang Grafika.

Dewantara, K. H. (1961). Ki Hadjar Dewantara (cet-2). Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Dewantara, K. H. (2011). Bagian Pertama Pendidikan. Yogyakarta. Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Dwiarso. (2010). Napak Tilas Ajaran Ki Hadjar Dewantara. Yogyakarta. Majelis Luhur Persatuan.

L.J Moleong. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Putri, T. A., & Nasution, M. I. S. (2020). IMPLEMENTASI TRILOGI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA PADA SMK TAMANSISWA DI KOTA TEBING TINGGI. Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(1), 84. https://doi.org/10.24114/ph.v5i1.18277

Silvia Wardani1, Masduki Asbari, K. I. M. (2023). Pendidikan yang Memerdekakan Siswa. Jisma, 2(oktober), 36–43. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/479

Soeratman. (1966). Pola-Pola Pendidikan Taman Siswa. Madjelis Luhur Taman Siswa.

Suparlan, H. (2016). FILSAFAT PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA DAN SUMBANGANNYA BAGI PENDIDIKAN INDONESIA. Jurnal Filsafat, 25(1), 56. https://doi.org/10.22146/jf.12614

Downloads

Published

2024-06-11

Issue

Section

Articles