TERWUJUDNYA PANCASILA SEBAGAI BADAN DAN IDENTITAS BERDASARKAN PENGUATAN PROFIL PESISWA PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN ABAD 21

Authors

  • Bintang Muhammad Sahara Efendi Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Retno Nila Kartika Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Izza Nuril Ilma Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Dwiyono Hari Utomo Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

Keywords:

Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Abad 21

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji upaya SMP Negeri 5 Malang dalam mewujudkan nilai-nilai Pancasila melalui Kurikulum Merdeka, dengan fokus pada implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan data diperoleh melalui observasi kegiatan pembelajaran dan P5. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian hasil, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Negeri 5 Malang telah menerapkan program sekolah penggerak dan Kurikulum Merdeka, yang mencakup dua tema P5: "Suara Demokrasi" dan "Local Genius". Kedua tema ini berhasil menginspirasi siswa untuk menghayati nilai-nilai Pancasila melalui berbagai kegiatan yang mencerminkan dimensi Profil Pelajar Pancasila, seperti beriman, mandiri, gotong royong, kebhinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa SMP Negeri 5 Malang berhasil mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan abad 21, dengan mengintegrasikan enam kompetensi inti Profil Pelajar Pancasila dalam kegiatan sehari-hari siswa.

References

Aulia, M., Misnawati, Apirtha, Setyoningsih, R. A., Handayani, P., & Saptaniarsih, Wi. (2023). Pelajar Pancasila Pada Abad Ke-21 Di SMAN 1 Palangka Raya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(1), 134–151.

Deswita, E., Rahmafitri, F., Sari, M., Batusangkar, S., Mahmud, U. I. N., Batusangkar, Y., Mahmud, U. I. N., & Batusangkar, Y. (2023). Meningkatkan Nilai Kearifan Lokal Melalui Implementasi Program P5 Silet Tuo Pagarayung Al-Idaroh : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam Al-Idaroh : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam │ 296. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.54437/alidaroh.v7i2.922

Eramansyah, M. G., Safitri, & Asbari, M. (2022). Pancasila as an Industrial Development Paradigm. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 1(06), 24–30. https://doi.org/https://doi.org/10.4444/jisma.v1i6.97

Gunawan, I., & Wahyudi, A. V. (2020). Fungsi Filsafat Pancasila Dalam Ilmu Pendidikan Di Indonesia. Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 14(2), 209–218. https://doi.org/10.38075/tp.v14i2.109

Huberman, A. M., Rohendi, T., & Mulyarto. (2007). Analisis data kualitatif. UI Press.

Intania, B. Y., Raharjo, T. J., & Yulianto, A. (2023). Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Profil Pelajar Pancasila di Kelas IV SD Negeri Pesantren. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 629–646. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2523

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151. https://doi.org/https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402

Mahanani, A. S., Suprijono, A., & Harianto, S. (2023). Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Tema Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Budaya di SMA Negeri 1 Babat, Lamongan. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 407–416. http://www.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/273

Ulfah, N., Sumardiyani, L., Ardini, S. N., & Pramesti, M. R. D. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dengan Tema Suara Demokrasi Di Smk Negeri 6 Semarang. PRIMER: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 455–462. https://doi.org/10.55681/primer.v1i4.178

Yuniarto, B., Lama’atushabakh, M., Maryanto, M., & Habibi, A. (2022). Pendidikan Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Sosial Sains, 2(11), 1170–1178. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i11.522.

Downloads

Published

2024-06-06

Issue

Section

Articles