SCAFFOLDING PADA ZONE OF PROXIMAL DEVELOPMENT (ZPD) DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI MATERI METODE PENELITIAN SOSIAL KELAS X-2 SMA NEGERI 7 MALANG

Authors

  • Erin Rahma Wati Eka Putri Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

Keywords:

Scaffolding, Zone of Proximal Development (ZPD)

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan konsep "scaffolding" dalam konteks Zone of Proximal Development (ZPD) dalam pembelajaran materi Metode Penelitian Sosial di kelas X-2 SMA Negeri 7 Malang. Konsep scaffolding yang diperkenalkan oleh Vygotsky merupakan pendekatan yang efektif untuk membantu siswa mengembangkan pemahaman yang lebih dalam melalui bimbingan dan dukungan yang tepat dari guru dan rekan sejawat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data tentang bagaimana guru menerapkan scaffolding dalam mengajar materi penelitian sosial kepada siswa kelas X-2. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan berbagai strategi scaffolding, termasuk pertanyaan terbuka, pemberian umpan balik, dan aktivitas berbasis kelompok, untuk membantu siswa mengatasi tantangan dan mencapai tingkat pemahaman yang lebih tinggi. Hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan yang berharga bagi praktisi pendidikan dalam merancang pembelajaran yang responsif terhadap kebutuhan dan kemampuan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan.

References

Al-Muwattho, F. P., Aminuyati, A., & Okianna, O. (2018). Pengaruh pemberian apersepsi terhadap kesiapan belajar siswa pada pelajaran akuntansi kelas xi sma islamiyah pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(2). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/24076

Asih, T. (2018). Perkembangan tingkat kognitif peserta didik di kota metro. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(1), 9–17. https://doi.org/10.32502/DIKBIO.V2I1.909

Fajriani, R. W., Naswir, M., & Harizon, H. (2021). Pemberian Scaffolding dalam Bahan Belajar Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 108–114. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.108-114

Iqbal, Y. (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran Scaffolding Pada Materi Penelitian Sosial Sebagai Pemecehan Masalah Sosial. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 3(2), 74–83. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v3i2.5486

Kenzewiratama, A., & Matematika, P. (2023). Penggunaan Teori ZPD dalam Pembelajaran Matematika: Peran Scaffolding dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. In Duniailmu.org (Vol. 3, Issue 2).

Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif jean piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/ANNISA.V13I1.26

Rahmatiah, R., Koes, S., & Kusairi, S. (2016). Pengaruh Scaffolding Konseptual dalam Pembelajaran Group Investigation Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA dengan Pengetahuan Awal Berbeda: Vol. II (Issue 2).

Ruswanda, R. F., Rinaldi, A., Andriani, S., & Nabilla, G. A. F. (2020). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis melalui model pembelajaran experiential learning berbasis zone of proximal development (ZPD). Journal of Mathematics Education and Science, 3(2), 55–60. https://doi.org/10.32665/james.v3i2.138

Santie, Y. D. A., & Mesra, R. (2022). Manajemen Kelas Dosen Pendidikan Sosiologi Unima dalam Meningkatkan Semangat Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Online. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 1039. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.958

Santoso Yohanes, R. (2018). Teori vygotsky dan implikasinya terhadap pembelajaran matematika.

Simanjuntak, K., & Siregar, R. S. (2022). Perkembangan Kognitif Peserta Didik dan Implementasi dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Riyadhah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 111–124.

Styo Siskawati, F., & Nurdin, E. (2021). Peran Scaffolding pada Pembelajaran Matematika: Suatu Kajian Kepustakaan. In Journal for Research in Mathematics Learning) p (Vol. 4, Issue 3).

Suardipa, I. P. (2020). Proses Scaffolding pada Zone of Proximal Development (ZPD) dalam Pembelajaran. Widyacarya, 4(1), 79–92.

Subiyakto, A., Rufiana, I. S., & Nur Hidayah, D. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Berbantuan Teknik Scaffolding. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(1), 7. https://doi.org/10.25273/jems.v8i1.5673

Widada, W. (2016). Sintaks model pembelajaran matematika berdasarkan perkembangan kognitif peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 1(2). https://doi.org/10.33369/JPMR.V1I2.4007.

Downloads

Published

2024-06-06

Issue

Section

Articles