POTENSI KEARIFAN LOKAL DALAM MENINGKATKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
Kearifan local, Cinta tanah air, Sekolah dasarAbstract
Tantangan utama dihadapi oleh peserta didik, seperti pengaruh media dan budaya global dapat menyebabkan generalisasi budaya sehingga memerlukan solusi yang mendalam. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi peran kearifan lokal dalam meningkatkan karakter cinta tanah air pada peserta didik di Sekolah Dasar. Metode yang diterapkan adalah kajian literatur, dengan menganalisis berbagai sumber yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa kearifan lokal, yang mencakup nilai-nilai tradisional, bahasa daerah, dan warisan budaya, memiliki potensi besar dalam membangun karakter cinta tanah air. Integrasi kearifan lokal dalam kurikulum pembelajaran menjadi pendekatan yang efektif. Materi pembelajaran yang mencakup budaya lokal, tradisi, dan bahasa daerah dapat memperkaya pemahaman siswa terhadap nilai-nilai tersebut. Untuk itu, pentingnya kerja sama antara guru, sekolah, dan orang tua dalam mendukung penerapan kearifan lokal.
References
Afifah, F. N., Hanifa, Z. N., & Setiabudi, D. I. (2022). Pembiasaan Pendidikan Muatan Lokal Nyunda Dalam Membangun Karakter Cinta Tanah Air Pada Siswa SD/MI. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 1(1), 22-27.
Aprilina, N., Fauziah, T., & Husin Affan, M. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Pembelajaran IPS di Gugus 25 SDN 2 Mata Ie Aceh Besar. In Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah (Vol. 2, Issue 3).
Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. In Jurnal Mimbar Ilmu (Vol. 24, Issue 1).
Atika, S. (2014). Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Religius, Cinta Tanah Air Dan Disiplin) Di Slb Al Ishlaah Padang. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhuHalaman:747-755
Booth, A., Sutton, A., & Papaioannou, D. (2016). Systematic Approaches to a Successful
Literature Review. Sage
Chaeratunnisa, E., Shafira, S., Jamaludin, U., & Dasar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Alamat, P. (2023). Pola Pendidikan Masyarakat Adat Kampung Naga Sebagai Alternatif Sumber Belajar Di Sekolah Dasar.
Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923
Daud, D., & Triadi, Y. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Journal Evaluation in Education (JEE), 2(4), 134–139. https://doi.org/10.37251/jee.v2i4.239
Hendrawan, J. H., Halimah, L., & Kokom, K. (2022). Penguatan Karakter Cinta Tanah Air melalui Tari Narantika Rarangganis. Jurnal Basicedu, 6(5), 7978–7985. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3716
Lismawati, A., Adya Pribadi, R., Rahman Hakim, Z., & Sultan Ageng Tirtayasa, U. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Dalam Kegiatan Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Sdit Al-Muhajirin. https://doi.org/10.61290/pgsd.v9i1.45
Nadlir. (2016). Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies). http://jurnalpai.uinsby.ac.id/index.php/jurnalpai/article/view/33
Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar). http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2140
Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar: Literature Review. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 151–156. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1663
RAIS, N. S. R., DIEN, M. M. J., & DIEN, A. Y. (2018). Kemajuan Teknologi Informasi Berdampak Pada Generalisasi Unsur Sosial Budaya Bagi Generasi Milenial. Jurnal MoZaiK, 10(2), 61–71. Diambil dari https://ijc.ilearning.co/index.php/mozaik/article/view/755
Rodiana, M., & Sonia, N. R. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Membangun Karakter Cinta Tanah Air Siswa Melalui Program Budaya Nasionalis di SMKN 1 Ponorogo. Edumanagerial, 2(1), 64-77.
Rohmawati, E. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Cinta Tanah Air Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Kearifan Lokal Reog Ponorogo Di Mi Ma’arif Polorejo Babadan Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/10383/
Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1). https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2316
Sularso, P., & Maria, Y. (2017). Upaya Pelestarian Kearifan Lokal Melalui Ekstrakurikuler Karawitan Di SMP Negeri 1 Jiwan Tahun 2016. Citizenship Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/1181
Wahyono, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Penilaian Hasil Belajar pada Generasi Milenial di Era Revolusi Industri 4.0. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.23
Wijayanti, A. T. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal Untuk Pembentukan Kecerdasan Emosional Siswa Di SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul Yogyakarta. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia). https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo/article/view/20181/10901
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.