MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBANTUAN LINKTREE

Authors

  • Mohammad Khalil PPG, Universitas Negeri Malang
  • I Nyoman Suputra PPG, Universitas Negeri Malang
  • Agung Winarno PPG, Universitas Negeri Malang
  • Imam Bukhori PPG, Universitas Negeri Malang

Keywords:

Media Pembelajaran, E-Learning, Linktree, Hasil Belajar

Abstract

Perkembangan teknologi sekarang ini sangat meningkat, para guru harus inovatif dalam merancang media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran e-learning berbantuan linktree yang telah diuji validasi oleh ahli media, ahli materi, uji coba pengguna serta mengetahui efektivitas media melalui perbedaan hasil belajar peserta didik kelas XI MPLB. Metode penelitian dan pengembangan ini adalah menggunakan sintaks dari model Borg & Gall yang dimodifikasi peneliti menjadi 9 tahapan. Analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran e-learning berbantuan linktree untuk mata pelajaran Manajemen Logistik. Berdasarkan hasil validasi produk dari ahli materi dinyatakan sangat layak, ahli media diperoleh kriteria layak, dan pengguna memperoleh kriteria sangat layak. Hasil belajar pada uji coba kelompok besar menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar dimana kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-learning berbantuan linktree efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Manajemen Logistik dibuktikan dengan uji independent sample t-test.

References

Abusin, J. (2021). Manajemen Monitoring Pembelajaran Berbasis E- Learning (Studi Kasus Di SMK Raden Patah Mojosari). 1(1).

Adi, N. H., Dewi, I. K., Lubis, A. L., Ambiyar, A., & Aminuddin, F. H. (2022). The Development of Computer Network Learning Media to Support Online Learning. Jurnal Basicedu, 6(4), 7121–7130. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3444

Affandi, M. R., Widyawati, M., & Bhakti, Y. B. (2020). Analisis Efektivitas Media Pembelajaran E-Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 150. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2910

Afriyose, N., Sudjarwo, & Sugeng Widodo. (2022). Development of Discovery Learning based Linktree Learning Media to Improve Geography Learning Outcomes in High School. East Asian Journal of Multidisciplinary Research, 1(8), 1625–1634. https://doi.org/10.55927/eajmr.v1i8.1253

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Amalia, F., Sulistyo, R. T., & Brata, A. H. (2020). Analisis Tingkat Penerimaan E-Learning Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Pada Siswa SMK. SMATIKA JURNAL, 10(02), 41–47. https://doi.org/10.32664/smatika.v10i02.450

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. 2, 10.

Budiman, A., Arifin, A., & Marlianto, F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada SMK di Pontianak. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI), 2(2), 133. https://doi.org/10.32672/jnkti.v2i2.1556

Dalu, Z. C. A., & Rohman, M. (2019). Pengembangan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital bagi Siswa SMK. 04, 9.

Dewi, M., Zulaihati, S., & Fauzi, A. (2021). The Influence of Instructional Media E-Learning Based Edmodo on Student Learning Outcomes of Basics Banking Class X Accounting. International Journal on Advanced Science, Education, and Religion, 4(3), 170–183. https://doi.org/10.33648/ijoaser.v4i3.76

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. 2, 5.

Haryadi, R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. 6.

Hikmawan, T., Sutarni, N., & Hufad, A. (2019). The Role Of Electronic Learning Media In Creativity Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1375(1), 012030. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1375/1/012030

Jose, Ms. B. J., & Jose, Dr. J. (2022). Impact of E-learning on Learning Outcomes among Higher Education Students – An Integrated Review. Scholars Journal of Engineering and Technology, 10(7), 141–145. https://doi.org/10.36347/sjet.2022.v10i07.003

Kartika, Y., & Zakir, S. (2022). Media Pembelajaran Mobile Menggunakan Linktree pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Di Smkn 1 Lebong Tengah. 12(2), 8.

Kinanti, N., Zanatullaila, M., Utari, G., & Satibi, A. (2022). Kelayakan Linktree Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Materi Cara Produksi Pangan Yang Baik (CPPB). Vol. 1 No. 1.

Muhajir, M., Musfikar, R., & Hazrullah, H. (2019). Efektivitas Penggunaan E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Minat Dan Hasil Belajar (Studi Kasus Di SMK Negeri Al Mubarkeya). Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(1), 50. https://doi.org/10.22373/cj.v3i1.4725

Nur, M., Winarti, A., & Iriani, R. (2022). Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbantuan Linktree Pada Materi Koloid Dengan Model Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 6(1), 1–12. https://doi.org/10.20527/jcae.v6i1.1418

Nurdyansyah, & Arifin, Moch. B. U. B. (2018). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Umsida Press. https://doi.org/10.21070/2018/978-602-5914-19-5

Phulari, S. V. (2022). Academia: Web Platform for E-learning. International Journal for Research in Applied Science and Engineering Technology, 10(1), 284–290. https://doi.org/10.22214/ijraset.2022.39721

Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 33. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762

Putra, E. A., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2020). Pengembangan Smartphone Learning Management System (S-LMS) Sebagai Media Pembelajaran Matematika di SMA. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 36–45. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.21014

Rahayu, S., & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-learning dengan Google Meet Terhadap Hasil Belajar Siswa. 5(1).

Ratnawati, S. R., & Werdiningsih, W. (2020). Pemanfaatan E-Learning Sebagai Inovasi Media Pembelajaran PAI di Era Revolusi Industri 4.0. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 199. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i2.1429

Rofiah, B. N., & Bahtiar, Moh. D. (2022). Analisis Penggunaan E-Learning, Intensitas Latihan Soal, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2143–2155. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2453

Sakti, H. G., & Mustamiin, M. Z. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Model Linktree untuk Membantu Para Guru Dalam Proses Pembelajaran Online di Ma Al-Akhyar Labuapi Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 5.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Kedua). Alfabeta.

Sumardani, D., Putri, A., & Sumardani, N. I. (2020). E-Learning Utilizing Schoology: Teaching Theory of Relativity Using Online. Risenologi, 5(1), 48–55. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2020.51.75

Ulfah Nurkhaeroni & Ripaiyah. (2022). Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik di MA Putra Al-Islahuddiny Kediri Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 190–196. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1598

Zagoto, M. M., Epria, I., & Putra, D. (2020). Utilization Of Website-Based Learning Media to Improve Learning Outcomes in Music Learning Media Courses. 21(1), 11.

Downloads

Published

2024-06-05

Issue

Section

Articles