PEMENUHAN TARGET KURIKULUM OLEH PESERTA DIDIK YANG BERAGAM MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Authors

  • Amalia Sabilillah Nurrahma PPG, Universitas Negeri Malang

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Berdiferensiasi, Peserta Didik

Abstract

Target atau fokus pada kurikulum merdeka yaitu penyampaian materi esensial, perkembangan karakter, dan perkembangan kompetensi peserta didik. Kurikulum merdeka dilaksanakan untuk mewujudkan pembelajaran di kelas yang berpusat pada peserta didik sesuai dengan kebutuhan dan karakteristiknya. Pembelajaran ini dapat diwujudkan melalui pembelajaran berdiferensiasi. Tujuan dari penulisan artikel ini yaitu untuk memaparkan pemenuhan target kurikulum oleh peserta didik yang beragam melalui pembelajaran berdiferensiasi. Penulisan artikel ini menggunakan metode literature review. Berdasarkan hasil telaah, kebutuhan dan karakteristik peserta didik yang berbeda-beda perlu difasilitasi melalui salah satu paradigma kurikulum merdeka yaitu pembelajaran berdiferensiasi. Dengan adanya implementasi kurikulum merdeka saat ini, dapat menuntun peserta didik menjadi individu yang merdeka, dapat mengembangkan potensi dirinya, serta belajar sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan belajarnya. Penyesuaian pembelajaran dengan karakteristik peserta didik dapat mendukung pemenuhan target kurikulum. Pemenuhan target kurikulum dapat dilihat dari tercapainya tujuan pembelajaran, peserta didik mampu memahami materi pelajaran, menunjukkan peningkatan hasil belajar, serta menunjukkan karakter dan kompetensi sesuai dengan yang diharapkan.

References

D.A. Olivia Yana, Ariyanto, P., & Huda, C. (2022). Analisis Penguatan Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila Pada Fase B di SD Negeri 02 Kebondalem. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 12861–12866.

Efendi, P. M., Tatang Muhtar, & Yusuf Tri Herlambang. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 548–561. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5487

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6). https://doi.org/10.19184/se.v6i1.40019

Gumilar, G., Rosid, D. P. S., Sumardjoko, B., & Ghufron, A. (2023). Urgensi Penggantian Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 148–155. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4528

Hasmawati, & Muktamar, A. (2023). Asesmen dalam Kurikulum Merdeka Perspektif Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam As ’ adiyah Sengkang. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 1(3), 197–211.

Lestari, E. P., Reffiane, F., & Riskiyati, N. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Seminar Nasional PPG UPGRIS 2023, 421–428. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.4307

Rani, P. R., Asbari, M., Ananta, V., & Alim, I. (2023). Kurikulum Merdeka : Transformasi Pembelajaran yang Relevan, Sederhana, dan Fleksibel. Journal of Information System and Management, 02(06), 78–84.

Rohimat, S., Wulandari, D. R., & Wardani, I. T. (2023). Efektivitas Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Diferensiasi Konten dan Produk. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 57–64. https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/view/34

Rokhim, A. (2021). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Negeri Jakarta. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian Ke-III, 535–540.

Sanjaya, P. A., Pageh, I. M., & Suastika, I. N. (2023). Bahan Ajar E-Modul Book Creator untuk Pembelajaran IPS Berdiferensiasi di Sekolah Penggerak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 410–421.

Suja’i, C. A. M. (2023). Implementasi kurikulum merdeka dalam membangun karakter siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di smp nurul qomar. Hasbuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 147–170.

Swandewi. (2021). Implementasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Teks Fabel Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan DEIKSIS, 3(1), 53–62.

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301

Wijiastuti, A., & Fitrotun Nisa, A. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Melejitkan Prestasi. Dewantara Seminar Nasional Pendidikan. https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/d-semnasdik/article/view/798

Yuliana, I. (2023). Meningkatkan Kemandirian dan Kreativitas Siswa dalam Pendidikan Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 1320–1327. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1is2.172

Downloads

Published

2024-06-05

Issue

Section

Articles