IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA SEBAGAI PERWUJUDAN IDENTITAS MANUSIA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Siti Nis Ami PPG, Universitas Negeri Malang

Keywords:

Identitas, Kebhinekaan, Profil Pelajar Pancasila, Sekolah dasar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan implementasi Profil Pelajar Pancasila sebagai perwujudan identitas manusia Indonesia di sekolah dasar. Pendekatan studi literatur digunakan dalam penelitian ini, baik dari buku, jurnal, laporan hasil penelitian yang relevan, dan hasil observasi secara langsung di SDN Bareng 3, Kota Malang. Metode kualitatif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menyatakan bahwa peserta didik di SDN Bareng 3, Kota Malang sudah mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila sebagai perwujudan identias manusia Indonesia di sekolah dasar. Identitas manusai Indonesia yang terdiri dari nilai kebhinekaan, dan nilai Pancasila dapat menumbuhkan karakter yang sesuai dengan Pancasila. Hal tersebut dapat terbentuk karena adanya pembiasaan yang baik mengenai implementasi Profil Pelajar Pancasila yaitu perwujudan pelajar sepanjang hayat di negara Indonesia yang memiliki kompetensi global dan bertingkah laku sejalan dengan nilai-nilai Pancasila dengan enam ciri utama Profil Pelajar Pancasila.

References

Direktorat Sekolah Dasar. (2024, April 7). Profil Pelajar Pancasila. Ditpsd.Kemendikbud.Go.Id.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1

Hamid, S. I., Dewi, D. A., Nugraha, A. R., Jaelani, W. R., & Vichaully, Y. (2021). Implementasi Nilai Persatuan dan Kesatuan Bangsa dengan Model Pembelajaran Role Playing di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5731–5738. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1602

Hasibuan, M. P., Azmi, R., Arjuna, D. B., & Rahayu, S. U. (2023). Analisis Pengukuran Temperatur Udara Dengan Metode Observasi. GABDIMAS: Jurnal Garuda Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8–15. http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.

Istianah, A., Mazid, S., Hakim, S., & Susanti, R. P. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Pancasila untuk Membangun Karakter Pelajar Pancasila di Lingkungan Kampus. Gatra Nusantara: Jurnal Politik, Hukum, Sosial Budaya Dan Pendidikan, 6(1), 59–68.

Rafael, S. P., & Mulyatno, C. B. (2022). Buku Ajar Mata Kuliah Inti: Filosofi Pendidikan Indonesia, Cetakan 1 (I. Karyanto, E. P. Adi, & V. Triprihatmini, Eds.). Direktorat Pendidikan Profesi Guru, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Samidi, R., & Suharno, S. (2018). Implementasi Nilai Keadilan Sosial melalui Pendidikan Perspektif TGKH Zainuddin Abdul Majid. FIKRI : Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 3(2), 374. https://doi.org/10.25217/jf.v3i2.314

Setiari, A. (2023). Perwujudan Identitas Manusia Indonesia Melalui Penghayatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan West Science, 1(02), 116–124.

Utami, D., Susanti, R., & Meilinda. (2023). Implementasi Bhineka Tunggal Ika dan Nilai-Nilai Pancasila sebagai Identitas Manusia Indonesia di Sekolah. Jurnal Pengabdian West Science, 2(01), 14–24.

Published

2024-06-05

Issue

Section

Articles