EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN “BOPAKA” BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Fernanda Olivia Febrianti PPG, Universitas Negeri Malang
  • Nita Retno Wahyuningati PPG, Universitas Negeri Malang
  • Eka Pramono Adi PPG, Universitas Negeri Malang

Keywords:

Media pembelajaran, Efektif, Hasil belajar

Abstract

Berpikir kritis merupakan aspek yang perlu ditingkatkan dalam proses pembelajaran. Aspek tersebut dapat diperoleh melalui implementasi model dan media pembelajaran. Model pembelajaran berperan dalam mengatur regulasi proses pembelajaran, sedangkan media pembelajaran digunakan sebagai alat dalam pemenuhan kebutuhan belajar yang digunakan siswa dalam memproses pengetahuan dan konsep yang akan dicapai. Berdasarkan hasil observasi, menunjukkan bahwa siswa kurang termotivasi khususnya dalam mata pelajaran PKn materi keragaman budaya. Sehingga mengakibatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa menurun. Inovasi yang digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah penggunaan media pembelajaran dengan benda konkret yang diwujudkan berupa boneka pakaian adat (Bopaka). Media tersebut terintegrasi dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran “Bopaka” berbasis PBL untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas tiga sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan uji paired sample t-test dan uji N-gain score dengan bantuan SPSS 26. Data yang diperoleh untuk pengujian berasal dari nilai sebelum dan sesudah menggunakan media. Uji paired sample t-test memperoleh nilai signifikansi 0.000. Uji N-gain score memperoleh nilai 0,78 dengan persentase 78 persen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran “Bopaka” berbasis PBL efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas tiga. Efektivitas tersebut masuk ke dalam kategori tinggi.

References

Basuki, A. T. 2014. Penggunaan SPSS dalam Statistik. Danisa Media, 1, 1–104.

Harsono, B., Soesanto, & Samsudi. 2009. Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode Ceramah Konvensional Dengan Ceramah Berbantuan Media Animasi Pada Pembelajaran Kompetensi Perakitan Dan Pemasangan Sistem Rem. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 9, 99.

Lestari, D. D., Ansori, I., & Karyadi, B. 2017. Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Kinerja dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53

Muhali. 2018. Arah Pengembangan Pendidikan Masa Kini Menurut Perspektif Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala, September, 1–14.

Nasrullah, M., Adib, H., Misbah, M., Syafrawi, & Sahibudin, M. 2021. Dale ’ S Theory Dan Bruner ’ S Theory (Analisis Media Dalam Pentas Wayang Santri Ki Enthus Susmono). Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Keislaman, 8(2), 225–238. http://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/1075

Nurwildani, M. F., & Santosa, I. 2016. Analisis Efektifitas Model Pembelajaran Digital Pada Praktikum Mesin Ck6132d Cnc Lathe dengan Uji Paired Sample T-Test. Engineering: Jurnal Bidang Teknik, 7(2), 56–57. http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/eng/article/view/815/0

Saptono, Y. J. 2016. Motivasi dan Keberhasilan Belajar Siswa. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama …, I, 189–212. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/9

Saputri, I. A. 2016. Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Praktikum Mata Pelajaran Pemrograman Web Siswa Kelas X Smk Muhammadiyah 1 Bantul. Revista CENIC. Ciencias Biológicas, 152(3), 28. file:///Users/andreataquez/Downloads/guia-plan-de-mejora-institucional.pdf%0Ahttp://salud.tabasco.gob.mx/content/revista%0Ahttp://www.revistaalad.com/pdfs/Guias_ALAD_11_Nov_2013.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.15446/revfacmed.v66n3.60060.%0Ahttp://www.cenetec.

Shanti, W. N., Sholihah, D. A., & Martyanti, A. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Posing. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(1), 48. https://doi.org/10.21927/literasi.2017.8(1).48-58

Tae, L. F., Ramdani, Z., & Shidiq, G. A. 2019. Analisis Tematik Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Siswa dalam Pembelajaran Sains. Indonesian Journal of Educational Assesment, 2(1), 79. https://doi.org/10.26499/ijea.v2i1.18

Triwahyuningtyas, D., Ningtyas, A. S., & Rahayu, S. 2020. The Problem-Based Learning E-Module of Planes using Kvisoft Flipbook Maker for Elementary School Students. Jurnal Prima Edukasia, 8(2), 199–208. https://doi.org/10.21831/jpe.v8i2.34446

Tusyana, E., & Trengginas, R. 2019. Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Iventa, 3(1), 18–26. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa/article/download/1804/1626

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. 2021. Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845

Wahyuningati, N. R., & Mizan, S. 2022. Penerapan Problem Based Learning dan Media Flipcard Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Ekosistem Siswa Kelas V SDN Sukoharjo 2 Malang. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 39–46. https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p39-46

Downloads

Published

2024-06-04

Issue

Section

Articles