GAGASAN INOVATIF MENDESAIN SEKOLAH SEBAGAI KAWASAN WISATA LITERASI SASTRA

Authors

  • Widi Sukmawati Trisnatul Rohma PPG, Universitas Negeri Malang
  • Yuni Pratiwi PPG, Universitas Negeri Malang

Keywords:

Desain sekolah, Gagasan inovatif, Literasi sastra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kondisi literasi di SMPN 6 Malang dan mengusulkan gagasan inovatif untuk mendesain sekolah sebagai kawasan wisata literasi sastra. Metode penelitian berupa kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data ialah peserta didik kelas 7, 8, dan 9, catatan observasi, dan dokumentasi. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara terstruktur, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMPN 6 Malang berpotensi besar untuk dikembangkan menjadi pusat literasi yang menarik dan inspiratif bagi peserta didik. Upaya yang dapat dilakukan yaitu mendesain sekolah menjadi kawasan wisata literasi sastra dengan memperhatikan 3 area, 1) Membangun lingkungan fisik ramah literasi, 2) Lingkungan sosial-afektif, dan 3) Lingkungan akademik. Untuk membangun lingkungan fisik, diperlukan desain yang mempromosikan minat membaca, seperti lorong-lorong yang dihiasi dengan karya seni, rak buku di berbagai area, dan gazebo-gazebo difasilitasi buku bertema sastra. Lingkungan sosial-afektif didukung dengan penghargaan terhadap karya peserta didik, perayaan hari-hari besar dengan nuansa literasi, dan kolaborasi antara guru dan staf. Sedangkan di lingkungan akademik, perlunya diskusi berkala oleh tim literasi sekolah dan merotasi sumber literasi yang menarik di kelas.

References

Ati, A. P., & Widiyarto, S. (2020). Literasi bahasa dalam meningkatkan minat baca dan menulis pada siswa smp kota bekasi. Basastra, 9(1), 105-113.

Beers, C. S., Beers, J. W., & Smith, J. O. (2009). A Principal’s Guide to Literacy Instruction (Tools for Teaching Literacy). The Guilford Press.

Beers, K., Probst, R., & Rief, L. (2009). Adolescent Literacy: Turning Promise into Practice. Heinemann.

Bruner, J. (1997). The Procesof Education A landmark in educational theory. Harvad University Press.

Dirjendikdasmen. (2015). Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Kemendikbud.

Faradina, N. (2017). Pengaruh program gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Hanata Widya, 6(8), 60–69. Retrieved from http://journal.student. uny.ac.id/ojs/index.php/fipmp/article/view/9280/8962

Hidaya, A. S., & Nafisah, S. (2023). Analisis Kesesuaian Implementasi Program Gerakan Literasi di Sekolah Berdasarkan Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah (Studi Kasus di SMA Negeri 2 Blitar). Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 17(2), 164-198.

Kemendikbud. (2016). Gerakan Literasi untuk Tumbuhkan Budaya Literasi. Jendala Pendidikan Dan Kebudayaan (2016a ed.). Jakarta.

Laksono, K., Retnaningdyah, P., Mukhzamilah, Choiri, M., & Nurlaela, L. (2016). Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama (Cetakan Pe). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pahl, K., & Rowsell, J. (2012). Literacy and Education: Understanding the New Literacy Studies in the Classroom. SAGE Publications.

Rumakway, S. M., Soumokil, A., & Hatala, R. (2022). Peranan Pojok Baca alam Meningkatkan Literasi Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Seram Bagian Timur, Kecamatan Gorom Timur Kabupaten Seram Bagian Timur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9286-9294.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Self-Determination Theory and the Facilitation of Intrinsic Motivation, Social Development, and Well-Being. American Psychologist, 55(1), 68–78.

Street, B. V. (2003). What's “new” in New Literacy Studies? Critical approaches to literacy in theory and practice. Current issues in comparative education, 5(2), 77-91.

Superman, S., Purmintasari, Y. D., & Agustina, R. (2020). Penguatan Literasi Di Sekolah. Gervasi: jurnal pengabdian kepada masyarakat, 3(2), 230-240.

Wiedarti, P., Kisyani-Laksono, Retnaningdyah, P., Dewayani, S., Muldian, W., Sufyadi, S., Roosaria, D. R., Faizah, D. U., Sulastri, Rahmawan, N., Rahayu, E. S., Yusuf SA, A., & Antoro, B.. (2016). Desain induk garakan literasi sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Downloads

Published

2024-06-04

Issue

Section

Articles