DAMPAK PENGGUNAAN WEB WORDWALL PADA MINAT DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 MALANG

Authors

  • Mohamad Wildan Syamsu Dluha PPG, Universitas Negeri Malang
  • Daya Negri Wijaya PPG, Universitas Negeri Malang

Keywords:

Website Wordwall, Minat belajar, Aktivitas belajar, Pembelajaran sejarah

Abstract

Penelitian ini menelusuri dampak penerapan website Wordwall terhadap minat dan aktivitas belajar siswa SMA Negeri 1 Malang dalam pelajaran sejarah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana penggunaan website Wordwall memengaruhi minat belajar siswa serta bagaimana siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran sejarah menggunakan aplikasi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan website Wordwall secara positif mempengaruhi minat belajar siswa dalam pelajaran sejarah. Siswa menunjukkan minat yang lebih tinggi dalam mengikuti materi pembelajaran melalui aplikasi ini. Selain itu, website Wordwall juga meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan memberikan tantangan dan interaksi yang menarik dalam proses pembelajaran. Diskusi dalam artikel ini mengangkat konsep efektivitas website Wordwall dalam meningkatkan minat dan aktivitas belajar siswa. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penerapan website ini juga dibahas untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan strategi pembelajaran sejarah yang lebih interaktif dan menarik menggunakan teknologi aplikasi.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.

Aprilia, W., Jamhuri, M., Yusuf, A., & Hadi, M. N. (2023). Penerapan Media Web Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di SMA Ma’arif NU Pandaan. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(4), 1441–1448.

Asmara, Y. (2019). Pembelajaran Sejarah Menjadi Bermakna dengan Pendekatan Kontektual. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 2(2), 105–120.

Dluha, M. W. S. (2023). Pengembangan Media History e-Booklet Apps (Hisboo Apps) Android pada Materi Peran Tokoh-Tokoh Nasional dan Daerah dalam Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia Kelas XI IPS 2 di SMAN 1 Tuban (Skripsi). Universitas Negeri Malang, Malang.

Hasanah, B. A., Firmansyah, A., & Firmansyah, H. (2023). Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 5 Pontianak. Jurnal Pendidikan, 24(1), 12–20.

Hernadi, E. (2021). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas XII IPS 1 SMAN 1 Cikijing melalui Pembelajaran Kontekstual Berbasis Masalah. Bihari: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 4(1).

Lase, D., Waruwu, E., & Waruwu, S. (2022). Integrasi TIK Dan Pengembangan Kompetensi Digital Guru Prajabatan Di Perguruan Tinggi. LAURU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(1), 13–20.

Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran daring (quizizz, sway, dan wordwall) kelas 5 di sd Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 552–560.

Putra, S. D., Aryani, D., & Ariessanti, H. D. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Gamifikasi Wordwall Di Era Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Daring. TERANG, 4(1), 83–90.

Putri, E. E., Saleh, N., & Jufri, J. (2021). Media Pembelajaran Word Wall dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman. PHONOLOGIE: Journal of Language and Literature, 2(1), 53–61.

Santosa, Y. B. P., & Hidayat, F. (2020). Variabilitas Penggunaan Model Pembelajaran Pada Kegiatan Pembelajaran Sejarah Peminatan Kelas X IPS di Kota Depok. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 2(2), 94–104.

Sinaga, Y. M., & Soesanto, R. H. (2022). Upaya Membangun Kedisplinan melalui Media Wordwall dalam Pembelajaran Daring pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1845–1857.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Sun’iyah, S. L. (2020). Media pembelajaran daring berorientasi evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran PAI di tingkat pendidikan dasar. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 7(1), 1–18.

Wulandari, A., Wibowo, D. E., & Arifin, M. (2022). Pergeseran pembelajaran berbasis student centered learning. PEGAS (Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar), 1(1), 1–5.

Downloads

Published

2024-06-04

Issue

Section

Articles