PENERAPAN METODE DEBAT AKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERDISKUSI SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN GUNA MENCIPTAKAN PENDIDIKAN YANG BERPIHAK PADA PESERTA DIDIKPENERAPAN METODE DEBAT AKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERDISKUSI SISWA PADA MATA PELAJARAN

Authors

  • Enik Puji Lestari PPG, Universitas Negeri Malang
  • Abd. Mu’id Aris Shofa PPG, Universitas Negeri Malang

Keywords:

Pembelajaran, Metode, Aktif, Debat

Abstract

Kunci suksesnya  kurikulum Merdeka adalah mampu menciptakan Pendidikan yang berpihak pada peserta didik. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan di kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Malang, kemampuan siswa dalam berdiskusi masih rendah hal tersebut teramati saat proses pembelajaran, sedikit siswa yang mau untuk menyampaikan ide dan gagasannya karena pembelajaran yang tidak berpihak pada siswa. Menyikapi permasalahan tersebut diperlukan metode pembelajaran yang tepat salah satunya penggunaan metode debat aktif. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis  penelitian ini yaitu penelitian tindalan kelas (Classroom Action Research). . Dengan menggunakan metode debat aktif terbukti efektif dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berdiskusi dikelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Malang hal ini terbukti dari peningkatan target pada siklus ke II yaitu mencapai 70 persen dibandingkwn siklus ke I yang masih jauh dibawah 70 persen.

References

Mislinawati, N. (2018). Kendala Guru Dalam Menerapkan Model-Model Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada SD Negeri 62 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 22–32

Mufidah, N., & Zainudin, I. (2018). Metode Pembelajaran Al-Ashwat. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 199-217.

Nugraha, S. E. (2022). Penerapan Metode Debat Dalam Mata Pelajaran PPKn Untuk Mengembangkan Partisipasi Belajar Peserta Didik. Pijar: Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 57-64.

Nurkancana,1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya. Usaha Nasiona

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Rahadian, D. (2015). Peran dan kedudukan guru dalam masyarakat. PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(1), 26-37

Saputra, N. (2021). Penelitian tindakan kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini

Sulistyo, I. (2016). Peningkatan motivasi belajar dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif TGT pada Pelajaran PKN. Jurnal Studi Sosial/Journal of Social Studies, 4(1).

WISNU, MAHENDRA. Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Pringgabaya. Diss. Universitas Mataram, 2023.

Downloads

Published

2024-06-04

Issue

Section

Articles