ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MODEL PROBLEM-BASED LEARNING

Authors

  • Irma Nur Aini PPG, Universitas Negeri Malang

Keywords:

Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis wajib dimiliki oleh setiap siswa untuk mengembangkan daya nalarnya dalam memecahkan permasalahan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa dalam model Problem Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada siswa kelas VIII F di salah satu SMP Negeri yang berada di Jember pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya siswa di kelas VIII F memiliki kemampuan berpikir kritis dengan kategori sedang sebesar 81 persen. Hal ini dapat dilihat dari indikator yang memiliki nilai paling besar yaitu indikator focus dengan kategori tinggi sebesar 87 persen yang berarti siswa sudah mampu untuk menganalisis permasalahan yang diberikan. Indikator yang memiliki nilai paling kecil yaitu indikator clarity dengan kategori sedang sebesar 76 persen yang menunjukkan bahwasannya peserta didik kurang mampu dalam menjelaskan lebih lanjut kesimpulan yang telah diambil dalam menyelesaiakan permasalahan.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2019). Buku Pegangan Pembelajaraan Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (p. 97).

Cholilah, N. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran IPS dengan Menggunakan Model Problem Based Learning di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Malang. Etheses of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University, 171. http://etheses.uin-malang.ac.id/

Desnita, D. (2022). Validity and Reliability of Critical Thinking Instruments to Measure the Effectiveness of Context-Based Physics E-Module on Wave Materials. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 8(1), 57–64. https://doi.org/10.21009/1.08106

Dewi, I. P. M., Suryadarma, I. G. P., Wilujeng, I., & Wahyuningsih, S. (2017). The effect of science learning integrated with local potential of wood carving and pottery towards the junior high school students’ critical thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 103–109. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.9598

Fasha, A., Johar, R., & Ikhsan, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metakognitif. Jurnal Didaktik Matematika, 5(2), 53–64. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i2.11995

Fatriani, E., & Sukidjo, S. (2018). Efektivitas metode problem based learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial siswa. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(1), 11–26. https://doi.org/10.21831/socia.v15i1.20089

Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas Vii Smp N 2 Pangkah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Kognitif Impulsif. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 11. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2221

Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 597–602.

Hanafi, I., & Sumitro, E. A. (2020). Perkembangan Kognitif Menurut Jean Piaget Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.24929/alpen.v3i2.30

Islami, M., & Hadi Soekamto. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Menggunakan Quizizz Multimedia Berbasis Gamification terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 383–392. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.48338

Kurniati, I., Yuliani, Y., Suyono, S., & Mahroini, Z. (2022). Critical Thinking Skills Students on Solar System Material. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 11(2), 130–141. https://doi.org/10.26740/jpps.v11n2.p130-141

Lismayani, I., Mahanal, S., & Sulawesi, K.-S. (2017). The Correlation of Critical Thinking Skill and Science Problem-Solving Ability of Junior High School Students. Jurnal Pendidikan Sains, 5(3), 96–101. http://journal.um.ac.id/index.php/jps/

Lukitasari, D. R. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Berbantuan Film sebagai Sumber Belajar. In Skripsi UNNES Semarang.

Meryastiti, V., & Ridlo, Z. R. (2022). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Ipa Siswa Smp Negeri 1 Glenmore. Jurnal Pendidikan, 24(1), 20–29.

Nainggolan, s s, Johan, D. H. P., & Purwanto, A. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Dinamika Rotasi dan Keseimbangan Benda Tegar di SMAN 7. 14(1), 39–48. https://doi.org/10.26877/jp2f.v14i1.13617

Prameswari, S. W., Suharno, S., & Sarwanto, S. (2018). Inculcate Critical Thinking Skills in Primary Schools. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1), 742–750. https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23648

Priyadi, R., Mustajab, A., Tatsar, M. Z., & Kusairi, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X MIPA dalam Pembelajaran Fisika. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 6(1), 53. https://doi.org/10.22487/-j25805924.2018.v6.i1.10020

Rahayu, B. N. A., & Dewi, N. R. (2022). Kajian Teori : Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu pada Model Pembelajaran Preprospec Berbantu TIK. Prisma,Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 297–303.

Rosy, B., & Pahlevi, T. (2015). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Memecahkan Masalah. 160–175.

Setiyoaji, W. T., Supriana, E., Latifah, E., Purwaningsih, E., & Praptama, S. S. (2021). The Effect of Learning Simulation Media on the Students’ Critical Thinking Skills in Vocational School during Online Learning in the Covid-19 Pandemic. Jpf, 9(3), 243–252. https://doi.org/10.26618/jpf.v9i3.5681

Shofiyatul Masruro, Elok Sudibyo, & Tarzan Purnomo. (2021). Profile of Problem Based Learning to Improve Students’ Critical Thinking Skills. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 2(6), 682–699. https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i6.171

Sofiyati, E. (2022). Critical Thinking Process Analysis Based on Van Hiele’s Theory Through the Discovery Learning Model. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(Vol 12 No 1), 44–59. https://doi.org/10.23969/pjme.v12i1.5280

Sundari, P. D., Parno, & Kusairi, S. (2018). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAMMODEL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI Putri. Jurnal Kependidikan, 2(2), 348–360.

Suriati, A., Sundaygara, C., & Kurniawati, M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas X Sma Islam Kepanjen. Rainstek Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(3), 176–185. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i3.6053

Yuwono, M. R., Udiyono, Maarif, D. H., & Yulistiana. (2019). pengaruh-strategi-projectbased-learning-dengan-thinkquest-terhadap-kemampuan-berpikir-kritis-fisika-siswa-sma-negeri-1-kraksaan-.pdf.pdf. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 37–46.

Downloads

Published

2024-06-04

Issue

Section

Articles